Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Rikaariyani.com- Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli- Dalam proses pembelajaran, ada beberapa hal yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik. Salah satunya adalah media pembelajaran. Melalui penggunaan media pembelajaran, guru sebagai pendidik dapat menciptakan iklim kelas yang sehat. 

Media pembelajaran jika digunakan secara tepat, maka proses pembelajaran akan berjalan dengan efektif dan efisien. Secara sederhana, media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat bantu yang digunakan oleh guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran. 

Dalam pengertian lain, media pembelajaran adalah alat atau bahan yang digunakan dalam menyampaikan informasi kepada siswa. 

Selengkapnya mengenai media pembelajaran ini, akan penulis bahas di dalam artikel "Pengertian media pembelajaran menurut para ahli" berikut ini.

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
 

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

1. Menurut Reiser dan Dempsey (2012)

Media pembelajaran adalah peralatan fisik seperti buku, alat visual, komputer, dan lainnya yang digunakan untuk menyajikan pembelajaran kepada peserta didik.

2. Menurut Latuheru

Media pembelajaran adalah alat, bahan, atau Teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

3. Menurut H. Malik (1994)

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajara kepada siswa.

4. Menurut Haryono (2015)

Secara harfiah media pembelajaran adalah pengantar atau perantara.

5. Menurut Sanaky (2013)

Media pembelajaran adalah sarana atau alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran.

6. Menurut Arsyad (2014)

Media pembelajaran adalah alat perantara untuk membantu komunikasi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

7. Menurut Sumanto (2012)

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik sehingga tercapai tujuan pembelajaran.

8. Menurut Gerlach dan Ely (1971)

Media pembelajaran yakni alat-alat untuk meyusun informasi visual atau verval.

Dari beberapa pendapat para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan pelajaran kepada peserta didik. 

Baca juga: Pusat sumber belajar

Macam-Macam Media Pembelajaran

1. Media Cetak

Media cetak yaitu media yang terbuat dari kertas yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Media cetak ini terdiri dari buku, modul, gambar, foto-foto, dan lainnya.

2. Media Audio

Media audio adalah media dengar yang berisi pesan dan diterima oleh indra pendengaran. Media audio terdiri dari mp3, musik, cd player, game interaktif, dan lain-lain.

3. Media Audio Visual

Media audio visual yaitu media yang memiliki unsur gambar dan suara. Media audio visual meliputi film, video, TV, slide yang ditambah dengan suara, dan lainnya.

4. E-Learning

Yaitu media pembelajaran yang terhubung dengan jaringan internet. Media ini berbasis elektronik dan saat ini sudah banyak diterapkan.

Manfaat Media Pembelajaran

Media pembelajaran memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah:

1. Dapat Memperjelas penyampaian pesan

Melalui media pembelajaran, siswa dapat memahami apa yang dijelaskan oleh guru, terutama mengenai hal-hal yang sulit dijelaskan secara lisan.

2. Meningkatkan motivasi siswa

Media pembelajaran jika digunakan dengan tepat, dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan sehingga menimbulkan motivasi pada diri siswa.

3. Memudahkan siswa dalam menafsirkan

Penggunaan media pembelajaran dapat memberikan kemudahan kepada siswa dalam memahami apa yang disampaikan guru sehingga terhindar dari kesalahan penafsiran.

4. Tercapainya tujuan pembelajaran

Dengan adanya media pembelajaran, proses pembelajaran di kelas dapat terlaksana dengan baik sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian media pembelajaran menurut para ahli, semoga bermanfaat.

Baca juga: Pengertian sumber belajar

Post a Comment for "Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli"