Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenjang dan Jenis Pendidikan Di Malaysia

Rikaariyani.com- Sistem Pendidikan di Malaysia- Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari tiga belas negeri (negara bagian). Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur. Negara ini dipisahkan dalam dua kawasan, yakni Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur. Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina. Kepala negara Malaysia adalah seorang Raja atau seorang Sultan yang dipilih secara bergiliran setiap 5 tahun sekali. 

Sistem pendidikan di Malaysia banyak mengadopsi sistem pendidikan Inggris, hal ini dikarenakan Malaysia adalah salah satu negara bekas jajahan Inggris. Negara Inggris sangat memperhatikan pendidikan untuk negeri jajahannya. Berbeda dengan Indonesia yang dijajah oleh Belanda, karena Belanda hanya ingin mengeruk kekayaan negara jajahannya tanpa memberikan pendidikan yang intensif.

 


Jenjang Pendidikan di Malaysia

1. Pendidikan Pra sekolah

Pendidikan pra sekolah dimulai dari usia 4 sampai 6 tahun. Pendidikan pra sekolah diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Pendidikan pra sekolah di Indonesia dikenal dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau TK (Taman Kanak-Kanak).

2. Pendidikan Rendah

Pendidikan rendah di Malaysia ditempuh dalam waktu 6 tahun, yakni pada usia 7 hingga 12 tahun. Mata pelajaran wajib yang diajarkan yaitu bahasa Melayu dan bahasa Inggris. Pendidikan rendah di Malaysia secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu Sekolah Kebangsaan dan Sekolah Jenis Kebangsaan. Perbedaan kedua jenis tersebut adalah bahasa pengantar yang digunakan, sekolah kebangsaan menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar, sekolah jenis kebangsaan menggunakan bahasa Mandarin.

3. Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah berlangsung selama 5 tahun. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Melayu untuk semua mata pelajaran, kecuali sains dan matematika. Pada jenjang pendidikan ini, siswa diberi kebebasan untuk memilih bidang yang diminati, seperti sains atau seni.

4. Pendidikan Pra-Universiti

Jenjang pendidikan ini diperuntukkan bagi siswa yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi Malaysia. Selain itu, pelajar internasional yang akan masuk universitas di Malaysia biasanya harus menempuh pendidikan ini terlebih dahulu. Pendidikan ini ditempuh dalam kurun waktu 6 bulan hingga 2 tahun.

5. Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi dikenal juga dengan pengajian tinggi. Pada jenjang ini, kerajaan banyak memberikan beasiswa kepada mahasiswa. Dalam pelaksanaannya, pengajian tinggi diatur oleh Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia.

Baca juga: Cara Mudah Dapat Skor TOEFL 500 atau Lebih

Jenis Pendidikan di Malaysia 

Malaysia memiliki beberapa jenis pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sekolah Kebangsaan

Sekolah kebangsaan yakni jenis pendidikan yang menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar di semua mata pelajaran.

2. Sekolah Kluster

Sekolah kluster yakni jenis sekolah yang masuk kategori unggulan di Malaysia.

3. Sekolah Jenis Kebangsaan 

Sekolah jenis kebangsaan yakni jenis pendidikan yang menggunakan bahasa Cina sebagai bahasa pengantar di semua mata pelajaran.

4. Sekolah Wawasan 

Sekolah Wawasan yakni sekolah yang dibentuk dengan tujuan membangun dan menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kecintaan terhadap negaranya dan mampu berinteraksi dengan berbagai kaum di Malaysia.

5. Sekolah Agama Islam 

Sekolah agama Islam yakni sekolah yang dibentuk untuk pelajar yang ingin mendapatkan pengetahuan tentang Islam. Umumnya, pelajar yang menempuh pendidikan ini akan melanjutkan pendidikan ke Pakistan atau Mesir.

6. Sekolah Bestari

Sekolah Bestari yakni sekolah yang memiliki fokus utama pada penerapan perkembangan teknologi. Media pembelajaran yang digunakan di sekolah ini lebih banyak menggunakan komputer atau alat teknologi lainnya.

7. Sekolah Teknik dan Vokasional

Sekolah teknik dan vokasional yakni sekolah yang memiliki fokus utama untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam bidang sains dan teknologi. Umumnya, lulusan dari sekolah ini akan bekerja di bidang industri negara Malaysia.

8. Sekolah Berasrama Penuh

Sekolah berasrama penuh yakni sekolah yang diperuntukkan bagi tenaga-tenaga ahli yang dibutuhkan negara Malaysia. Sekolah ini menerapkan sistem penerimaan siswa dengan kemampuan akademik, kemampuan leadership, serta bakat-bakat olahraga yang menonjol.

Demikian artikel mengenai jenjang dan jenis pendidikan di Malaysia, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:



Post a Comment for "Jenjang dan Jenis Pendidikan Di Malaysia"