Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Universitas Terbaik di Bali yang Menjadi Incaran Para Mahasiswa

Rikaariyani.com - Universitas Terbaik di Bali yang Menjadi Incaran Para Mahasiswa- Bali merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Bali terletak di bagian barat kepulauan Nusa Tenggara. Bali terkenal dengan keunikan hasil seni dan budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Selain itu, Bali juga dikenal dengan julukan pulau Dewata dan Pulau seribu pura.

Berkuliah di Bali tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memberikan kesan yang mendalam. Selain memiliki sistem pembelajaran berstandar nasional, Bali juga memiliki banyak fenomena dan peristiwa yang menarik. Selain itu, Bali juga memiliki banyak universitas Negeri maupun swasta yang sudah tercatat di pangkalan data Kemenristekdikti. 

Beberapa universitas terbaik di Bali yang kerap menjadi incaran calon mahasiswa adalah sebagai berikut:


 


 Universitas Terbaik di Bali

Berikut beberapa universitas terbaik di Bali yang bisa menjadi rekomendasi untuk para calon mahasiswa yang tertarik untuk kuliah di Bali.

1. Universitas Udayana

Universitas Udayana merupakan salah satu universitas yang sangat identik dengan Bali yang berlokasi di Jalan Raya Kampus UNUD, Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. Universitas Udayana berdiri pada tanggal 29 September 1962 dan merupakan perguruan tinggi negeri tertua di Provinsi Bali. Universitas Udayana adalah universitas terbaik dan memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Universitas Udayana atau yang dikenal dengan UNUD memiliki banyak fakultas, diantaranya fakultas Kedokteran, fakultas Ilmu Budaya, fakultas Hukum, fakultas Teknik, fakultas Pertanian, fakultas Ekonomi dan Bisnis, fakultas Peternakan, fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kedokteran Hewan, Teknologi Pertanian, Pariwisata, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Kelautan dan Perikanan.

Visi Universitas Udayana yakni "Terwujudnya perguruan tinggi yang unggul, mandiri, dan berbudaya." Sedangkan misinya adalah: 

  1. Memiliki moral/etika/akhlak dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat lokal, nasional, dan internasional; 
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa; 
  3. Memberdayakan Unud sebagai lembaga yang menghasilkan dan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan budaya yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat; dan 
  4. Menghasilkan karya inovatif dan prospektif bagi kemajuan Unud serta perekonomian nasional.   

2. Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha atau yang disingkat dengan Undiksha berdiri pada tahun 1955. Universitas Pendidikan Ganesha merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Pulau Bali, tepatnya di kota Singaraja Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Hingga saat ini lulusan Universitas Pendidikan Ganesha sudah mencapai 30.000 orang, baik dalam bidang kependidikan maupun non-kependidikan. 

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memiliki tujuan untuk mencetak lulusan yang dapat bersaing dalam dunia kerja dan menghasilkan karya yang terbaik untuk bangsa Indonesia. 

Undiksha memiliki 4 jenjang pendidikan, yakni D3, S1, S2, dan S3. Beberapa fakultas yang dimiliki oleh Undiksha diantaranya adalah fakultas bahasa dan seni, fakultas ilmu pendidikan, fakultas hukum dan ilmu sosial, fakultas matematika dan ilmu pendidikan alam, fakultas olahraga dan kesehatan, fakultas teknologi dan kejuruan, serta fakultas kedokteran. 

3. Istitut Seni Indonesia (ISI) 

Istitut Seni Indonesia yang disingkat dengan ISI beralamat di Jl. Nusa Indah, Sumerta, Denpasar, Provinsi Bali. Institur Seni Indonesia (ISI) merupakan perguruan tinggi negeri yang berfokus pada bidang seni. ISI berdiri pada tanggal 28 Juli tahun 2003 yang merupakan hasil integrasi dari STSI Denpasar dan PSSRD Universitas Udayana. ISI Denpasar sendiri bertempat di Jl. Nusa Indah, Sumerta, Denpasar.

Institut Senin Indonesia (ISI) memiliki dua fakultas yakni 1) Fakultas Seni rupa dan desain, 2) Fakultas Seni Pertunjukkan. Fakultas Seni Rupa dan Desain terdiri dari Prodi DKV, Desain Interior, Desain Mode, Seni Rupa Murni, Seni Kriya, Fotografi, serta Film dan TV. Sedangkan fakultas Seni Pertunjukan terdiri dari Prodi Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Musik, Seni Pedalangan, dan Pendidikan Seni Pertunjukan.

Visi Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yakni: "Menjadi pusat penciptaan, pengkajian, penyaji dan pembinaan seni yang unggul berwawasan kebangsaan demi memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai perkembangan zaman." 

Sedangkan misinya adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka memunculkan dan mengembangkan pluralitas dan multikulturalitas budaya lokal nusantara agar memiliki daya saing dalam peraturan global; 
  2. Menghasilkan lulusan bermoral, kreatif tangguh, unggul dan berjiwa kewirausahaan; 
  3. Meningkatkan penelitian dan pengabdlian kepada masyarakat yang mendulung pendilikan dan kemajuan seni,ilmu pengetahuan, dan telenologi; dan 
  4. Memantapkan organisasi institut dalam mencapai kinerja yang optimal untuk mengantisipasi perkembangan lingkungan.

4. Politeknik Negeri Bali (PNB) 

Politeknik Negeri Bali atau yang lebih dikenal dengan nama Poltek Bali merupakan perguruan tinggi bidang vokasi yang lebih mengedepankan praktik daripada teori. Pembelajaran di Politeknik Negeri Bali menerapkan pola praktik sesuai dengan tuntutan industri (60%-70%) dan teori (30%-40%), tujuannya adalah agar lulusan mampu mengisi kebutuhan industri baik dalam negeri maupun luar negeri. 

Politeknik Negeri Bali memiliki visi "Menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi terdepan penghasil lulusan profesional berdaya saing internasional pada tahun 2025."

Politeknik Negeri Bali memiliki 6 jurusan, yaitu: Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Niaga, dan Jurusan Pariwisata.      

5. Universitas Mahendradatta 

Universitas Mahendradatta yang disingkat dengan UNMAR merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Bali. Universitas ini tidak kalah populer dengan Perguruan Tinggi Negeri. Universitas  Mahendradatta berlokasi di Jalan Ken Arok No.12, Peguyangan, Kota Denpasar. Status akreditasinya Baik, dengan 4 fakultas yakni fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, dan Teknik. 

Universitas Mahendradatta dikelola oleh dikti dan termasuk kedalam kopertis wilayah 8. Kampus ini berdiri sejak 10 Januari 1963 dengan Nomor SK PT 2012011963 dan Tanggal SK PT 12 Januari 1963. 

Itulah beberapa universitas terbaik di pulau dewata bali, semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi calon mahasiswa baru.

Baca juga artikel lainnya:

Post a Comment for "Universitas Terbaik di Bali yang Menjadi Incaran Para Mahasiswa"