Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi- Pada abad ke 21, konsep literasi tidak hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis. Namun, juga harus mampu memanfaatkan media internet untuk mengakses dan mengkomunikasikan informasi secara efektif. Apa itu literasi teknologi informasi dan komunikasi? Mengapa literasi teknologi informasi dan komunikasi itu penting? 

Silahkan ikuti artikel berikut ini:

 


Pengertian Literasi Teknologi Informasi

Literasi teknologi informasi dan komunikasi merupakan kemampuan menggunakan TIK untuk menemukan, menilai, menggunakan, membuat dan mengkomunikasikan informasi, dalam pelaksanaannya kemampuan-kemampuan tersebut membutuhkan kognitif dan keterampilan Teknik.

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki empat bagian yaitu literasi informasi, literasi komputer, literasi digital dan literasi internet. 

Literasi informasi adalah kemampuan mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi dari berbagai bentuk, seperti buku, surat kabar, video, CD room dan juga Web.

Literasi komputer adalah kernampuan menggunakan komputer untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Literasi Digital adalah kemampuan memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber ketika disajikan melalui alat digital.

Literasi internet adalah kemampuan menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis mengenai internet sebagai suatu media komunikasi dan informasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa, literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencakup beberapa hal, yaitu:

  1. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer, laptop, tablet, dan juga smartphone.
  2. Kemampuan dalam mengolah informasi yang bersifat online.
  3. Kemampuan dalam berkomunikasi secara online, baik secara lisan maupun tulisan.

Baca juga: Pembinaan TIK di Sekolah
 

Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi 

Literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat menambah pengetahuan masyarakat Indonesia, terutama bagi pelajar. Melalui literasi TIK, mereka dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran.

Semakin tinggi literasi teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki oleh siswa maupun mahasiswa, akan semakin tinggi pula manfaat yang dapat mereka ambil. Literasi teknologi informasi dan komunikasi bahkan mampu menciptakan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring yang banyak dilakukan semenjak pandemi. Baik dalam bentuk penugasan, penilaian, maupun proses interaksi antara pengajar dan pembelajar. 

Lebih dari pada itu, literasi TIK dapat membentuk pribadi pengajar dan pembelajar yang bertanggung jawab saat mengoperasikan teknologi dengan mengedepankan etika dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan berkolaborasi selama melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh.

Dengan demikian, kemampuan mengoperasikan teknologi merupakan hal yang paling dasar dalam menciptakan pembelajaran dalam jaringan yang efektif. Literasi dalam hal ini tidak hanya sekedar memiliki perangkat lalu mampu mengakses (membaca) informasi dari piranti TIK. Namun literasi diartikan sebagai kemampuan untuk membaca (dengan komprehensif) serta menulis (menciptakan, mendesain, maupun memproduksi).  

Menurut Abdul Latif, literasi TIK memiliki berbagai peran dalam proses pembelajaran daring, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Siswa yang memiliki literasi TIK yang tinggi, dapat lebih mudah dalam mendapatkan sumber belajar sehingga mampu meningkatka kompetensi dalam belajar.
  2. Mereka yang memiliki kemampuan TIK dapat dengan mudah melakukan komunikasi melalui teknologi yang digunakan.
  3. Literasi TIK berperan dalam memudahkan akses informasi sehingga dapat mendukung proses pembelajaran daring.
  4. Dapat meningkatkan aspek sosial dan etika dalam penggunaan teknologi.

Demikian artikel mengenai pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi, semoga bermanfaat.

Baca juga: Penerapan TIK dalam meningkatkan mutu pendidikan


Post a Comment for "Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi"