Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah dan Keunikan Batu Caves Malaysia

Rikaariyani.com- Sejarah dan Keunikan Batu Caves Malaysia- Di sela-sela kegiatan study visit ke beberapa negara tetangga, kami menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata, salah satunya adalah Batu Caves, Malaysia.

Batu Caves berlokasi di Kuala Lumpur, Selangor, Malaysia. Batu Caves memiliki batu kapur dan kuil yang menakjubkan. Tak hanya itu, di sana Anda juga bisa menikmati kilau emas yang terpancar dari patung Hindu.

Bagi Anda yang penasaran dengan keindahan Batu Caves, silahkan ikuti artikel ini hingga selesai, karena penulis akan mengulas lebih detail di dalam artikel berikut ini:

Sejarah dan Keunikan Batu Caves Malaysia

Sejarah dan Keunikan Batu Caves Malaysia
Batu Caves, Malaysia


Bagaimana Sejarah Batu Caves?

Batu caves tentunya memiliki sejarah sehingga bisa menjadi terkenal hingga sekarang. Batu caves dipromosikan pertama kali oleh kolonial pada tahun 1878 silam. Pada tahun 1890, didirikan sebuah kuil dengan nama temple caves. Dua tahun setelahnya, di tempat ini diadakan thaipusam. Thaipusam yaitu festival bagi agama hindu. Sejak itu hingga saat ini, batu caves menjadi titik fokus kegiatan Thaipusam bagi masyarakat Hindu.

Baca juga: Mesjid Kubah Emas Brunei Darussalam

Keunikan Batu Caves

Batu Caves Malaysia tidak pernah sepi pengunjung. Ribuan wisatawan datang berkunjung karena memang batu caves memiliki banyak keunikan. Apa saja keunikan yang dimiliki oleh Batu Caves? Simak penjelasan berikut ini:

1. Memiliki View Yang Sangat Indah

Batu caves memiliki view bukit batuan kapur yang berwarna coklat. Di sekitar bukit terdapat pohon-pohon dan kuil Hindu yang berderetan sungguh menakjubkan.

2. Memiliki Patung Berwarna Emas

Batu Caves yang dibuka hingga jam 9 malam memiliki patung berwarna emas yang sangat tinggi menjulang. Patung ini dikenal dengan patung Dewa Murugan. Tingginya mencapai 43 meter. Anda yang berkesempatan berkunjung ke sini pasti akan dibuat takjub oleh patung emas yang satu ini.

3. Memiliki Anak Tangga Warna-warni

Selain patung berwarna emas, di Batu Caves ini anda juga akan menemukan anak tangga yang memiliki warna menarik. Anak tangga yang berjumlah 272 itu dapat membawa anda ke dark cave dan puncak batu caves. Sungguh menarik sekali bukan? Sayangnya, saat berkunjung ke batu caves, penulis dan rombongan tidak memiliki banyak waktu untuk menaiki tangga.

4. Memiliki Gua Sepanjang 850 Meter

Setelah menaiki tangga, Anda juga akan menemukan sebuah gua yang sangat panjang. Didalamnya terdapat berbagai jenis flora dan fauna. Untuk masuk ke sini, Anda akan dikenakan biaya sekitar RM35 selama 45 menit.

5. Memiliki Pemanjatan Tebing

Batu caves juga memiliki lokasi untuk panjat tebing. Terdapat 160 jalur pemanjatan dengan rute dari pendakian bukit kapur.

Itulah beberapa keunikan dari Batu Caves yang sayang untuk dilewatkan. Untuk berkunjung ke lokasi batu caves, anda dapat menggunakan mobil atau taksi, karena lokasinya tepat di samping jalan raya utama.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga: Sistem Pendidikan di Brunei Darussalam







Post a Comment for "Sejarah dan Keunikan Batu Caves Malaysia"