Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ampuh Agar Tetap Mood Menulis

Rikaariyani.com- Tips Ampuh Agar Tetap Mood Menulis- Setelah sekian lama menggeluti dunia tulis menulis, saya akui, mood menulis itu suka hilang timbul. Saat sedang mood, saya menulis seperti orang kesurupan, bisa berlembar-lembar. Namun saat badmood, menulis satu halaman saja susah minta ampun.

Pertanyaannya adalah, bagaimana caranya supaya selalu mood menulis?"

Untuk menjawabnya, silahkan simak artikel berikut ini:

 

Tips Ampuh Menjaga Mood Menulis Setiap Hari

 
Mood untuk menulis itu penting. Menulis apa saja, menulis makalah, jurnal atau pun artikel-artikel, tentu butuh semangat dan mood tinggi. Jika mood tidak baik, aktifitas menulis pasti akan terganggu. 

Lalu, bagaimana caranya agar tetap mood menulis? Simak penjelasannya di bawah ini:

Tips Ampuh Agar Tetap Mood Menulis

 

1. Paksakan Diri!

Paksakan diri untuk tetap menulis. Tulis apa saja yang bisa kamu tulis dan nikmati setiap goresannya. Lama kelamaan, yakinlah mood itu akan datang dengan sendirinya. Jangan hanya karena lagi gak mood, aktifitas menulis jadi terhenti. Apalagi seorang akademisi, kegiatan menulis adalah sebuah keharusan.

2. Baca Tulisan Orang Lain

Menurut saya, tips ini sangat ampuh. Saat membaca tulisan orang lain, apalagi tulisan yang kita senangi, semangat menulis akan muncul dengan sendirinya. 

Tidak harus membaca buku, baca saja artikel-artikel di blog, facebook, WA dan lainnya. Intinya adalah membaca. Dengan banyak membaca, ide-ide tulisan pun akan lebih bervariasi.


3. Jangan Suka Menunda-nunda

Jangan suka menunda-nunda, nanti atau esok. Lakukan sekarang juga! Kalau kamu serius untuk menulis, disiplinkan diri. Jangan pula terlalu ambisius, yang terpenting adalah rutin melakukannya.

4. Cari Waktu Yang Tepat

Masing-masing orang punya gaya dan waktu yang berbeda dalam menulis. Contohnya saya. Dulu, sebelum punya baby, saya bisa menulis kapan saja saya mau. Namun sekarang, saya terbiasa menulis di pagi hari, sebelum baby terbangun tentunya. Untuk itu, silakan cari waktu yang tepat dan ideal untuk menulis karena ini berpengaruh pada intensitasmu dalam menulis.


5. Cari Suasana Baru

Menulis bisa dilakukan di mana saja. Jika bosan menulis di rumah, aktivitas menulis dapat dilakukan di luar ruangan, atau di kafe-kafe sambil menyesap kopi. 

Saya bahkan, pernah seharian di kafe hanya untuk menyelesaikan tulisan-tulisan saya. Yup, karena suasana yang nyaman akan sangat mempengaruhi hasil tulisan kita.

6. Siapkan Segelas Kopi

Tips Ampuh Menjaga Mood Menulis Setiap Hari


Bagi saya, segelas kopi adalah bagian dari rutinitas menulis. Saya ingat, pertama kali kenal minuman berkafein ini saat sibuk meyelesaikan Tesis di bangku S2. Sejak itu hingga hari ini, segelas kopi wajib hukumnya saat menulis. Tak hanya menghilangkan kantuk, kopi juga mampu membangkitkan inspirasi.  

Bagaimana? Gampang bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu yang saat ini sedang tak mood menulis. 

Tetap semangat, salam literasi! 

Baca juga: 

Bagaimana membangun budaya menulis dosen?

 



Post a Comment for "Tips Ampuh Agar Tetap Mood Menulis"