Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Perbedaan Blog Dan Website Berikut Ini

Perbedaan blog dan website- Blog dan website sekilas memang tampak sama. Makanya banyak yang masih bingung apa perbedaan blog dan website. Mengenai hal ini akan penulis bahas lebih detail pada artikel berikut ini:

 


 

Apa Itu Blog?

Blog adalah media yang memuat artikel, foto, video dan lain sebagainya. Blog biasanya lebih terfokus pada satu bidang, seperti teknologi, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Selain itu, blog juga diupdate secara berkala. 

Menurut Wikipedia, blog ada aplikasi web dimana setiap halamannya memiliki tulisan-tulisan.  

Melalui blog, seorang blogger dapat mengekspresikan ide-ide yang dimiliki dalam bentuk tulisan, foto, maupun video. Misalnya, blog pendidikan, membahas segala hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi.

 

Apa Itu Website?

Website yaitu halaman web yang berada dalam satu domain tertentu dan bisa diakses melalui internet. Contohnya: Google.com, Facebook.com, buatbuku.com, dan lain sebagainya.

Website pada umumnya berisi informasi umum, seperti beranda, profil, halaman produk, kontak, dll. 

Menurut Lukmanul Hakim (2004), website adalah fasilitas internet yang dapat diakses dan dibaca melalui browser Mozilla, Google Chrome, dan lainnya.

Menurut Sholechul Azis (2013), website adalah halaman informasi yang bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. 

Website memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  1. Dapat saling berbagi informasi
  2. Dapat memperluas bisnis 
  3. Dapat membangun personal branding dan branding usaha yang dilakukan
  4. Dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan 
  5. Dapat mempermudah pelayanan bagi masyarakat, terurama website instansi pemerintah.
  6. Dapat menjadi media promosi

 

Apa Perbedaan Blog dan Website?

  1. Blog biasanya membahas salah satu tema yang diminati oleh pemilik blog, sedangkan website berisi informasi mengenai suatu produk dan layanan. 
  2. Blog bersifat lebih dinamis dan memiliki beberapa konten yang terus diupdate secara berkala, sedangkan website lebih statis dan tidak membutuhkan update secara berkala. 
  3. Blog memiliki kolom komentar sehingga penulis dan pembaca dapat berkomunikasi lebih interaktif, sedangkan website sifatnya hanya satu arah sehingga pengunjung tidak dapat memberikan komentar terhadap apa yang ditulis oleh pemilik website. 
  4. Blog memiliki gaya bahasa yang lebih variatif dan personal, sedangkan website memiliki gaya bahasa yang formal dan lebih professional.
  5.  Blog biasanya dikelola secara pribadi atau perseorangan, sedangkan website memiliki beberapa tim untuk mengelolanya.  

Demikian pembahasan singkat mengenai perbedaan blog dan website, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Blog sebagai media pembelajaran interaktif

5 Manfaat Ngeblog

Manfaat blog dalam bidang pendidikan 

Manfaat blog bagi mahasiswa 

Panduan membuat blog gratis 



Post a Comment for "Simak Perbedaan Blog Dan Website Berikut Ini"