Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BUKU MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER

Rikaariyani.com- BUKU MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER- Buku ini diterbitkan oleh Pustaka Maarif Press pada tahun 2018. Judulnya adalah "Manajemen Laboratorium Komputer: Aplikasi Keterampilan Teknologi Informasi".

Buku ini sebenarnya adalah Disertasi yang dikonversi menjadi buku. Dua orang pengarang lainnya merupakan promotor dan Co-promotor saya. Mereka yang selama ini membimbing sehingga terbit lah buku ini.

Apa saja yang saya bahas di dalam buku ini?

Tentu saja semua yang berkaitan dengan manajemen laboratorium komputer, diawali dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan yang terakhir pengawasan lab. Secara umum dapat penulis uraikan sebagai berikut: 

  

Buku manajemen laboratorium komputer

Apa Pengertian Laboratorium Komputer?

Laboratorium komputer merupakan salah satu sarana yang tidak bisa diabaikan. Setiap lembaga pendidikan harus memiliki ruang lab komputer yang memadai, terutama di sekolah menengah kejuruan.

Laboratorium komputer yaitu sebuah bangunan atau ruangan yang digunakan untuk melaksanakan proses pembelajaran komputer atau tempat yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan TIK.

Baca juga: proses perumusan kebijakan pendidikan

Bagaimana Memenej Laboratorium Komputer?

Beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam memenej laboratorium komputer meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. 

1. Perencanaan Laboratorium Komputer

Beberapa hal yang perlu direncanakan adalah, tata ruang lab, peralatan yang dibutuhkan, dan program kerja. 

  • Tata Ruang: ruang laboratorium komputer harus dapat menampung setidaknya 15 orang siswa, minimal luas ruang 30 meter dan lebar 5 meter. Selain itu, ruang lab juga harus didesain sedemikian rupa. Ada dua pilihan desain, yaitu desain klasik dan desain alternatif.
  • Peralatan: peralatan yang dibutuhkan meliputi komputer, meja komputer, LCD proyektor, Papan tulis, printer, scanner, pendingin ruangan, jaringan internet, jam dinding, dan lainnya.
  • Program Kerja: laboratorium komputer harus memiliki program kerja yang terstruktur. Laboratorium yang baik tidak hanya digunakan untuk kegiatan praktikum siswa, namun juga perlu dioptimalkan untuk kegiatan-kegiatan lainnya, seperti pelatihan ICT guru, dan lain-lain.
2. Pengorganisasian Laboratorium Komputer 

 Laboratorium komputer idealnya memiliki kepala laboratorium, teknisi laboratorium, dan laboran. Untuk kepala laboratorium minimal sarjana, memiliki sertifikat kepala laboratorium, dan berpengalaman. Teknisi laboratorium minimal D1 dan memiliki sertifikat laboran. Sama seperti teknisi, laboran minimal D1 dan memiliki sertifikat laboratorium.

3. Pelaksanaan Laboratorium Komputer

Pelaksanaan atau yang dikenal dengan actuating merupakan hal yang paling utama dari seluruh rangkaian proses manajemen. Pelaksanaan adalah upaya-upaya penggerakan anggota kelompok agar mereka dapat bekerja sesuai dengan tugas yang diembannya.

Baca juga: perbedaan guru dan dosen

4. Pengawasan Laboratorium Komputer

Dalam proses manajemen, pengawasan sangat penting dilakukan. Melalui pengawasan yang dilakukan, kepala sekolah dapat mengetahui apakah kegiatan yang dilakukan telah sesuai dengan perencanaan atau belum. Jika belum sesuai, apa kendala dan hambatannya sehingga untuk ke depan bisa diperbaiki.

Terkait dengan pengawasan laboratorium komputer, kepala sekolah dapat terjun langsung ke ruangan laboratorium komputer, atau meminta laporan dari kepala laboratorium komputer. Beberapa hal yang perlu dilakukan pengawasan meliputi fasilitas lab dan kegiatan yang dilaksanakan di lab.

Demikian penjelasan singkat mengenai buku "manajemen laboratorium komputer". Jika anda penasaran dan berminat dengan buku ini, boleh langsung menghubungi penulis melalui kontak atau media sosial yang telah tertera di blog ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat....

Sekian,

FB: Facebook.com/Ukhti.Ika





   


Post a Comment for "BUKU MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER"