Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi Kampus Swasta

Rikaariyani.com- Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi Kampus Swasta- Di era teknologi saat ini, kehadiran sebuah website sangatlah penting, baik bagi instansi pemerintahan maupun instansi pendidikan. Website merupakan salah satu instrumen untuk memperkenalkan perguruan tinggi kepada masyarakat. Selain itu, website juga dapat menjadi alat branding dan media promosi bagi perguruan tinggi. 

Bagaimana memanfaatkan website sebagai media promosi? Simak penjelasannya di dalam artikel berikut ini:

 


Apa Itu Website?

Website merupakan fasilitas internet yang dapat menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. 

Website juga dapat diartikan sebagai kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi sehingga menarik untuk dikunjungi.

Menurut Azis Sholechul (2013), website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia.

Menurut Yeni Susilowati (2019), website adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait antara satu halaman dengan halaman lainnya yang dapat diakses melalui jaringan internet.

Sedangkan menurut Abdullah (2015), website adalah kumpulan halaman yang didalamnya terdapat informasi dalam bentuk teks, audio, musik, animasi dan lainnya yang disediakan melalui koneksi internet.

Website pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan asal Inggris yang bernama Tim Berners-Lee. Ia merupakan anak dari seorang ilmuan komputer. Unsur-unsur website terdiri dari domain, hosting, konten, dan tampilan.

Website memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Informasi

Website berfungsi sebagai media informasi yang menarik bagi pengunjung. Website juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi, seperti tips dan trik, tutorial, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Komunikasi

Website juga berfungsi sebagai media komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan melalui web mail, form kontak, chatting form, dan lain sebagainya.

3. Fungsi Transaksi

Situs web dapat dijadikan sarana transaksi berupa barang, jasa, dan sebagainya. Pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit, transfer, atau membayar secara langsung.

4. Fungsi Hiburan

Website juga dapat berfungsi sebagai hiburan, seperti game online, film, musik, dan lain sebagainya.

Baca juga: Perbedaan blog dan website

Website Sebagai Media Promosi

Di era teknologi saat ini, pihak kampus dapat memanfaatkan website sebagai media informasi. Mengapa website? karena kebanyakan masyarakat sudah melek teknologi. Penggunaan internet untuk mencari informasi bukanlah hal yang asing lagi. 

Melalui penggunaan website, pihak kampus dapat memperkenalkan profil kampusnya kepada masyarakat, seperti sejarah berdiri, program studi yang dimiliki, prestasi yang pernah diraih, akreditasi, program-program unggulan, dan lain sebagainya. 

Informasi-informasi tersebut, secara tidak langsung akan menjadi media promosi yang sangat ampuh bagi kampus, terutama kampus swasta.

Untuk memaksimalkan website sebagai media promosi, pihak kampus harus rutin mengupdate informasi atau konten setiap harinya. Update yang dilakukan dapat berupa aktivitas mahasiswa, fasilitas yang dimiliki, akreditasi, prestasi mahasiswa, informasi program studi baru, dan lain sebagainya. 

Selain itu, website kampus harus memiliki desain yang menarik, baik dari segi tata letak, warna, texture, maupun dari segi typography. Website yang menarik tentu akan membuat pengunjung betah dan nyaman bereksplorasi di website.

Beberapa contoh website kampus yang menarik dan layak dijadikan referensi diantaranya adalah:

1. Kampus ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu kampus yang memiliki website menarik. Warna yang digunakan adalah warna hitam, biru, orange, dan abu-abu. Sedangkan pada bagian website terdiri dari top menu, header, slider, berita, video, kalender akademik, dan footer.

2. UGM

Kampus kedua yang memiliki website menarik adalah Universitas Gajah Mada (UGM). Universitas berkelas dunia ini memiliki website dengan desain dan konten sebagai berikut:

  • Warna yang dipakai: Putih, Hitam, Biru, dan Abu-abu.
  • Bagian-bagian website terdiri dari: Top menu, Header dan menu, Jumbotron berisi video, Berita, Program pendidikan, Penelitian, Pengabdian, Tentang UGM, dan Footer.

3. Universitas Indonesia (UI)

Website kampus yang menarik selanjutnya adalah website Universitas Indonesia (UI). Kampus yang memiliki julukan kampus kuning ini memiliki desain yang cukup menarik. Bagian-bagian website terdiri dari Top Menu, Header dan menu, Slider, Informasi penerimaan, Pengumuman, Beasiswa, Kanal video, dan Footer. Warna yang dipakai adalah Kuning, Putih, Hitam, dan Abu-abu.

Baca juga artikel lainnya: 

Cara mempromosikan kampus di era teknologi 

Kelebihan OSF.IO sebagai sarana publikasi ilmiah

Mengenal Universitas Negeri Malang 

Mengenal IAI SMQ Bangko


Post a Comment for "Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi Kampus Swasta"