Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Rikaariyani.com- Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan- Daun salam tentu tidak asing lagi bagi kita, terutama bagi kaum ibu-ibu. Daun salam merupakan salah satu bumbu penyedap dalam memasak, seperti memasak tempoyak dan lainnya.

Selain sebagai bumbu penyedap, daun salam ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun salam akan dijabarkan pada penjelasan berikut ini.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan-

 


Apa Itu Daun Salam?

Daun salam merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki aroma yang sangat khas. Di indonesia, daun salam digunakan sebagai bumbu yang dapat membuat masakan menjadi lebih enak.


Daun salam mengandung beberapa vitamin diantaranya vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, alkaloid, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Manfaat daun puding


Manfaat Daun Salam

Daun salam ternyata baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan di bawah ini:


1. Mengatasi Penyakit Asam Urat

Daun salam dapat menurunkan kadar asam urat karena mengandung miristin dan kuersetin.


2. Mengatasi Penyakit Stroke

Untuk mengobati penyakit stroke dengan daun salam, dapat dilakukan dengan merebus 10 lembar daun salam dicampur dengan jantung pidang. Setelah matang, jantung pisang dan daun salam tersebut dapat dimakan.


3. Menurunkan Tekanan Darah

Daun salam mengandung flavonoid dan quercetin sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang ada di dalam tubuh.


4. Menurunkan Kadar Gula

Salah satu penyebab diabetes adalah kadar gula yang tinggi. Diabetes salah satu penyakit yang sukar disembuhkan, namun untuk mengurangi resiko dari penyakit ini dapat dilakukan dengan menurunkan kadar gula dalam darah. Nah, salah satu manfaat daun salam adalah dapat menurun kadar gula tersebut. Rebus daun salam dan kumis kucing lalu minum airnya. Insyaallah kadar gula dapat turun dengan cepat.


6. Mengobati Penyakit Diare

Selain mampu mengatasi beberapa penyakit di atas, daun salam juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri sehingga diare lebih cepat diatasi.

7. Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi tentu sangat mengganggu kenyamanan. Melakukan aktifitas apapun jadi gak semangat. Bawaannya mau marah aja. Hehehe

Sebelum mengkonsumsi obat atau ke dokter gigi, tidak ada salahnya mencoba obat herbal dari daun salam. Daun salam memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengurangi sakit. Langkah penggunaannya adalah dengan cara merebus daun salam, kemudian berkumur dengan menggunakan air rebusannya.

Demikian artikel tentang manfaat daun salam untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Baca juga: Manfaat daun sirsak


Post a Comment for "Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan"