Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Rikaariyani.com- Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli- Sebelum masuk pada pembahasan pengertian manajemen pendidikan, penulis uraikan terlebih dahulu apa itu manajemen?

Manajemen adalah proses pengaturan dan pengarahan untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen juga disebut sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Manajemen sangat dibutuhkan untuk mencapai efektivitas kerja suatu organisasi. Orang yang mengatur dan melaksanakan fungsi manajemen disebut sebagai manajer.

Menurut George R. Terry, manajemen adalah proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Henry Fayol, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni dalam melaksanakan kegiatan manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Selanjutnya akan penulis uraikan secara detail pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli:

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli



Pengertian Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Dalam pengertian lain, manajemen Pendidikan adalah Kerjasama yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu dalam mencapai tujuan Pendidikan.

Baca juga: Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen Pendidikan menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. The Liang Gie

Manajemen Pendidikan adalah proses penyelenggaraan dalam mencapai tujuan Pendidikan.

2. Sutisna

Menurut Sutisna (1997:2-3), manajemen Pendidikan adalah seluruh proses yang melibatkan personil untuk mencapai tujuan dalam bidang Pendidikan.

3. Djam’an Satori

Menurut Djam’an Satori (1980:4), manajemen Pendidikan adalah proses Kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber baik materil maupun personil untuk mencapai tujuan Pendidikan yang telah ditetapkan.

4. Made Pidarta

Menurut Made Pidarta (1988:4), manajemen Pendidikan adalah aktivitas dalam mencapai tujuan Pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Engkoswara

Menurut Engkoswara (2001:2), manajemen Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah disepakati Bersama.

6. Hadari Nawawi

Menurut Hadari Nawawi (1981:11), manajemen Pendidikan adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikann secara terencana dan sistematis.

7. Daryanto

Menurut Daryanto (1998:8), manajemen Pendidikan adalah cara melakukan pekerjaan dengan melibatkan banyak orang sebagai usaha dalam mencapai tujuan Pendidikan secara efektif.

8. Mulyasa

Sedangkan menurut Mulyasa (2002:19), manajemen Pendidikan adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan Pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen Pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian sumber daya, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan dalam bidang Pendidikan. Manajemen Pendidikan perlu dilakukan agar pendidik dan sumber daya lainnya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga tercapai tujuan yang dimaksud.

Demikian penjelasan mengenai pengertian manajemen Pendidikan, semoga bermanfaat.

Baca juga: Skripsi adalah: Pengertian, tujuan, dan cara menulisnya
 

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli"