Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Universitas Terbaik di Australia

Rikaariyani.com, Jambi- 10 Universitas Terbaik di Australia- Australia merupakan benua terkecil di dunia yang memiliki nama resmi Commonwealth of Australia. Benua Australia memiliki beberapa negara bagian, diantaranya adalah New South Wales (NSW), Northern Territory (NT), Queensland (QLD), South Australia (SA), Tasmania, Victoria, Western Australia, dan Australian Capital Territory.

Australia termasuk salah satu negara favorit bagi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya. Selain lebih dekat dengan Indonesia, kualitas pendidikan di Australia juga telah diakui secara luas di dunia internasional. Bahkan Australia memiliki reputasi akademis yang baik di mata industri global. Tidak heran jika banyak sekali pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di negara Australia.

Apa saja universitas terbaik di Australia? Simak artikel berikut ini:



 

10 Universitas Terbaik di Australia

1. Australian National University

Australian National University atau yang disingkat dengan ANU merupakan universitas terbaik pertama di Negeri Kanguru Australia. Australian National University terletak di Canberra, ibu kota Australia. Australian National University didirikan pada tahun 1946 oleh Parlemen Australia. Awalnya universitas ini hanya dibuka untuk mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S2. Pada tahun 1960, universitas ini mulai melakukan pengembangan secara fisik dan membuka pendaftaran untuk jenjang pendidikan S1. 

Australian National University memiliki lebih dari 140 program studi dengan jenjang studi yang bervariasi, mulai dari undergraduate, postgraduate, hingga postgraduate research. Beberapa program studi yang ada di Australian National University diantaranya adalah Bachelor of Arts, Science, International Relations, dan Finance. 

2. University of Melbourne

University of Melbourne berdiri pada tahun 1853.
University of Melbourne memiliki lebih dari 65.000 mahasiswa dengan 30.000 mahasiswa internasional dari 130 negara di dunia. Universitas ini juga memiliki para alumni terkemuka dengan empat perdana menteri Australia.

University of Melbourne memiliki banyak sekali jurusan dan program studi. Tak heran jika universitas ini memiliki peminat yang luar biasa. 

Beberapa jurusan yang ada di University of Melbourne diantaranya adalah: 1) Akuntansi, 2) Studi Aktuaria, 3) Ilmu Pertanian, 4) Teknik Arsitektur, 5) Arsitektur, 6) Seni Dan Budaya, 7) Pendidikan Seni, Bahasa, Dan Stem, 8) Asia, 9) Audiologi Dan Patologi Wicara, 10) Bioinformatika, 11) Ilmu Biologi, 12) Teknik Biomedis, 13) Ilmu Biomedis, 14) Administrasi Bisnis, 15) Teknik Kimia, 16) Kimia, 17) Teknik Sipil, Struktur, Dan Arsitektur, 18) Ajaran Klinis, 19) Komposisi, 20) Ilmu Komputer, 21) Konservasi, 22) Konstruksi, 23) Seni Kreatif Dan Terapi Musik, 24) Budaya Dan Komunikasi, 25) Menari, 26) Data Dan Analitik, 27) Ilmu Data, 28) Kedokteran Gigi Dan Kesehatan Mulut, 29) Ilmu Bumi Dan Lingkungan, 30) Ekonometrika Dan Analitik, 31) Teknik Listrik Dan Elektronik, 32) Energi, 33) Bisnis Dan Manajemen Rekayasa, 34) Kewirausahaan, dan banyak lagi yang lain. 

3. University of Sydney

University of Sydney menempati posisi ke 3 di Australia. Universitas ini juga secara konsisten berada di top 50 universitas terbaik dunia. University of Sydney merupakan universitas tertua di Australia. Universitas ini didirikan di Sydney pada tahun 1850. 

University of Sydney memiliki fasilitas yang sangat lengkap sehingga dapat mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki diantaranya adalah gimnasium, pusat panjat tebing, museum, perpustakaan, restoran, asrama, dan lain sebagainya.

University of Sydney juga memiliki kurikulum yang variatif dan pembelajaran yang ciamik. Mahasiswa bisa mempelajari berbagai kompetensi sesuai dengan minat yang dimilikinya. 

4. University of New South Wales (UNSW)

University of New South Wales (UNSW Sydney) merupakan salah satu universitas negeri unggulan di Australia yang berlokasi di Sydney, Australia. University of New South Wales (UNSW) menempati rangking 4 universitas terbaik di Australia dan Memiliki 64.000 mahasiswa dari 130 negara. 

University of New South Wales adalah anggota pendiri Group of Eight (Go8) dan PLuS Alliance. Universitas ini juga merupakan anggota dari Association of Pacific Rim Universities (APRU) dan Universitas 21. Selain itu, University of New South Wales juga memiliki program pertukaran pelajar internasional dan mitra penelitian dengan lebih dari 200 universitas di seluruh dunia.

5. The University of Queensland (UQ)

The University of Queensland (UQ) merupakan universitas yang unggul dalam pengajaran. Universitas Queensland terletak di kota
Brisbane, ibu kota negara Queensland, Australia. Universitas Queensland adalah universitas pertama di kota Brisbane yang didirikan pada tahun 1909. Kampus utama Universitas Queensland terletak di pinggir sungai daerah St Lucia, barat daya kota Brisbane dimana pernah dinobatkan sebagai kampus terindah di dunia.

