Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perangkat Pembelajaran Daring

Rikaariyani.com- Perangkat Pembelajaran Daring- Pembelajaran secara daring adalah salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemerintah saat wabah covid 19 melanda negeri. Hal ini dilakukan agar dapat mencegah penyebaran covid 19. Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran yang dilakukan melalui jaringan internet dan beberapa perangkat lainnya. Apa saja perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring? Simak artikel ini lebih lanjut.

Perangkat Pembelajaran Daring

Perangkat Pembelajaran Daring
Foto oleh: Pixabay


Pengertian Pembelajaran Daring

Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam pengertian yang lain, pengertian pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan tanpa bertatap muka secara langsung.

Pembelajaran daring dikenal juga dengan istilah e-learning yaitu kegiatan pembelajaran yang menggunakan teknologi.

Menurut Dimyati (2017), pembelajaran daring yaitu proses pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi.

Sedangkan menurut Mutia (2013) di dalam jurnalnya menyebutkan bahwa, pembelajaran daring yaitu pembelajaran yang menggunakan media elektronik berupa laptop, handphone, dan computer.

Menurut Rigianti (2020), pembelajaran daring merupakan cara baru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan bergantung pada akses internet.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan jaringan internet yang dapat dilakukan tanpa melalui tatap muka secara langsung. 

Baca juga: Belajar ngeblog dari NOL secara otodidak

Manfaat Pembelajaran Daring

Pembelajaran daring memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  1. Memudahkan siswa maupun mahasiswa dalam melakukan komunikasi dengan guru. 
  2. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. 
  3. Membuat siswa dan guru lebih memahami teknologi dan terhindar dari gaptek.
  4. Membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. 
  5. Melatih siswa dan juga mahasiswa dalam berpikir secara mandiri. 
  6. Menambah pengalaman, keahlian atau skill siswa.

Perangkat Pembelajaran Daring

Perangkat pembelajaran daring terbagi menjadi dua, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua perangkat ini saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan. Berikut akan dijelaskan secara detail beberapa perangkat pembelajaran daring, yakni:

1. Perangkat keras

Perangkat keras pembelajaran daring terdiri dari laptop, computer, dan juga handphone.

2. Perangkat lunak

Perangkat keras pembelajaran daring berupa aplikasi atau program digital seperti aplikasi zoom, WhatsApp, google meet, Edmodo, google classroom, dan lain sebagainya.

a. Zoom Cloud Meeting

Zoom yakni aplikasi yang dapat digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh. Aplikasi ini dapat menampug hingga 1000 peserta dalam satu pertemuan. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis. Zoom dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran daring, melalui zoom memungkinkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

b. WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran daring. WhatsApp yaitu teknologi yang memiliki fitur menarik dan merupakan bagian dari media sosial. Beberapa fitur WhatsApp yakni mengirim pesan, group chat, video call, mengirim file, dan juga telepon.

Untuk dapat menggunakan WhatsApp, kita hanya perlu mendowload aplikasi secara gratis di play store. Proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dapat berbagi pengetahuan dan informasi antara guru dan siswa.

c. Google Meet

Google meet merupakan sebuah aplikasi yang dapat melakukan konferensi percakapan video secara online. Melalui google meet guru dapat memberikan materi pembelajaran kepada siswa secara langsung sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

d. Google Classroom

Google classroom merupakan aplikasi yang diciptakan oleh google untuk mendukung pembelajaran daring. Melalui google classroom, guru dan siswa dapat melaksanakan proses pembelajaran tanpa terikat oleh jarak dan waktu. Selain memberikan materi, guru juga dapat memberikan nilai secara langsung kepada siswa.

Untuk dapat menggunakan google classroom, kita harus memiliki akun google dan akses internet yang lancar.

e. Edmodo

Edmodo adalah salah satu platform yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembelajaran daring. Edmodo hampir sama denga facebook, hanya saja lebih edukatif dan banyak digunakan untuk kegiatan Pendidikan. Beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan diantaranya adalah grup, library, catatan, penugasan, pengumuman dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang perangkat pembelajaran daring, semoga bermanfaat.

Baca juga: Gaya kepemimpinan partisipatif

Post a Comment for "Perangkat Pembelajaran Daring"