Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Museum Royal Regalia Brunei Darussalam

Rikaariyani.com- Museum Royal Regalia Brunei Darussalam- Hari kedua di Brunei Darussalam, saya dan rombongan melakukan kunjungan ke Museum Royal Regalia. Museum ini terletak di tengah kota Brunei Darussalam, tidak jauh dari lapangan Haji Sir Muda Omar Ali Saifuddin.

Museum ini dibangun untuk memperingati 25 tahun Hassanal Bolkiah sebagai Sultan Brunei Darussalam, tepatnya pada tahun 1992. Museum ini terdiri dari dua lantai dan bagian depannya berbentuk kubah besar sehingga mudah dikenali. Museum Royal Regalia dapat dikunjungi secara gratis.

Untuk masuk ke museum ini, para pengunjung tidak dibolehkan untuk memakai alas kaki. Di pintu masuk sudah tersedia rak-rak untuk meletakkan sandal atau sepatu dan menggantinya dengan alas kaki khusus yang disediakan oleh museum ini.

Baca juga: Mesjid kubah emas Brunei Darussalam 

 

Museum Royal Regalia Brunei Darussalam

Saat masuk ke Museum Royal Regalia, kami disambut oleh petugas dengan ramah. Mereka mengarahkan kami untuk mengisi buku tamu dan menyerahkan kunci loker untuk menyimpan tas dan barang bawaan.

Sesuai peraturan dari museum, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa apapun saat masuk ke dalam ruangan. Penjagaannya sangat ketat. Mungkin karena banyak barang-barang berharga di dalamnya.

Kami menelusuri ruangan demi ruangan sambil menikmati berbagai macam koleksi yang ada di museum Royal Regalia ini. Koleksi-koleksi yang dimiliki oleh Museum Royal Regalia Brunei Darussalam terdiri dari:

  1. Mahkota kerajaan yang bertahta berlian 
  2. Kereta kerajaan yang dipakai oleh sultan untuk acara tertentu 
  3. Koleksi senjata-senjata yang terbuat dari emas dan perak 
  4. Replikasi singgasana kerajaan 
  5. Foto-foto keluarga kerajaan 
  6. Foto-foto Sultan dari kecil hingga dewasa 
  7. Dokumentasi-dokumentasi sejarah kerajaan 
  8. Berbagai macam miniatur 
  9. Barang-barang pemberian atau cinderamata dari Negara tetangga 
  10. Dan lain sebagainya.

Semua koleksi tersebut tertata dengan rapi di dalam rak kaca dan dikunci dengan rapat. 



Selain tidak diperbolehkan membawa alas kaki, pengunjung juga tidak diizinkan untuk mengambil foto, hanya boleh melihat-lihat, karena semua barang yang dipajang merupakan harta karun yang tak ternilai harganya. Pengunjung hanya boleh memotret bangunan museum saja.

Bagi kalian yang melakukan traveling ke Brunei Darussalam, jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini. Museum Royal Ragelia beralamatkan di jalan Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam. Museum ini buka dari jam 09.00-17.00 waktu setempat.

Demikian informasi mengenai Museum Royal Ragelia Brunei Darussalam, semoga informasi ini ada manfaatnya. Terutama buat kamu yang berencana melakukan travelling ke Brunei Darussalam.

Baca juga: Fakta menarik tentang Merlion Park Singapura


Post a Comment for "Museum Royal Regalia Brunei Darussalam"