Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Model Pembelajaran Yang Wajib Diketahui Guru

Rikaariyani.com- Macam-macam Model Pembelajaran Yang Wajib Diketahui Guru- Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa model pembelajaran yang wajib diketahui oleh guru, diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kontektual, model pembelajaran discovery learning, model pembelajaran langsung, dan model pembelajaran problem based learning.

Macam-macam Model Pembelajaran Yang Wajib Diketahui Guru
pixabay


 

Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah pola atau pedoman yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

Menurut Suprihatiningrum (2013: 145), model pembelajaran adalah kerangka konsep yang menggambarkan prosedur pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Menurut Saefuddin & Berdiati (2014: 48), model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang digunakan untuk mengorganisasikan pembelajaran dan berfungsi sebagai pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Menurut Sukmadinata & Syaodih (2012: 151), model pembelajaran adalah suatu rancangan yang menggambarkan proses pembelajaran sehingga diharapkan siswa dapat mengembangkan diri dengan baik.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran merupakan pola atau rencana sistematis yang berguna sebagai pedoman bagi guru dalam mengelola proses pembelajaran.

Baca juga:  Model pembelajaran Discovery Learning

Macam-macam Model Pembelajaran

1. Model Pembelajaran Inquiry

Inquiry berasal dari bahasa Inggris yang artinya penyelidikan. Model pembelajaran Inquiry adalah kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengajukan pertanyaan, melakukan penyelidikan, melakukan eksperimen dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan.

Melalui model pembelajaran ini, siswa diarahkan untuk mencari tahu sendiri materi yang ada dalam pembelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan.

Menurut W. Gulo, pembelajaran inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan kemampuan siswa secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, logis, dan kritis sehingga mereka mampu merumuskan sendiri penemuannya.

Menurut Hanafiah dan Sudjana (2010), model pembelajaran inquiry adalah model pembelajaran yang menuntut siswa menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Menurut Abidin (2018: 149), model pembelajaran Inquiry adalah model pembelajaran yang dikembangkan agar siswa dapat menemukan dan menggunakan berbagai informasi untuk meningkatkan pemahaman mereka pada materi tertentu.

2. Model Pembelajaran Ekspositori

Model pembelajaran ekspositori adalah model pembelajaran yang menekankan pada penyampaian materi dari guru kepada siswa agar mereka dapat menguasai materi dengan baik.

Model pembelajaran ekspositori berpusat pada guru, dimana guru memegang peran yang sangat dominan. Fokus uta model pembelajaran ini adalah kemampuan akademik siswa.

Model pembelajaran ekspositori memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah:

  1. Dilakukan dengan cara menyampaikan materi secara verbal
  2. Materi yang disampaikan merupakan materi yang sudah jadi, siswa tidak dituntut untuk berpikir ulang.
  3. Memiliki tujuan agar siswa mampu menguasai materi pembelajaran.

3. Model Pembelajaran Problem Based Learning (Berbasis Masalah)

Model pembelajaran problem based learning yakni model pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah secara ilmiah. 

Menurut Shoimin (2017: 129), problem based learning yakni menciptakan suasana belajar yang mengarah pada permasalahan sehari-hari.

4.  Model Pembelajaran Kooperatif

Model pembelajaran kooperatif yakni kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. 

5. Model Pembelajaran discovery learning

Model pembelajaran discovery learning yakni pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui praktek sehingga siswa dapat menemukan informasi apa yang sedang diajarkan. 

Menurut Syah (2017), model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang lebih menekankan pada pengalaman siswa dan lebih mengutamakan proses daripada hasil.

Menurut Rusman, model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang mendukung siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan berdasarkan pengalaman yang didapatkan.

Demikian pembahasan mengenai macam-macam model pembelajaran, semoga bermanfaat.

Baca juga: Strategi pemasaran jasa pendidikan

Post a Comment for "Macam-macam Model Pembelajaran Yang Wajib Diketahui Guru"