Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Laporan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA)

Rikaariyani.com- Cara Membuat Laporan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA)- Para mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata atau KUKERTA, wajib hukumnya membuat laporan. Laporan merupakan salah satu indikator penilaian kegiatan Kukerta yang dilakukan. 

Bagi mahasiswa yang masih bingung bagaimana cara membuat laporan Kukerta, simak artikel berikut ini:

 

 

Memahami Apa Itu Laporan Kukerta

Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dari perguruan tinggi secara berkelompok pada lokasi yang telah ditentukan oleh pihak kampus.

Pelaksanaan Kukerta biasanya berlangsung selama 2 bulan. Setelah kegiatan Kukerta selesai dilaksanakan, mahasiswa harus membuat laporan hasil pelaksanaan program selama di lokasi. 

Laporan Kukerta merupakan laporan yang dibuat oleh mahasiswa sebagai bukti telah melaksanakan program di lokasi Kukerta. Melalui laporan ini pihak kampus akan mengetahui apakah program-program Kukerta tersebut telah dilaksanakan dengan baik atau belum. 

Laporan Kukerta terdiri dari dua jenis, yakni laporan kelompok dan laporan individu. Laporan kelompok dikerjajan secara tim, sedangkan laporan individu dibuat secara pribadi oleh masing-masing mahasiswa.

Cara Membuat Laporan Kukerta

Untuk membuat laporan Kukerta, mahasiswa harus berpedoman pada format yang telah disediakan oleh pihak kampus. Masing-masing kampus memiliki format laporan yang berbeda-beda, namun pada intinya tetap sama. Berikut format laporan individu Kukerta:

1. Halaman Judul

2. Halaman Pengesahan

3. Kata Pengantar

3. Daftar Isi

4. Daftar Lampiran

5. Bab I Pendahuluan

Bab I terdiri dari latar belakang, tujuan penyelenggaraan Kukerta, rencana kegiatan, deskripsi tempat pelaksanaan, waktu pelaksanaan kukerta. 

6. Bab II Pelaksanaan Kegiatan

Pada bab II terdiri dari pelaksanaan program kerja, capaian, hambatan program kerja, dan solusi.

7. Bab III Penutup

Pada bab III terdiri dari kesimpulan dan saran-saran. 

8. Daftar Pustaka

Tips Membuat Laporan Kukerta

Untuk memudahkan dalam mengerjakan laporan Kukerta, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Kerjakan Secara Teamwork

Program Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) dilaksanakan secara kelompok, jadi sebaiknya pembuatan laporan pun dikerjakan secara kelompok. Meskipun ada beberapa kampus yang mewajibkan ada laporan individu, kamu tetap bisa berdiskusi dengan teman kelompok untuk menyelesaikannya. 

2. Ikuti Buku Pedoman

Masing-masing kampus memiliki buku pedoman dan format penulisan laporan. Silahkan sesuaikan dengan format tersebut agar laporan kamu bisa diterima oleh pihak kampus. Kamu juga bisa melihat contoh laporan kakak kelas atau alumni sebagai acuan dalam menyelesaikan laporan.

3. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan

Masing-masing kelompok Kukerta memiliki dua orang dosen pembimbing lapangan atau DPL. Silahkan konsultasikan mengenai pembuatan laporan kepada DPL yang telah ditunjuk oleh pihak kampus.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat laporan Kukerta, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat kuliah kerja nyata bagi mahasiswa


Post a Comment for "Cara Membuat Laporan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA)"