Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen- Sebagaimana yang diketahui bahwa seluruh kegiatan manajerial membutuhkan informasi. Informasi tersebut bermanfaat untuk melakukan penilaian kegiatan serta hasil yang dicapai.

Informasi merupakan sumber dasar bagi organisasi agar proses manajemen dapat terlaksana dengan baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa system informasi yang efektif dapat membantu organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapk.

Apa itu sistem informasi manajemen?

Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak artikel berikut ini:



Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen merupakan keseluruhan jaringan informasi bagi para manajer dan pengguna lainnya dalam mengambil keputusan atau kebutuhan lainnya.

Informasi merupakan data yang telah diolah, dianalisis dan telah memiliki arti dan makna. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam system informasi manajemen adalah: 1) jenis informasi yang dibutuhkan, 2) sumber data dan informasi yang dibutuhkan, 3) siapa yang membutuhkan informasi, 4) mengkomunikasikan informasi kepada para pengguna.

Baca juga: Indikator kepemimpinan kepala sekolah

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

1. Mcleod (1995)

Menurut Mcleod, sistem informasi manajemen adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi para pengguna.

2. Gordon B. Davis (1974)

Menurut Gordon, sistem informasi manajemen merupakan sistem manusia atau mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi dan mendukung proses manajemen serta pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

3. The Liang Gie (1976)

Menurut The Liang Gie, sistem informasi manajemen (SIM) adalah proses pengeloaan data yang meliputi pengumpulan data, pengolahan, penyimpanan, pengambilan serta penyebaran informasi.

4. Suhardiman Yuwono (1989)

Menurut Suhardiman, sistem informasi manajemen adalah keseluruhan jaringan informasi yang ditujukan untuk pimpinan terutama dalam menentukan keputusan yang tepat.

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen adalah jaringan prosedur pengeloaan data yang dimulai dari pengumpulan data, pengolahan data, penyimpanan data, pengambilan data, dan penyebaran informasi dengan menggunakan peralatan yang tepat.

Komponen-Komponen Sistem Informasi Manajemen

Komponen-komponen sistem informasi manajemen meliputi sistem, informasi, dan manajemen. Ketiganya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Sistem, yaitu komponen yang terdiri dari dua atau lebih, saling berhubungan, dan saling ketergantungan satu sama lain. 
  2. Informasi, yaitu unsur inti dalam sistem informasi manajemen. Informasi inilah yang dijadikan sebagai sistem dan dikelola dengan pendekatan sistem. 
  3. Manajemen, yakni proses pengelolaan yang diawali dari pengumpulan data, hingga menjadi sebuah informasi.

Demikian pembahasan mengenai sistem informasi manajemen, semoga bermanfaat.

Baca juga: Tujuan manajemen sumber daya manusia




Post a Comment for "Pengertian Sistem Informasi Manajemen"