Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Manajemen dan Administrasi Pendidikan

Rikaariyani.com- Fungsi Manajemen dan Administrasi Pendidikan- Manajemen dan administrasi pendidikan memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

di dalam artikel ini akan dijelaskan secara detail mengenai fungsi-fungsi manajemen dan administrasi pendidikan tersebut.

 

Fungsi Manajemen dan Administrasi Pendidikan

 
 

Fungsi Manajemen dan Administrasi Pendidikan

Berikut akan dijelaskan fungsi manajemen dan administrasi pendidikan:

1. Perencanaan

Perencanaan merupakan fungsi pertama dan yang utama dalam proses manajemen. Menurut Alder yang dikutip oleh Rustiadi (2008:339), perencanaan adalah proses menentukan apa yang ingin dicapai pada masa yang akan datang dan menetapkan tahapan- tahapan untuk mencapainya.

Siagian (1994), menyatakan bahwa perencanaan adalah proses pemikiran secara matang mengenai hal-hal yang akan dilakukan pada masa yang akan datang.

Hal yang senada juga dikemukakan oleh Abdulrachman (1973), bahwa  perencanaan adalah pemikiran berdasarkan fakta-fakta  sebagai persiapan untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang akan datang.

Sedangkan Terry (1975), mengungkapkan bahwa perencanaan adalah perumusan kegiatan-kegiatan tertentu yang diperlukan untuk mencapai suatu hasil tertentu.

Menurut Kusmiadi (1995), Perencanaan adalah proses dasar yang digunakan untuk memilih tujuan-tujuan dan langkah-langkah untuk mencapainya.

Adapun menurut Soekartawi (2000), Perencanaan adalah pemilihan alternatif atau pengalokasian berbagai sumber daya yang tersedia.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perencanaan merupakan kegiatan awal dalam proses manajemen. Melalui kegiatan perencanaan ditetapkan apa yang akan dilakukan, siapa yang akan melakukan, dan bagaimana melakukan.

Perencanaan yang dilakukan harus mengikutsertakan seluruh personil yang ada dalam di sekolah sehingga mereka memiliki rasa memiliki terhadap lembaga pendidikan tersebut.

Perencanaan pendidikan meliputi perencanaan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah proses pengelompokan pekerjaan yang akan dilakukan, menetapkan tugas dan tanggung jawab masing-masing personil agar mereka dapat bekerjasama secara efektif dalam mencapai tujuan.

Menurut Siagian (2003: 95), pengorganisasian adalah pengelompokkan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas, tanggung jawab, dan wewenang sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. 

Hal yang senada dikemukakan oleh Bafadal (2003: 43), bahwa pengorganisasian adalah proses pengelompokkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dalam proses kerjasama sehingga tercipta suatu sistem kerja yang baik dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian adalah pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing personil agar mereka dapat bekerjasama untuk mencapai tujuan. 

3. Pelaksanaan (actuating)

Actuating merupakan bagian yang sangat penting dalam proses manajemen. actuating dianggap sebagai inti dari proses manajemen karena berhubungan dengan orang-orang.

Menurut Terry yang dikutip oleh Sukarna (2011: 84), actuating adalah mendorong semua anggota kelompok agar mau berusaha keras untuk mencapai tujuan organisasi.

4. Pengawasan (Controlling)

Pengawasan dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai denga napa yang telah direncanakan.

Menurut Sutisna (1989: 240), pengawasan adalah memastikan apa yang dikerjakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan.

menurut Siagian (2003: 112), pengawasan adalah proses pengamatan pelaksanaan kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya.

Pengawasan yang dilakukan adalah salah satu strategi untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan.

Beberapa prinsip pengawasan yang harus diperhatikan adalah: 1) harus menjadi umpan balik dan sebagai bahan revisi dalam mencapai tujuan, 2) harus fleksibel dan responsive.

Baca juga artikel lainnya:

Pengertian manajemen dan administrasi pendidikan

Pengertian dan ruang lingkup administrasi pendidikan 

Proses perumusan kebijakan pendidikan

Pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli 

Pengertian dan ruang lingkup manajemen kurikulum

 


 



Post a Comment for "Fungsi Manajemen dan Administrasi Pendidikan"