Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Literasi Dan Jenis-Jenis Literasi

 

Pengertian Literasi Dan Jenis-Jenis Literasi


Pengertian Literasi

Literasi yaitu kemampuan melek aksara yang dimiliki oleh seseorang, seperti kemampuan membaca, menulis, dan memahami ide-ide secara visual. Istilah literasi terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut Abidin, dkk (2017: 3), literasi adalah konsep yang akan berkembang dan terus berpengaruh pada penggunaan media digital dalam proses pembelajaran di kelas, sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Romdhoni (2013: 90) menyatakan bahwa literasi merupakan peristiwa sosial yang melibatkan keterampilan-keterampilan tertentu, yang diperlukan untuk mendapatkan informasi dalam bentuk tulisan.

Kern (2000: 3) menjelaskan bahwa literasi adalah kemampuan membaca dan menulis.

Sedangkan Indarto (2017: 12), mengungkapkan bahwa literasi adalah kegiatan memahami dan mengakses melalui berbagai aktivitas yang dilakukan, seperti membaca, menulis, dan melakukan kegiatan sosial.

Pendapat lain dikemukakan oleh Faizah, dkk (2016: 2), bahwa literasi adalah kemampuan dalam mengakses, menggunakan, dan memahami sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas seperti melihat, menyimak, membaca, menulis, dan berbicara.

Dapat disimpulkan bahwa literasi yaitu kemampuan dalam memahami dan mengakses informasi melalui berbagai aktivitas yang mencakup pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan literasi dapat dilakukan di sekolah, di rumah, dan juga di lingkungan masyarakat.

Baca juga:

 

Jenis-Jenis Literasi

1. Literasi Dasar

Literasi dasar yaitu kemampuan dasar dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan berhitung. Tujuan literasi dasar adalah untuk mengoptimalkan kemampuan dalam membaca, menulis, dan berkomunikasi.

2. Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan adalah kemampuan dalam memahami dan membedakan karya tulis baik dalam bentuk fiksi maupun non fiksi, memahami cara menggunakan katalog dan indeks, dan kemampuan dalam memahami informasi saat menulis suatu karya ilmiah.

3. Literasi Media

Literasi media yaitu kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda, seperti media cetak, media elektronik, dan juga media digital. Literasi media merupakan keterampilan yang sangat penting, terutama di era saat ini.

4. Literasi Teknologi

Literasi teknologi yaitu kemampuan dalam memahami hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, baik itu hardware maupun software.

5. Literasi Visual

Literasi visual yakni kemampuan dalam menginterpretasi suatu informasi yang berbentuk gambar atau visual. Literasi visual juga dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan suatu gambar yang tepat dalam mengekspresikan diri. literasi visual dapat dilakukan dengan membaca suatu gambar yang dilihat.


Daftar Pustaka

  1. Abidin, Yunus. Dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara. 
  2. Ali Romdhoni, 2013. Al-Qur’an dan Literasi. Depok: Literatur Nusantara. 
  3. Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press. 
  4. Faizah, Dewi Utama dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

 

Baca juga artikel lainnya:

Terimakasih sudah berkunjung di blog Rikaariyani.com

Semoga bermanfaat.  

 

Ingin lulus SBMPTN 2023? Miliki buku ini sekarang.

 



Post a Comment for "Pengertian Literasi Dan Jenis-Jenis Literasi"