Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Seorang Blogger

Rikaariyani.com- Cara Menjadi Seorang Blogger- Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara menjadi seorang blogger? Dulu, pertanyaan ini pun pernah menghinggapi saya. Sebenarnya niat awal saya membuat blog hanyalah untuk berbagi informasi, berbagi ilmu, dan berbagi pengalaman dengan para pengunjung. Ada kepuasan tersendiri setelah selesai memposting beberapa tulisan di blog. Meskipun sebenarnya tulisan yang diposting tersebut kebanyakan hanya makalah dan karya ilmiah lainnya.

Sempat vakum beberapa tahun, lalu aktif kembali. Mulai benar-benar fokus mengurus blog sejak satu tahun belakangan ini. Alhamdulillah, juga sudah dimonetisasi oleh google adsense.

Kembali ke pertanyaan semula, bagaimana cara menjadi blogger?

Caranya sangat gampang, yaitu membuat blog dan menulis artikel di blog. Itu saja? Ya, hanya itu.

Namun jika pertanyaannya adalah bagaimana cara menjadi seorang blogger yang sukses? Yang mampu menghasilkan cuan setiap bulan dari blog?

Jawabannya ada di dalam artikel berikut ini:

Cara Menjadi Blogger Sukses




 

1. Tentukan Niche atau Topik Blog Anda

Pilih salah satu topik yang benar-benar anda kuasai atau yang sesuai dengan minat. Mengapa begitu? Karena menulis sesuatu yang benar-benar dikuasai, hasilnya akan jauh lebih menarik. Selain itu, akan terhindar dari yang namanya kebosanan dalam menulis. Makanya penting, menyesuaikan topik blog dengan keahlian dan minat.

Yang bergelut dalam dunia pendidikan, bisa buat blog dengan niche pendidikan. Yang hobby memasak, bisa buat blog dengan niche resep-resep makanan. Yang hobby menanam, bisa buat blog dengan niche cara menanam, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 5 Manfaat Ngeblog

2. Asah Keterampilan Menulis

Produk utama blog adalah tulisan atau artikel. Makanya perlu keterampilan dalam menulis. Percuma jika kita punya niche blog yang bagus, tapi tulisan yang diposting tidak menarik. Keterampilan menulis itu bisa diasah. Caranya bagaimana? Perbanyak latihan dan rutin menulis setiap hari. Semakin sering menulis, maka di otak kita akan terbentuk system menulis. Semakin sering menulis, lama-lama tulisan kita akan semakin berkualitas. Usahakan menulis setiap hari.

3. Jangan Berhenti Belajar

Banyak hal yang perlu dipelajari oleh seorang blogger, diantaranya cara meningkatkan jumlah pengunjung, cara membuat tulisan yang unik, cara memilih gambar yang sesuai, memahami ilmu SEO, membangun koneksi, dan banyak lagi lainnya, intinya jadi blogger jangan malas untuk belajar hal-hal yang baru. Tidak harus ikut kelas, kita bisa manfaatkan tutorial-tutorial yang ada di internet. Saya pribadi, murni otodidak. Intinya jangan malas mencoba.

4. Harus Produktif

Usahakan Update blog setiap hari. Kalaupun tidak bisa setiap hari, minimal 1 minggu sekali. Jangan meninggalkan blog hingga berbulan-bulan, karena lama-lama blog kita akan ditinggalkan oleh pengunjung. Kalaupun tidak bisa menulis artikel baru, update aja artikel yang lama. Ini juga bagian dari produktivitas, agar blog kita menjadi lebih kredibel.

5. Harus Kreatif

Salah satu kunci menjadi blogger yang sukses adalah kreatif. Pengunjung yang datang ke blog tujuannya adalah mendapatkan informasi yang bermanfaat. Bagikan informasi-informasi terbaru di blog. Lengkapi dengan gambar, video, ataupun ebook untuk mendukung tulisan atau artikel yang kita buat.

Itulah beberapa cara untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Semoga bemanfaat.

Baca juga: Panduan membuat blog gratis

Post a Comment for "Cara Menjadi Seorang Blogger"