Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Dan Ragam Penelitian

Rikaariyani.com- Mengenal Jenis Dan Ragam Penelitian- Sebelum melakukan sebuah penelitian, kita harus tahu terlebih dahulu jenis penelitian apa yang akan kita gunakan. Mengapa? Karena dengan mengetahui jenis penelitian apa yang digunakan, dapat memudahkan kita melakukan proses penelitian.

Secara garis besar, ada dua jenis penelitian yang bisa kita gunakan, yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Kedua jenis penelitian ini memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga kita harus benar-benar paham sebelum menggunakannya dalam penelitian yang kita lakukan. Lalu apa itu penelitian kualitatif? Apa pula penelitian kuantitatif? Dan apa perbedaan keduanya? Akan penulis bahas secara detail pada artikel berikut ini. 

Mengenal Jenis Dan Ragam Penelitian

Jenis penelitian

Apa Pengertian Penelitian?

Sebelum jauh membahas mengenai jenis penelitian, kita perlu memahami terlebih dahulu apa pengertian penelitian? 

Penelitian adalah usaha untuk menemukan atau menyelidiki suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan atau solusi yang tepat terhadap permasalahan tersebut.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis.

Menurut Sutrisno Hadi, penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

Menurut salah seorang sarjana terkemuka di Indonesia Soerjono Soekanto, penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada suatu analisis yang dilakukan secara sistematis dan konsisten untuk mengungkapkan kebenaran.

Sedangkan menurut Suhardjono, dkk penelitian ialah upaya mencari informasi untuk memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.

Dapat disimpulkan bahwa penelitian adalah kegiatan mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data secara sistematis untuk memecahkan suatu persoalan.

Jenis-Jenis Penelitian

1. Jenis Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang berusaha menafsirkan makna suatu peristiwa atau tingkah laku manusia menurut perspektif peneliti, bukan melalui prosedur statistic atau bentuk hitungan lainnya.

Penelitian kualitatif cenderung menggunakan analisis, bersifat deksriptif dan memanfaatkan landasan teori sebagai pemandu agar focus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Jenis penelitian kualitatif dimulai dari yang umum kemudian meruncing dan lebih mendetail. Secara umum penelitian kualitatif memperoleh data utama dari hasil observasi dan wawancara.

Menurut Saryono (2010), Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan melalui pendekatan kuantitatif.

Menurut Sugiyono (2011), metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna.

Sedangkan menurut Kriyantono penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya.” Penelitian kualitatif menekankan pada kedalaman data yang didapatkan oleh peneliti. Semakin dalam dan detail data yang didapatkan, maka semakin baik kualitas dari penelitian tersebut.

Adapun karakteristik penelitian kualitatif yakni sebagai berikut:

  1. Penelitian kualitatif memiliki setting yang alamiah, instrument kuncinya adalah peneliti sendiri. Maksudnya pengumpulan data dilakukan langsung oleh peneliti terhadap objek atau subjek yang ditelitinya. 
  2. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif, artinya data yang dikumpulkan berbentuk teks atau kata-kata. 
  3. Penelitian kualitatif menggunakan analisis data secara induktif 
  4. Penelitian kualitatif lebih mementingkan proses daripada hasil

Adapun tahapan penelitian kualitatif yaitu:

  1. Membuat rancangan penelitian 
  2. Memilih lokasi penelitian 
  3. Menentukan subjek penelitian 
  4. Mengumpulkan data 
  5. Melakukan analisis data 
  6. Menyajikan data


Contoh penelitian kualitatif:


2. Jenis penelitian kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berkaitan dengan angka yang dianalisis menggunakan statistik. Metode pengumpulan data menggunakan populasi dan sampel. Populasi yakni kumpulan subjek penelitian, sedangkan sampel yaitu objek riset yang akan dilakukan kajian.

Penelitian kuantitatif merupakan kebalikan dari penelitian kualitatif. Penelitian ini banyak digunakan dalam ilmu alam dan sosial, seperti kimia, biologi, ekonomi, dan sosiologi.

Arikunto (2016:12) menjelaskan bahwa pendekatan kuantitatif yakni pendekatan penelitian yang menggunakan angka-angka, mulai dari mengumpulkan data, menafsirkan data, hingga memaparkan hasil penelitian.

Menurut sugiyono (2009:13) metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti populasi dan sampel tertentu, pengambilan sampel dilakukan secara acak, lalu dianalisis secara kuantitatif atau statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Aktivitas penelitian kuantitatif diawali dari teori, hipotesis, desain penelitian, subjek penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan menarik kesimpulan.

Karakteristik penelitian kuantitatif:

Berikut ini beberapa ciri atau karakteristik dari penelitian kuantitatif:

  1. Penelitian kuantitatif bersifat spesifik, jelas dan terperinci. 
  2. Penelitian kuantitatif menunjukkan hubungan antar variabel 
  3. Penelitian kuantitatif menggunakan alur deduktif 
  4. Instrument penelitian menggunakan kalkulator, computer, dan aplikasi. 
  5. Teknik pengumpulan data menggunakan survey dan angket. 
  6. Analisis dilakukan setelah pengumpulan data selesai. 
  7. Hubungan dengan informan memiliki jarak dan berjangka pendek.


Contoh judul penelitian kuantitatif:

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah  Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 6 Kabupaten Bungo

Apa Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif?

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat dilihat dari beberapa segi, yakni:

1. Dari segi desain penelitian

  • Penelitian kualitatif bersifat umum, fleksibel, dan dinamis 
  • Penelitian kuantitatif memiliki sifat yang khusus, rinci dan statis. Alur penelitian kuantitatif sudah direncanakan sejak awal dan tidak dapat diubah lagi.

2. Dari segi analisis data

Penelitian kualitatif dapat dianalisis selama proses penelitian berlangsung, sedangkan penelitian kuantitatif dianalisis pada tahap akhir.

3. Dari segi subjek penelitian

Penelitian kualitatif memiliki subjek penelitian yang disebut sebagai narasumber, sedangkan penelitian kuantitatif disebut responden.

4. Dari segi pengumpulan data

Penelitian kualitatif menggunakan metode pengumpulan data utama observasi dan wawancara, dan kualitas penelitian ditentukan oleh seberapa dalam peneliti menggali informasi dari narasumber yang dipilih. Sedangkan penelitian kuantitatif pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa tes/kuesioner. Kualitas penelitian kuantitatif ditentukan oleh banyaknya responden yang terlibat.

5. Dari segi tujuan penelitian

Penelitian kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang mendalam, dan mengembangkan teori. Sedangkan penelitian kuantitatif menjelaskan hubungan antar variable dan menguji teori.

6. Dari segi jenis data

Penelitian kualitatif menggunakan jenis data deskriptif, sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan jenis data numerik dan statistik.

Demikian penjelasan mengenai jenis dan ragam penelitian, semoga bermanfaat. Terimakasih...

Baca juga: Review Buku Metodologi penelitian kuantitatif
 


 

Post a Comment for " Mengenal Jenis Dan Ragam Penelitian"