Universitas Queensland memiliki lebih dari 60,000 mahasiswa, sekitar 20% adalah mahasiswa international yang berasal dari 141 negara. Universitas Queensland adalah salah satu universitas yang menghasilkan lulusan PhD terbanyak di Australia. 

Kampus ini didukung oleh 6 Fakultas yang terdiri dari Faculty of Business, Economic and Law; Faculty of Engineering, Architecture and Information Technology; Faculty of Health and Behavioral Sciences; Faculty of Humanities and Social Science; Faculty of Medicine and Biomedical Sciences and Faculty of Science.

6. Monash University

Monash University merupakan universitas terbesar di Australia.
Kampus utamanya terletak di Clayton, Victoria, Australia. Monash University didirikan pada tahun 1958 dan mulai menerima mahasiswa pertamanya pada tahun 1961. Monash University menempati rangking top 100 dunia dan termasuk dalam the Group of Eight, bersama dengan Australia National University. 

Monash University memiliki jaringan internasional yang sangat luas. Monash University juga membuka kampus cabang di 4 negara lain, salah satunya adalah Indonesia. Monash University juga bekerja sama dengan 100 institusi pendidikan tinggi di dunia.

7. The University of Western Australia (UWA) 

The University of Western Australia (UWA) berlokasi di dekat sungai Swan, Perth. Bersebelahan dengan taman terkenal, Kings Park. The University of Western Australia (UWA) didirikan pada tahun 1911 dan merupakan universitas pertama di Perth.

The University of Western Australia (UWA) adalah salah satu universitas terkemuka di Australia dengan reputasi internasional. Universitas ini memiliki keunggulan dalam bidang pembelajaran dan penelitian. 

The University of Western Australia memiliki beberapa fakultas, diantaranya adalah: 1) Ilmu Pertanian, Lingkungan dan Biologi, 2) Arsitektur, Desain dan Perencanaan, 3) Bisnis dan Perdagangan, 4) Data dan Ilmu Komputer, 5) Pendidikan, 6) Engineering, 7) Ilmu Kesehatan dan Biomedis, 8) Humaniora dan Ilmu Sosial, 9) Hukum, 10) Musik dan Seni Rupa, 11) Ilmu Fisika dan Matematika, 12) Psikologi.

8. University of Adelaide 

University of Adelaide atau Adelaide University merupakan universitas yang terletak di Adelaide, South Australia. Universitas ini berdiri pada tahun 1874, dan merupakan universitas tertua ketiga di Australia. Universitas ini juga termasuk salah satu yang terdepan dalam hal riset. 

Jumlah mahasiswa yang terdaftar di University of Adelaide saat ini adalah sekitar 22.000. Alumni universitas ini juga banyak yang merupakan orang-orang penting dan terkenal, salah satunya adalah Robin Warren, seorang ahli patologi yang memenangkan nobel bersama Barry Marshall pada tahun 2005. 

9. University of Technology Sydney   

University of Technology Sydney yang disingkat dengan UTS berlokasi di pusat kota Sydney, Australia. University of Technology Sydney (UTS) merupakan universitas yang dinamis dan inovatif. 

Universitas ini didirikan pada tahun 1988. University of Technology Sydney (UTS) terkenal karena letaknya di pusat kota dan merupakan satu-satunya universitas dengan kampus utama di Sydney CBD. 

Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh UTS diantaranya adalah laboratorium lengkap, ruang belajar, perpustakaan, fasilitas khusus pendukung penelitian, klinik kesehatan, Stroud Field Station, dan lain sebagainya.

Keunggulan yang dimiliki oleh University of Technology Sydney adalah berfokus pada pengembangan atribut para lulusannya, sehingga mereka dipastikan untuk siap kerja. Selain itu, lulusan dari UTS tidak hanya berfokus untuk pekerjaan yang ada di Australia, melainkan lulusannya juga siap bersaing secara global.

University of Technology Sydney memiliki 130 program sarjana dan 180 program pascasarjana dengan berbagai disiplin ilmu, diantaranya adalah komunikasi, bisnis, pendidikan, teknik, kesehatan, sains, hukum, studi internasional, inovasi transdisipliner, desain, juga arsitektur dan bangunan.

10. University of Wollongong 

University of Wollongong adalah universitas negeri yang terletak di Wollongong, 80 kilometer sebelah selatan Sydney, Australia. University of Wollongong adalah universitas pertama yang mendapatkan gelar "Australia's University of the Year" oleh Good Universities Guide selama dua tahun berturut-turut.

Universitas ini memiliki berbagai macam fasilitas diantaranya sarana olahraga (lapangan sepak bola, gedung olahraga, kolam renang, lapangan tenis), kafetaria, bar, toko buku, perpustakaan, dan tempat parkir yang luas. 

Itulah 10 universitas terbaik di Australia, semoga informasi bermanfaat, terutama bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Australia.

Baca juga artikel lainnya:

 

 

Post a Comment for "10 Universitas Terbaik di Australia"