Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview)

Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview)- Wawancara merupakan bagian dari metode penelitian kualitatif. Wawancara yaitu proses tanya jawab yang dilakukan oleh peneliti dengan informan yang terlibat dalam penelitian. 

Salah satu jenis wawancara yang dapat dilakukan oleh peneliti adalah wawancara mendalam atau in-depth interview. Apa itu wawancara mendalam? dan bagaimana karakteristiknya? Silahkan simak penjelasannya pada artikel berikut ini:

 



Pengertian Wawancara Mendalam (In-depth Interview)

Wawancara mendalam (In-depth Interview) adalah kegiatan tanya jawab antara peneliti dengan informan sambil bertatap muka untuk memperoleh keterangan terkait masalah penelitian.

Menurut Sutopo (2006:72) wawancara mendalam adalah proses memperoleh keterangan dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai dengan atau tanpa adanya pedoman wawancara.

Menurut Moleong (2005:186) wawancara mendalam merupakan proses menggali informasi secara mendalam, terbuka, dan bebas mengenai masalah dan fokus penelitian. Wawancara mendalam dilakukan sesuai dengan daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. 

Dapat disimpulkan bahwa wawancara mendalam yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan penelitian melalui tanya jawab dengan cara berhadapan langsung dengan sejumlah informan.

Tujuan Wawancara Mendalam

Wawancara mendalam (in-depth interview) memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah:

  1. Untuk mendapatkan keterangan secara spesifik mengenai topik-topik tertentu dari informan atau narasumber. 
  2. Melalui wawancara mendalam, peneliti memiliki peluang untuk mendapatkan informasi yang bersifat pribadi.
  3. Wawancara mendalam juga bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi yang valid dan akurat.

Manfaat Wawancara Mendalam

Manfaat wawancara mendalam diantaranya adalah:

  1. Dapat menggali informasi lebih lengkap dan mendalam dari informan.
  2. Informan dapat lebih leluasa dalam menjawab pertanyaan tanpa adanya tekanan dari orang lain. 
  3. Pertanyaan yang diajukan bisa menggunakan pedoman maupun tidak, jika menggunakan pedoman wawancara alur pertanyaan tidak bersifat baku, tergantung dengan kebutuhan lapangan.

   
Karakteristik
In-depth Interview 

Wawancara mendalam atau in-depth interview memiliki karakteristik yang berbeda dengan teknik wawancara lainnya. Adapun karakteristik in-depth interview yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Pertanyaan Terbuka 

Pertanyaan terbuka yaitu pertanyaan yang dimulai dari apa, mengapa, bagaimana, atau jelaskan. Pertanyaan terbuka mengajak orang yang diwawancarai untuk berpikir dan merenung karena pertanyaan tersebut memerlukan jawaban yang lebih panjang. 

2. Topik wawancara dapat bersifat pribadi

Di dalam teknik wawancara mendalam ini, topik yang diangkat bisa saja menyinggung kehidupan pribadi narasumber karena bisa menyangkut hal-hal yang sensitif.

3. Adanya keterkaitan emosi antara pewawancara dengan narasumber

Melalui wawancara mendalam ini, keterkaitan emosi antara peneliti dengan informan atau narasumber dengan sendirinya akan terbangun.

Post a Comment for "Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview) "