Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Universitas Negeri Malang (UM): The Learning University

Rikaariyani.com- Mengenal Universitas Negeri Malang (UM): The Learning University- Malang merupakan salah satu kota terbesar yang terletak di provinsi Jawa Timur. Malang memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan. Selain terkenal dengan kota apel dan kota bunga, kota Malang juga dikenal dengan kota pendidikan. Ada beberapa perguruan tinggi terbaik yang ada di kota Malang, salah satunya adalah Universitas Negeri Malang (UM).

Pada tahun 2016 lalu, penulis berkesempatan melakukan mini riset di kampus yang dikenal dengan The Learning University ini. Kampus ini telah berdiri sejak 18 Oktober 1954. Sesuai dengan namanya, kampus ini merupakan kampus pendidikan yang cukup terkenal di Kota Malang.

Penasaran bagaimana profil dan keunggulan yang dimiliki oleh universitas ini? Simak informasi lengkapnya pada artikel berikut.  



 

Profil Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang yang disingkat dengan UM merupakan salah satu universitas yang banyak mencetak pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia. Pada awalnya, kampus UM ini dikenal dengan nama IKIP. Namun seiring berjalannya waktu, kampus ini kemudian bertransformasi menjadi Universitas Negeri Malang sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999. 

Universitas Negeri Malang (UM) berlokasi di Jalan Semarang 5, Malang. Kampus ini menempati areal tanah seluas 463.992 m2. Selain itu, UM juga memiliki 2 kampus lainnya yaitu di Jalan Raya Ki Ageng Gribig No 45 Malang dan Jalan Ir Sukarno No 3 Blitar.

Hingga saat ini, Universitas Negeri Malang semakin berkembang dan dikenal dengan The Learning University yakni universitas pembelajaran. Adapun visi Universitas Negeri Malang (UM) adalah: Menjadi perguruan tinggi unggul dan rujukan bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. 

Sedangkan misinya adalah: a) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang unggul, b) Menyelenggarakan penelitian yang unggul untuk menghasilkan temuan baru dan bermanfaat bagi masyarakat, dan c) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang unggul untuk memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat, di bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora.

Akreditasi Universitas Negeri Malang (UM) adalah A dengan 8 fakultas dan 1 program Pascasarjana. Beberapa fakultas yang ada di UM yakni: 

  1. Ilmu Pendidikan 
  2. Sastra 
  3. Matematika dan IPA 
  4. Ekonomi 
  5. Teknik 
  6. Ilmu Keolahragaan 
  7. Ilmu Sosial 
  8. Pendidikan Psikologi

Keunggulan Universitas Negeri Malang (UM)

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Universitas Negeri Malang (UM) yang layak untuk dipertimbangkan:

1. UM Menduduki Peringkat Kedua Universitas Keguruan Terbaik

Setelah UNY, Universitas Negeri Malang adalah universitas keguruan terbaik yang ada di Indonesia. Selain itu, beberapa program studi yang dimiliki sudah terakreditasi Internasional.

2. Memiliki Jurusan Pendidikan dan Non Pendidikan

Universitas ini tidak hanya memiliki jurusan pendidikan, namun juga menyediakan banyak pilihan jurusan non pendidikan. Ada 108 program studi yang ada di UM. Semua jurusan tersebut memiliki kualitas yang bagus.

3. Memiliki Slogan The Learning University

Universitas Negeri Malang (UM) memiliki slogan
The Learning University dengan fokus utama mencetak tenaga pendidik yang berkualitas melalui proses pembelajaran yang juga berkualitas. 

4. Memiliki Fasilitas yang Memadai

Universitas Negeri Malang (UM) memiliki fasilitas yang sangat lengkap sehingga dapat menunjang proses perkuliahan. Selain itu, UM juga memiliki beberapa fasilitas umum seperti asrama mahasiswa, kolam renang, BNI Kantor Layanan UM, BRI Kantor Kas UM, ATM BNI BRI dan BTN, gedung pertemuan (Sasana Krida, Sasana Budaya, Graha Cakrawala), kantin, Kantor Pos, Ke­giatan Keluarga Maha­siswa Hindu Dharma, Kegiatan Warga (Katholik dan Protestan), Pengem­bangan Kehidupan Agama, Masjid Al-Hikmah, Poliklinik, sarana kesenian, sarana olahraga, sarana transportasi, tempat parkir dan lalu-lintas kampus, koperasi mahasiswa, toko dan ko­perasi, hotspot, dan wisma tamu (Guest House).

5. Mahasiswa Selalu Diingatkan Untuk Lulus Tepat Waktu

Di Universitas Negeri Malang (UM) mahasiswa selalu diingatkan untuk bisa lulus tepat waktu. Bagi mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu akan diberikan peringatan sebanyak 3 kali. Hal ini tentu membuat mahasiswa semakin terpacu untuk menyelesaikan studinya.

Demikian informasi singkat mengenai Universitas Negeri Malang (UM), semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke blog rikaariyani.com.

Baca juga artikel lainnya:

 

Post a Comment for "Mengenal Universitas Negeri Malang (UM): The Learning University"