Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Bersin-Bersin Karena Alergi

Rikaariyani.com- Mengatasi Bersin Karena Alergi- Saya penderita alergi sejak lama, kalau tak salah saat masih ngekos di Kota Padang untuk menyelesaikan program S1 saya. Nyaris tiap pagi bersin-bersin. Alergi debu dan juga alergi dingin. Hingga hari ini pun, saat sudah berkepala tiga, alergi yang satu ini masih bergelayut manja.

Jika sudah bersih-bersih kamar, saya bersin parah! Saat cuaca dingin, saya bersin parah!

Saya memang tak pernah konsultasi ke dokter, pun tak pernah mengkonsumi obat dari apotik. Saya hanya tak ingin ketergantungan dengan obat. Apalagi semenjak punya bayi, tak mau sembarangan minum obat.

Ya, pastinya tersiksa. Bersin beberapa jam tanpa henti. Namun, saya tahu bersin-bersin karena alergi bisa diatasi sendiri tanpa harus konsumsi obat-obat kimia. Bagaimana cara mengatasinya? Silahkan simak beberapa penjelasan penting di bawah ini:

Mengatasi Bersin-Bersin Karena Alergi

Mengatasi Bersin-Bersin Karena Alergi
Pixabay

 

Apa Itu Alergi?

Alergi yaitu reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa pemicu alergi berasal dari makanan, obat, debu, dan udara dingin. Beberapa kondisi tubuh akan bereaksi berlebihan saat terkena pemicunya. Parahnya, reaksi tersebut terkadang dapat membahayakan jiwa.

Beberapa jenis alergi diantaranya adalah:

1. Alergi Debu

Alergi debu yakni sistem kekebalan tubuh yang bereaksi karena zat-zat asing yang ada di dalam debu, seperti kotoran, bulu hewan, dan lain sebagainya. Alergi debu tidak bisa disembuhkan hingga tuntas, namun bisa dicegah melalui perubahan gaya hidup.

Alergi debu memiliki beberapa gejala di bawah ini:

  1. Bersin-bersin 
  2. Hidung tersumbat 
  3. Mata memerah dan gatal 
  4. Ada lendir di tenggorokan 
  5. Batuk-batuk 
  6. Susah tidur karena sesak nafas dan bersin terus menerus.

Reaksi alergi biasanya muncul setelah terkena pemicunya. Gejala-gejala di atas dapat bertambah parah jika melakukan kegiatan bersih-bersih, karena debu yang terbang ke udara akan lebih cepat masuk ke pernafasan.

2. Alergi Dingin

Alergi dingin memiliki gejala pilek, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Seseorang yang terkena pilek karena alergi dingin lendir hidung berwarna jernih. Alergi dingin umumnya akan hilang dengan sendirinya, namun ada juga yang bertahan lama.

Kapan harus ke dokter? Jika reaksi alergi berat atau muncul gejala berupa keringat dingin, pandangan gelap, dan jantung berdebar, segeralah ke dokter.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Bagaimana Cara Mengatasi Bersin Karena Alergi?

Bersin-bersin membuat seseorang merasa tidak nyaman, apalagi jika bersin terus menerus tanpa henti. Bersin-bersin sebenarnya bisa diatasi dengan cara alami, tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia.

1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mengandung serai wangi yang dapat digunakan untuk mengurangi bersin-bersin karena alergi. Caranya dengan mencium aroma minyak kayu putih, bisa juga dengan menghirupnya perlahan. Saya sendiri lebih suka mengoleskan minyak kayu putih ini ke wilayah hidung dan juga leher.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki anti bakteri yang dapat menghilangkan bersin-bersin yang terus menerus. Untuk menggunakannya cukup dengan mencampurkan bawang putih yang sudah dicincang dengan air panas kemudian hirup uapnya selama 10 menit.

3. Virgin Coconut Oil (VCO)

Selain minyak kayu putih dan bawang putih, minyak VCO juga bisa digunakan untuk meredakan bersin-bersin. Bisa dengan cara diminum dan bisa dengan cara mengolesinya  ke hidung dan tenggorokan. Saya sendiri bahkan sampai masuk ke lubang hidung.

Itulah beberapa cara mengatasi bersin-bersin karena alergi dengan aman tanpa harus berobat ke dokter dan konsumsi obat-obatan. Cara-cara di atas telah terbukti khasiatnya dan senantiasa menemani setiap kali penulis mengalami bersin-bersin parah. Semoga informasi yang ada di dalam artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Baca juga: Manfaat daun salam untuk kesehatan

 

Post a Comment for "Mengatasi Bersin-Bersin Karena Alergi"