Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Literasi Yang Perlu Dikuasai Oleh Mahasiswa

Jenis-jenis Literasi Yang Perlu Dikuasai Oleh Mahasiswa- Salah satu skill yang perlu dikuasai oleh mahasiswa untuk mampu bersaing di era abad 21 ini adalah kemampuan literasi. Literasi merupakan salah satu hal terpenting dalam sejarah manusia. Dengan kemampuan literasi, manusia bisa semaju saat sekarang ini. 

Literasi apa saja yang perlu dikuasai mahasiswa? Berikut penjelasannya.

 



Pengertian Literasi

Literasi berasal dari bahasa Latin yakni “literatur” yang artinya adalah orang yang belajar. Literasi berkaitan erat dengan proses membaca dan menulis. Literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi. 

Menurut UNESCO “The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization”, literasi ialah seperangkat keterampilan, terutama keterampilan dalam membaca dan menulis.  

Menurut Elizabeth Sulzby (1986), Literasi adalah kemampuan bahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi, seperti membaca, berbicara, menyimak dan menulis.

Sedangkan menurut Harvey J. Graff (2006), Literasi merupakan suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca.

Hal yang senda juga dikemukakan oleh Jack Goody, bahwa literasi adalah suatu kemampuan seseorang dalam membaca dan juga menulis.

Manfaat Literasi

Literasi memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat menambah kosakata
  2. Dapat meningkatkan konsentrasi 
  3. Dapat mengoptimalkan kerja otak
  4. Dapat melatih kemampuan dalam berpikir dan menganalisa
  5. Dapat meningkatkan kemampuan menulis dan merangkai kata
  6. Menambah wawasan dan informasi baru
  7. Mengembangkan kemampuan verbal
  8. Meningkatkan kemampuan interpersonal

Jenis-jenis Literasi

Terdapat beberapa jenis literasi yang perlu dikuasai oleh mahasiswa, diantaranya adalah literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya, dan literasi keuangan. 

1. Literasi Baca dan Tulis

Literasi baca tulis merupakan induk dari semua literasi yang ada. Literasi baca tulis dapat dikatakan melek aksara, mampu membaca dan tidak buta huruf. Literasi baca tulis juga dapat diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis.

Literasi baca tulis ini sangat penting dikuasai oleh mahasiswa karena membaca dan menulis merupakan titik pusat sebuah kemajuan. Melalui literasi baca tulis, mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman dan potensi yang dimiliki.

Selain itu, literasi baca tulis juga memiliki beberapa manfaat bagi mahasiswa, diantaranya:

  1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis dan merangkai kata.
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami suatu informasi
2. Literasi Numerasi

Literasi numerasi yaitu kemampuan dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan menggunakan matematika pada seluruh aspek kehidupan. 

Literasi numerasi berkaitan dengan angka dan juga simbol. Kemampuan ini bertujuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik, mahasiswa akan mampu mengaplikasikan pengetahuan matematikanya dalam kehidupan nyata. 

3. Literasi Digital

Secara sederhana, literasi digital dapat diartikan sebagai kemampuan dalam memahami dan menggunakan informasi melalui sumber digital. Menurut KBBI, literasi digital adalah kemampuan untuk memahami informasi berbasis komputer.

Literasi digital juga dapat diartikan sebagai kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, membuat, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi.

Mahasiswa perlu menguasai literasi digital dengan baik, literasi digital memberikan pengaruh terhadap kebiasaan mahasiswa. Memahami literasi akan mempermudah mahasiswa berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Literasi Sains

Literasi sains yakni kemampuan dalam mengelola informasi dan pengetahuan tentang alam. Literasi sains memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu berkembang. 

Literasi sains diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami lingkungan hidup dan mampu memecahkan masalah, terutama di zaman teknologi saat ini.

5. Literasi Budaya

Literasi budaya yakni pengetahuan dan kecakapan dalam memahami kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku dan kebudayaan.

Literasi budaya juga dapat dipahami sebagai kegiatan literasi untuk meningkatkan kemampuan memahami, menghargai, menganalisis, dan menerapkan pengetahuan tentang kebudayaan.

Kecakapan literasi budaya sangat penting bagi mahasiswa, terutama dalam menghadapi tantangan global di abad ke 21. Tujuan kecakapan literasi budaya adalah untuk menghadapi arus global yang berpotensi menghilangkan budaya lokal maupun nasional. 

6. Literasi Keuangan

Literasi keuangan yakni kecakapan dalam mengelola keuangan. Literasi ini memiliki efek jangka panjang yang dapat menjaga kondisi keuangan. Literasi keuangan memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesejahteraan di masa depan. Melalui literasi keuangan, akan mempermudah seseorang dalam mengatur keuangan, termasuk dalam menyiapkan dana darurat, asuransi, dan juga investasi. 

Demikian beberapa jenis literasi yang perlu dikuasai oleh mahasiswa, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Pengertian dan manfaat literasi digital

Membangun karakter mahasiswa melalui budaya literasi 

Pentingnya literasi teknologi informasi


Post a Comment for "Jenis-jenis Literasi Yang Perlu Dikuasai Oleh Mahasiswa"