Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Dan Administrasi Pendidikan

Rikaariyani.com- Pengertian Manajemen Dan Administrasi Pendidikan- Manajemen dan administrasi tidak dapat dipisahkan. Mengapa? Karena manajemen merupakan inti dari administrasi. Dengan kata lain, manajemen merupakan alat pelaksana utama dalam proses administrasi.

Apa itu manajemen? Dan apa itu administrasi?

Simak artikel mengenai pengertian manajemen dan administrasi berikut ini:


 

Pengertian Manajemen

Manajemen berasal dari Bahasa latin yakni manus yang artinya adalah tangan. Dalam Bahasa inggris manajemen disebut dengan management yang artinya adalah mengatur, mengurus, dan melaksanakan.

Menurut Stoner (1986), manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengawasi anggota organisasi agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik.

Malayu Hasibuan (1995) mengemukakan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni dalam mengatur sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Terry (1978: 4), manajemen adalah kemampuan mengarahkan dan mencapai hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

Menurut Follet yang dikutip oleh Danim (2010: 17), manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Sedangkan Winardi (1990: 4) berpendapat bahwa manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Pengertian Administrasi Pendidikan

Administrasi adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seorang administrator. Gie (1992) mengemukakan bahwa administrasi secara etimologi berasal dari Bahasa latin yakni ad dan ministrare yang artinya adalah melayani, membantu, dan menunjang agar tercapai tujuan yang diharapkan.

Menurut Siagian (1986), administrasi adalah keseluruhan proses Kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sedangkan Nurhadi (1983) mengemukakan bahwa administrasi adalah suatu kegiatan pengelolaan sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi untuk mencapai tujuan Bersama yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien.

Dari beberapa defenisi administrasi tersebut dapat disimpulkan bahwa:

  1. Administrasi adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang ada dalam sebuah organisasi. 
  2. Kegiatan administrasi dilakukan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Sedangkan administrasi Pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pemantauan untuk mencapai tujuan Pendidikan.

Menurut depdikbud, administrasi Pendidikan adalah kegiatan bersama dalam bidang Pendidikan. Sedangkan menurut Ngalim Purwanto (1979), administrasi Pendidikan adalah proses pengarahan untuk mencapai tujuan Pendidikan.

Hadari Nawawi (1979) menyatakan bahwa administrasi Pendidikan adalah rangkaian kegiatan dan pengendalian sejumlah orang untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan formal.

Dapat disimpulkan bahwa administrasi pendidikan adalah proses kegiatan dalam bidang Pendidikan yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, untuk mencapai tujuan Pendidikan secara efektif dan efisien.

Demikian penjelasan mengenai manajemen dan administrasi pendidikan, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Pengertian sistem informasi manajemen

Pengertian dan ruang lingkup manajemen kurikulum 

Pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli

Pengertian dan prinsip dasar manajemen peserta didik 

Pengertian dan tujuan manajemen sumber daya manusia

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Dan Administrasi Pendidikan"