Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Literasi Digital: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Literasi Digital: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital- Literasi digital merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan pada era modern saat ini. Literasi digital dapat mempermudah manusia dalam mendapatkan informasi dan dapat menambah keterampian baru melalui pemanfaatan internet secara maksimal dan menyeluruh.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kemampuan literasi digital? Simak penjelasannya berikut ini:

 



Pengertian Literasi Digital

Literasi digital dapat diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis dalam bentuk digital. Salah satu bentuk literasi digital yang kita temui adalah ebook. 

Saat ini literasi digital sudah semakin berkembang. Segala hal yang dikemas dalam bentuk digital, termasuk literasi digital. Seperti literasi komputer, literasi media, literasi sains, dan lain sebagainya.

Menurut Gilster (1997), literasi digital yaitu kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai format yang berasal dari berbagai sumber dan disajikan melalui komputer.

Menurut Hobbs (2017), literasi digital yaitu pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi-kompetensi didominasi oleh teknologi.

Menurut David Bawden, literasi digital yakni literasi yang berakar pada literasi komputer dan literasi informasi.

Sedangkan menurut UNESCO (2011), literasi digital adalah kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi, tetapi juga melibatkan kemampuan dalam bersosialisasi, berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif.

Lebih lanjut Tour (2015) mengemukakan bahwa literasi digital yaitu keterampilan menggunakan media digital dan berpartisipasi dalam jejaring sosial. 

Jones-Kavalier & Flannigan (2008) mengemukakan bahwa seseorang dapat dikatakan memiliki literasi digital jika ia memiliki kemampuan dalam menyelesaikan tugas secara efektif dalam lingkungan digital. 

Dapat disimpulkan bahwa literasi digital yakni kemampuan dalam memahami informasi melalui perangkat teknologi seperti komputer, smartphone, dan lainnya. Kemampuan literasi digital dibutuhkan untuk belajar dan juga bekerja.

Manfaat Literasi Digital 

Kemampuan literasi digital memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  1. Literasi digital dapat mempermudah mendapatkan informasi secara up to date. 
  2. Jaringan pertemanan menjadi lebih luas, kita dapat dengan mudah menambah pertemanan baru dari berbagai daerah dan berbagai negara. 
  3. Literasi digital dapat memperkaya keterampilan, kita bisa dengan mudah belajar secara otodidak melalui berbagai sumber. 
  4. Dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis. 
  5. Melalui literasi digital, pelajar atau mahasiswa dapat dengan mudah memperoleh referensi. Internet menjadi perpustakaan terbesar yang dapat dimanfaatkan kapan saja dan dimana saja. 
  6. Belajar lebih mudah dilakukan, kita bisa mempelajari sesuatu melalui aplikasi atau situs-situs yang ada di internet.
  7. Menghemat waktu dan biaya saat mencari informasi

Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Untuk meningkatkan kemampuan literasi ada beberapa cara yang perlu dilakukan, diantaranya adalah:

1. Memanfaatkan internet untuk belajar

Kemampuan literasi digital dapat ditingkatkan melalui kegiatan belajar. Banyak hal baru yang bisa dipelajari di internet. Bisa juga dengan memanfaatkan media sosial untuk berkolaborasi. Konten-konten edukasi juga bertebaran di internet. 

2. Memilih Informasi yang lebih akurat

Meskipun di internet tersedia berbagai macam informasi, kita juga perlu memilah dan memilih informasi yang paling akurat dan melakukan evaluasi terhadap informasi yang diterima. 

3. Pahami kultur digital

Kultur digital perlu dipahami dengan baik. Memahami kultur digital termasuk salah satu cara meningkatkan kemampuan literasi digital, seperti memahami dampak positif dan dampak negatif dunia internet. Dengan memahami kultur digital, kita bisa lebih bijak dalam melakukan sesuatu di dunia digital.

Demikian penjelasan mengenai literasi digital, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog rikaariyani.com

Baca juga artikel lainnya:

 

Post a Comment for "Literasi Digital: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital"