Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Menarik Tentang Merlion Park Singapura

Rikaariyani.com- Fakta Menarik Tentang Merlion Park Singapura- Tahun 2015 silam, saat masih aktif menjadi mahasiswa Program Doktor UIN STS Jambi, penulis diberikan kesempatan untuk melancong ke Negara tetangga. Salah satunya adalah Singapura.

Di Singapura, salah satu tempat yang dikunjungi adalah Merlion Park atau Patung Singa. Merlion Park ternyata merupakan ikon dari Negara Singapura yang sudah dikenal dunia. Banyak hal menarik yang perlu kamu ketahui dari Merlion Park ini. Apa saja? Silahkan disimak artikel berikut ini:

Fakta Menarik Tentang Merlion Park Singapura

Fakta Menarik Tentang Merlion Park Singapura
Merlion Park, Singapura

 

Bagaimana Sejarah Merlion Park?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang fakta menarik dari Merlion Park, terlebih dahulu penulis uraikan mengenai sejarah Merlion Park.

Merlion Park pertama kali dirancang oleh Mr. Fraser Brunner dan dibangun pada tanggal 25 September 1972 oleh Lim Nang Seng. Lim Nang Seng merupakan seniman asal Singapura.

Patung singa tersebut memiliki tinggi 8,6 meter dan bobot 70 Ton.

Patung merlion dirancang sebagai ilustrasi saat wilayah Singapura ditemukan pada tahun 11 masehi silam. Kepala singa pada patung Merlion ini melambangkan singa yang pernah terlihat oleh pangeran sang nila utama. Sedangkan ekor patung merlion berbentuk ekor ikan, hal ini melambangkan kota kuno Temasek yang artinya adalah laut. Sedangkan nama Singapura berasal dari Bahasa Sansekerta yang artinya adalah kota singa.

Patung merlion ini terbuat dari campuran semen dan dapat menyemburkan air dari dalam mulutnya. Patung ini menghadap kearah timur karena dipercaya dapat membawa kemakmuran.

Baca juga: Sejarah Batu Caves Malaysia

Apa Saja Fakta Menarik Tentang Merlion Park Singapura?

Berkunjung ke Singapura tanpa mengunjungi Merlion Park ini berasa kurang lengkap. Patung berkepala singa dan berbadan ikan ini populer hingga ke seluruh penjuru dunia. Merlion Park menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi turis untuk datang berkunjung.

Merlion Park memiliki sederet fakta menarik yang untuk dilewatkan. Apa saja fakta menarik dari Merlion Park? Simak ulasan berikut ini:

1. Merlion Park Memiliki Sejarah Yang Panjang

Jika diperhatikan dengan seksama, bentuk patung Merlion ini adalah kepala singa yang berbadan ikan dan berada di atas puncak ombak.

Di balik keindahan Merlion Park ini, tersimpan sejarah panjang bahwa dulunya Singapura merupakan sebuah perkampungan nelayan yang sederhana.

2. Merlion Park Dijadikan Sebagai Lambang Selamat Datang

Patung Merlion ternyata dibangun dengan tujuan untuk menyambut siapapun yang datang ke Singapura. Dalam prasasti perunggu yang tidak jauh dari patung Merlion ini tertulis bahwa Merlion didirikan sebagai lambang untuk menyambut semua pengunjung yang datang.

3. Merlion Park Lebih Tua Dari Singapura

Fakta ini cukup mencengangkan. Tak banyak yang tahu bahwa Merlion Park ini satu tahun lebih tua dari Singapura.

4. Patung Merlion Tidak Hanya Ada Satu

Patung merlion ternyata juga ada di beberapa lokasi, salah satunya di mount fiber atau bukit fiber. Bahkan diantara semua patung, yang tertinggi adalah di mount fiber. Tingginya sekitar 3 meter.

5. Gigi Merlion Melambangkan Jumlah Kelompok Etnis Di Singapura

Salah satu simbol yang memiliki makna pada patung Merlion ini adalah bagian gigi. Gigi yang dimiliki oleh merlion ini menunjukkan jumlah kelompok etnis yang ada di Singapura.

6. Dibangun Dengan Biaya Jutaan Dollar

Pernah menebak berapa biaya pembuatan patung Merlion? Singapura menghabiskan jutaan dollar untuk bisa membangun patung Merlion ini.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Merlion Park Singapura. Bagaimana? tertarik untuk mengunjunginya?

Baca juga: Mesjid Kubah Emas Brunei Darussalam

Post a Comment for "Fakta Menarik Tentang Merlion Park Singapura"