Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Membaca dan Pentingnya Membaca Bagi Mahasiswa

 

Rikaariyani.com- Pengertian Membaca dan Pentingnya Membaca Bagi Mahasiswa- Membaca adalah salah satu aktifitas yang sangat penting bagi mahasiswa. Mengapa? Karena membaca dapat menambah wawasan, menambah ilmu pengetahuan, menambah kosakata, dan tentu saja menambah semangat. Mahasiswa dan buku adalah dua hal yang tak terpisahkan.

Iqra’!  

Inilah perintah pertama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw. Membaca memiliki tempat khusus dalam al-Qur’an. Layaknya shalat dan zikir, membaca adalah makanan penting bagi jiwa. Khalifah Ali pernah berkata: mereka yang menyibukkan dirinya untuk membaca buku, hatinya akan senantiasa damai, pengetahuan baru setiap hari akan mengurangi rasa lelah di hati".

Permasalahannya adalah, kebanyakan mahasiswa malas membaca, mereka hanya sibuk mengotak-atik gadget atau bersantai ria di kedai kopi. Sangat miris.

Fakta menunjukkan bahwa, minat membaca di Indonesia hanya 0,01% saja! Ironisnya pula, angka tersebut berbanding terbalik dengan jumlah pengguna internet yang mencapai separuh total populasi penduduk yang ada.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya minat baca mahasiswa adalah faktor kemajuan teknologi. Berbagai macam aplikasi dan fitur yang disediakan membuat mahasiswa terlena, bahkan sanggup membuka medsosnya hingga berjam-jam. 

Untuk itu, pada tulisan kali ini penulis akan berbagi mengenai Pengertian Membaca dan Pentingnya Membaca Bagi Mahasiswa. Simak penjelasan berikut:

Pengertian Membaca dan Pentingnya Membaca Bagi Mahasiswa

Pengertian Membaca dan Pentingnya Membaca Bagi Mahasiswa

Pengertian Membaca

Membaca yaitu kegiatan melafalkan sebuah tulisan. Menurut Tarigan (1984), membaca adalah sebuah proses mendapatkan gagasan melalui pesan yang disampaikan oleh penulis dalam sebuah tulisan.

Menurut Giller dan Temple (1986), membaca adalah sebuah aktivitas dalam mendapatkan informasi, ide, gagasan, dan lain sebagainya dari apa yang dibaca.

Dapat dipahami bahwa membaca adalah proses menemukan ide atau informasi yang terdapat dalam sebuah tulisan, baik itu buku, artikel, dan lain sebagainya.

Baca juga: Fungsi daftar isi beserta contoh


Pentingnya Membaca Bagi Mahasiswa

1. Membaca Dapat Menambah Wawasan Dan Ilmu Pengetahuan

Syarat pertama untuk menguasai ilmu pengetahuan adalah membaca. Tak dipungkiri, mahasiswa yang gemar membaca akan memiliki wawasan yang luas. Dengan membuka lembar perlembar, memahami kata perkata, kalimat yang satu dengan yang lain, akan membuka cakrawala berpikir kita. Otomatis wawasan yang kita dapat pun semakin luas. Jadi, sudahkah kamu membaca hari ini?

2. Membaca Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Sebenarnya tingkat kecerdasan otak manusia bisa ditingkatkan dengan melakukan beberapa hal, salah satunya adalah dengan banyak membaca. Membaca sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak, apalagi jika kebiasaan ini dimulai sejak kecil. Membaca buku salah satu cara klasik untuk melatih kemampuan berpikir dan menjaga kesehatan otak. Membaca tidak hanya meningkatkan kecerdasan intelektual tapi juga kecerdasan emosional.

3. Membaca dapat Memperkaya Kosakata

Kosakata adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang. Dari banyaknya buku atau artikel yang dibaca, kita akan menemukan kosa kata yang mungkin belum pernah kita dengar. Semakin banyak kosakata Anda, semakin banyak ide yang bisa Anda utarakan.

4. Membaca Dapat Mengurangi Stress

Aktifitas membaca dapat memberikan kedamaian dan ketenangan bathin. Membaca terbukti mampu menurunkan tingkat stress hingga 67%. 

5. Membaca Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan. Jangan kaget, ketika masuk dunia kampus, kamu akan disuguhi banyak tugas yang mengharuskan kamu untuk menulis berlembar-lembar setiap hari. Dengan banyak membaca, kegiatan menulis akan mudah kamu lakukan.

Idealnya, membaca dan menulis ibarat dua sisi mata uang, tidak dapat dipisahkan. Tanpa membaca, kemampuan menulismu juga tidak akan berkembang. Menulis dan membaca merupakan dua hal yang saling berhubungan. Tulisanmu ditentukan oleh seberapa banyak bacaanmu. Dengan banyak membaca, kemampuan menulis pun akan semakin baik.

 

Demikian artikel tentang pengertian membaca dan pentingnya membaca bagi mahasiswa, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara membuat daftar isi secara otomatis

Post a Comment for "Pengertian Membaca dan Pentingnya Membaca Bagi Mahasiswa"