Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hakikat Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif

Dalam penelitian kualitatif, analisis data tidak terpisahkan dengan aktivitas pengumpulan data. Analisis data merupakan aktivitas yang dilakukan secara terus-menerus selama penelitian berlangsung hingga tahap penulisan laporan. 

Pada artikel kali ini kita akan membahas apa hakikat analisis data dalam penelitian kualitatif. 

 



Pengertian Analisis Data

Analisis data adalah proses pengolahan data untuk menemukan informasi yang berguna sehingga dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan. Analisis data merupakan langkah yang sangat penting dalam proses pengolahan data.

Menurut Sugiyono (2018:482), analisis data  adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami.

Sedangkan menurut Moleong (2017:280-281) analisis data adalah proses mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data.

Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif

Menurut Miles dan Huberman (1992:16-19), analisis data kualitatif adalah mereduksi data, menyajikan data,  dan menarik kesimpulan. Reduksi data yaitu kegiatan pemilihan data penting dan tidak penting dari beberapa data yang terkumpul. Penyajian data yaitu penyajian informasi yang tersusun. Sedangkan kesimpulan data yaitu tafsiran atau interprestasi terhadap data yang telah disajikan. Menurut mereka pula, analisis data dalam penelitian kualitatif bukanlah kegiatan menghitung. 

Menurut Spradley (1997:117-119), analisis data dalam penelitian kualitatif yakni melakukan pengujian sistematis terhadap data. Pengujian sistematis yang dimaksud oleh Spradley adalah: 1) menentukan bagian-bagian dari data yang telah dikumpulkan, 2) menemukan hubungan diantara bagian-bagian data yang telah dikumpulkan dan hubungan antara bagian-bagian data tersebut dengan data secara keseluruhan. 

Sedangkan menurut Patton (1980), analisis data dalam penelitian kualitatif adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikan data ke dalam suatu pola.

Ciri-ciri Analisis Data Kualitatif

Analisis data dalam penelitian kualitatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

  1. Memiliki latar yang alamiah (natural setting)
  2. Mengungkapkan makna dari sudut pandang subyek penelitian
  3. Bersifat holistik dan tidak dapat diisolasi 
  4. Peneliti berperan sebagai instrumen utama untuk mengungkapkan makna 
  5. Data diungkapkan melalui hubungan alamiah antara peneliti dengan informan
  6. Sampel dipilih berdasarkan tujuan penelitian (purposive sampling) dan bukan menggunakan sampel random
  7. Analisis data dilakukan secara induktif

Hakikat Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif

Dalam penelitian kualitatif,  pengumpulan data dan analisis data bukanlah dua hal yang terpisah. Pengumpulan data dan analisis data dilakukan bersamaan. Selama proses penelitian, seorang peneliti secara terus-menerus menganalisis datanya. Faisal (2003:68-71) menyatakan bahwa analisis data dalam penelitian kualitatif merupakan kegiatan siklus, bukan linear.

Ada beberapa alasan mengapa analisis data dalam penelitian kualitatif tidak terpisahkan dengan pengumpulan data, yakni sebagai berikut:

  1. Karena dapat membantu peneliti mendapatkan data yang berkualitas. 
  2. Karena penelitian kualitatif pada dasarnya adalah eksploratif dan tidak linear, pengumpulan data dipengaruhi oleh analisis terhadap data yang telah terkumpul. 
  3. Analisis data selama proses pengumpulan data dapat membantu peneliti untuk tidak bolak-balik ke lokasi penelitian saat menulis laporan penelitian.

Baca juga artikel lainnya:

Post a Comment for "Hakikat Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif"