Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran

Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran


Pengertian Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah suatu langkah atau strategi dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa atau peserta didik yang dilaksanakan secara fleksibel.

Menurut Darmagi (2017: 176), metode pembelajaran adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Menurut Sudrajat (2004: 4), metode pembelajaran dapat dikatakan sebagai cara untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Menurut Gintings (2007: 42), metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai dasar prinsip pendidikan agar terjadi proses pembelajaran pada diri pembelajar.

Menurut Gagne, Briggs, dan Wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) metode pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.

Menurut Iskandarwassid dan Sunendar (2011,56), metode pembelajaran adalah kerja yang sistematis untuk memudahkan pelaksanaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Menurut Hasby Ashydiqih, metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang dilakukan guna mencapai tujuan tertentu dalam proses pembelajaran.

Menurut Ahmadi, metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang beberapa cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur.

Menurut Nana Sudjana, metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya proses belajar dan mengajar.

Menurut Sobri Sutikno, metode pembelajaran adalah cara-cara dalam menyajikan materi pelajaran yang diberikan kepada murid agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.

Macam-macam metode pembelajaran 

Metode Ceramah

Dalam metode ini para guru atau tenaga pengajar harus memiliki skill  publik speaking yang mumpumi dimana guru menyampaikan materi pelajaran dengan lisan/berbicara agar bisa dipahami oleh peserta didik.

Metode Diskusi

Metode ini mengarahkan para siswa untuk mengembangkan pola berpikir dengan belajar mendiskusikan sebuah problema/masalah untuk mencari solusi masalah tersebut. Metode ini mengajarkan atau melatih peserta didik dalam mengemukakan pendapat di depan umum.

Metode Demonstrasi

Metode ini dikenal juga dengan metode praktek dalam proses pembelajaran, dimana guru memberikan sebuah praktek dengan mangajak peserta didik ke ruangan laboratorium sekolah untuk mengadakan praktikum.

Metode Resitasi

Metode ini memberikan tugas kepada peserta didik untuk menyampaikan ulang materi yang telah diajarkan melalui tulisan menggunakan kata-kata sendiri atau kalimat sendiri.

Metode Karya Wisata

Metode ini berinteraksi secara langsung dengan lingkungan alam atau wisata di sekitar, metode ini dimaksudkan agar peserta didik mempunyai pemikiran yang luas untuk menciptakan karya-karya yang kreatif.

Demikian pembahasan singkat mengenai metode pembelajaran, semoga bermanfaat.

*Artikel ini ditulis oleh: Muhammad Syahdoe MZ, S.IP (Mahasiswa Pascasarjana UIN STS Jambi).

Baca juga artikel lainnya:

Implementasi model pembelajaran Jigsaw

Macam-macam model pembelajaran

Pengertian media pembelajaran menurut para ahli  

Macam-macam media pembelajaran

Manfaat media pembelajaran

Perangkat pembelajaran daring  




Post a Comment for "Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran"