Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Melaksanakan Puasa Nabi Daud

Rikaariyani.com- Keutamaan Melaksanakan Puasa Nabi Daud- Salah satu amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah melaksanakan puasa. Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud, yaitu sehari berpuasa dan sehari tidak. 

Setelah ditelusuri, ternyata puasa Nabi Daud memiliki banyak keutamaan. Apa saja keutamaan melaksanakan puasa Nabi Daud? simak artikel berikut ini: 

Keutamaan Melaksanakan Puasa Nabi Daud

Keutamaan Melaksanakan Puasa Nabi Daud



Puasa Nabi Daud yaitu puasa sunnah yang dikerjakan dengan cara sehari berpuasa dan sehari berbuka. Puasa Nabi Daud adalah puasa yang paling afdhal dan sangat disukai oleh Allah. Di dalam Al-Qur’an dikisahkan bahwa puasa Nabi Daud memiliki banyak keistimewaan, diantaranya memiliki fisik yang kuat, memiliki suara yang merdu, hingga disebut-sebut mampu melunakkan besi.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa puasa Nabi Daud merupakan salah satu puasa yang utama. Mengapa dikatakan lebih utama? Karena puasa Nabi Daud memiliki banyak keutamaan. 

Baca juga: Amalan supaya cepat mendapatkan jodoh

Keutamaan Puasa Nabi Daud

Beberapa keutamaan melaksanakan puasa nabi daud, dijelaskan sebagai berikut:

1. Terpelihara dari perbuatan maksiat

Orang yang melaksanakan puasa Nabi Daud akan senantiasa ingat kepada Allah sehingga jasmani dan rohaninya akan dijaga oleh Allah dari perbuatan maksiat.

2. Puasa yang paling disukai oleh Allah SWT

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Sholat yang paling disukai oleh Allah adalah shalat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. (HR. Bukhari).

3. Dapat menumbuhkan akhlakul karimah

Melaksanakan puasa Nabi Daud dapat menumbuhkan akhlak yang baik, budi pekerti yang luhur, rendah hati, sabar, dan tidak egois.

4. Selalu berpikiran positif

Orang yang melaksanakan puasa Nabi Daud akan dikaruniai pikiran yang positif dan juga kreatif.

5. Mendatangkan rezeki yang tidak disangka-sangka

Melaksanakan puasa Nabi Daud dapat mendatangkan rezeki, bahkan dari arah yang tidak disangka-sangka.

6. Kesehatan lebih terjaga

Melaksanakan puasa Nabi Daud sangat baik untuk Kesehatan. Puasa Nabi Daud dapat memperbaiki fungsi sel yang rusak, menurunkan tekanan darah tinggi, dan terbebas dari resiko penyakit jantung.

7. Membantu Menurunkan berat badan

Keutamaan yang satu ini cukup menarik. Melaksanakan puasa Nabi Daud secara rutin ternyata dapat menurunkan berat badan dan membantu proses diet. Jadi, tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk menurunkan berat badan. Cukup dengan melaksanakan puasa Nabi Daud.

Demikianlah keutamaan melaksanakan puasa Nabi Daud, semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Baca juga: Keistimewaan memelihara kucing


 

Post a Comment for "Keutamaan Melaksanakan Puasa Nabi Daud"