Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Makalah Yang Benar

Rikaariyani.com- Cara Membuat Makalah Yang Benar- Bagi mahasiswa tentu sudah sangat sering mendapatkan tugas menulis makalah. Meskipun begitu, belum semua mahasiswa mampu menulis makalah dengan baik dan benar. Buktinya, setiap kali masuk kelas, saya selalu menemukan makalah yang amburadul, tidak sesuai dengan kaidah penulisan penulisan makalah. 

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, saya akan menjelaskan cara membuat makalah yang baik dan benar. Silahkan disimak artikel berikut ini:

- Cara Membuat Makalah Yang Benar -

Cara Membuat Makalah Yang Benar

 

Pengertian makalah

Makalah yaitu karya tulis ilmiah yang ditulis secara sistematis dan membahas suatu masalah tertentu. Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia, makalah yakni karya tulis mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas.

Menurut Poerwardarminta, makalah adalah uraian secara tertulis yang membahas tentang suatu permasalahan.

Menurut Sudjiman, makalah merupakan tulisan non fiksi yang membahas mengenai suatu tema tertentu.

Menurut Zainal Arifin, makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah tertentu dan dibahas berdasarkan data lapangan yang bersifat empiris.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang membahas suatu masalah tertentu dan ditulis secara sistematis dengan memperhatikan beberapa kaidah tertentu.

Baca juga: Perbedaan makalah dan jurnal

Fungsi Makalah

Makalah berfungsi untuk:

  1. Memperluas wawasan penulis 
  2. Melatih siswa ataupun mahasiswa untuk mampu menulis karya ilmiah dengan baik 
  3. Memberikan sumbangan pemikiran secara teoritis dan praktis 
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan memecahkan suatu permasalahan.

Struktur makalah

Makalah memiliki beberapa struktur penting, yakni:

1. Cover atau halaman sampul

Cover memuat judul makalah, logo perguruan tinggi, identitas penulis, tempat dan tahun. Cover ditulis menggunakan rata tengah agar tampak lebih rapi.

2. Kata pengantar

Kata pengantar adalah bagian yang harus ada dalam sebuah makalah dan terletak di awal makalah. Kata pengantar memuat hal-hal yang telah dilalui penulis dalam menyelesaikan makalahnya.

3. Daftar isi

Daftar isi yaitu urutan judul tiap bab yang berfungsi untuk memudahkan pembaca.

4. Bagian pendahuluan

Pada bagian ini dijelaskan apa alasan membahas tema atau topik yang dipilih. Di dalam pendahuluan juga mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penulisan.

5. Pembahasan makalah

Bagian ini disebut juga dengan batang tubuh makalah atau inti dari sebuah makalah. Pembahasan adalah isi dari makalah yang dibuat. Pembahasan berisi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada rumusan masalah.

6. Penutup

Pada bagian penutup terdiri dari kesimpulan dan saran-saran. Kesimpulan yakni ringkasan dari makalah yang dibuat, kesimpulan bertujuan agar pembaca dapat memahami dengan baik mengenai isi makalah. selain kesimpulan juga memuat saran kepada pembaca demi kesempurnaan makalah.

7. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka harus dicantumkan setiap menulis makalah. Daftar Pustaka adalah rujukan penulis dan dapat memudahkan pembaca untuk meninjau lebih dalam tentang apa yang ditulis. Daftar Pustaka boleh diambil dari buku, jurnal, ataupun artikel-artikel. Penulisan daftar Pustaka memuat nama pengarang, judul buku, tempat terbit, penerbit, dan tahun terbit.

Cara membuat makalah

Membuat makalah yang baik dan benar dapat mengikuti beberapa Langkah di bawah ini:

1. Menentukan topik pembahasan

Bagi mahasiswa, biasanya topik yang akan dibahas sudah ditentukan oleh dosen pengampu. Namun, jika belum, pilihlah tema yang kamu minati dan yang sekiranya kamu kuasai.

2. Menentukan judul

Setelah memilih tema, Langkah selanjutnya adalah menentukan judul. Buatlah judul yang menarik dan sesuaikan dengan tema yang dipilih.

3. Mengumpulkan bahan

Bahan tulisan atau referensi bisa kamu dapatkan pada buku, jurnal, artikel, dan lain sebagainya.

4. Mulailah menulis

Setelah mengumpulkan bahan, saatnya kamu memulai untuk menulis. Diawali dari pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan.

5. Mengeceknya kembali

Setelah selesai menulis, jangan lupa untuk menyuntingnya Kembali. Cek dan teliti dengan baik apakah makalah yang ditulis sudah sesuai dengan sistematika atau belum, penggunaan Bahasa sudah benar atau belum, jika belum, lakukan pengeditan Kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat makalah yang benar, semoga artikel ini bermanfaat.


Baca juga: Kerangka penulisan makalah yang benar

Post a Comment for "Cara Membuat Makalah Yang Benar"