Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERBEDAAN MAKALAH DAN JURNAL

Rikaariyani.com- PERBEDAAN MAKALAH DAN JURNAL- Saya termasuk dosen yang sering memberikan tugas makalah dan jurnal kepada mahasiswa. Makalah mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka. Namun ketika diberikan tugas menulis jurnal, mereka bingung.

“Bu, jurnal itu sama dengan makalah ya?” ada yang polos bertanya seperti ini.

"Bu, apa perbedaan makalah dan jurnal?"

Untuk itu, pada artikel kali ini akan penulis uraikan mengenai perbedaan antara makalah dan jurnal secara lengkap.

PERBEDAAN MAKALAH DAN JURNAL

 

Makalah dan jurnal
pixabay

Apa itu Makalah?

Makalah yaitu karya tulis ilmiah yang membahas suatu topik atau tema tertentu, ditulis secara sistematis dan dianalisis dengan logis. Makalah bisa ditulis berdasarkan kajian pustaka maupun hasil penelitian lapangan.

Pada umumnya makalah ditulis oleh mahasiswa untuk memenuhi tugas dan menyelesaikan mata kuliah. Namun makalah juga bisa ditulis oleh narasumber lain seperti pejabat pemerintahan, rektor atau pun dosen dan dibahas pada seminar-seminar. Ini dinamakan dengan makalah kerja.

Sebuah makalah memiliki sistematika penulisan yang terstruktur, terdiri dari bab pendahuluan, pembahasan, dan penutup seperti berikut:

  1. Bab I Pendahuluan 
  2. Bab II pembahasan 
  3. Bab III penutup 
  4. Daftar pustaka 
  5. Lampiran (jika ada)

Kita bahas satu-satu ya….

1. BAB PENDAHULUAN

Pada bab ini penulis menjelaskan apa latar belakang masalah sehingga memilih topik tersebut untuk dibahas. Pada bab ini juga memuat rumusan masalah dan tujuan penulisan makalah.

2. BAB PEMBAHASAN

Pada bab pembahasan, diuraikan teori-teori yang berhubungan dengan lingkup masalah di lengkapi dengan referensi yang jelas.

3. BAB PENUTUP

Pada bagian penutup terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi jawaban-jawaban dari rumusan masalah. Sedangkan saran berisi usulan dari penulis terkait dengan materi-materi yang telah dibahas.

4. DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka berisi sumber-sumber bacaan atau bahan acuan yang digunakan dalam makalah. Penulisan daftar pustaka harus dilakukan dengan benar yang meliputi nama penulis, judul buku, tempat terbit, penerbit, tahun terbit.

Baca juga: Cara-membuat-daftar-pustaka-yang-benar 

5. LAMPIRAN

Tidak semua makalah membutuhkan lampiran. Mencantumkan lampiran pada bagian belakang makalah harus sesuai dengan topik yang dibahas. Biasanya makalah yang membutuhkan lampiran adalah makalah yang ditulis dari hasil penelitian lapangan. Penelitian kualitatif membutuhkan lampiran gambar atau foto, sedangkan penelitian kuantitatif membutuhkan lampiran berupa bagan.

Sebuah makalah juga harus dilengkapi dengan cover atau lembar judul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar atau tabel jika ada. 

Apa Itu Jurnal

Di atas sudah dijelaskan apa itu makalah dan sistematika penulisannya. Sekarang pertanyaannya adalah apa itu jurnal?

Jurnal yaitu karya tulis yang diterbitkan secara berkala yang berisikan materi terkait dengan tema-tema tertentu. Sebenarnya materi-materi yang ditulis di dalam jurnal sangat luas, namun harus disajikan secara padat dan jelas. Jurnal harus dilengkapi dengan abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan.

Baca juga: tips-menulis-jurnal-ilmiah-yang-benar

 

Apa Perbedaan Makalah Dan Jurnal?

Lalu apa perbedaan makalah dan jurnal? Makalah dan jurnal memiliki banyak perbedaan, baik dari segi penulisan maupun materi-materi yang disajikan. Berikut ini penulis uraikan beberapa perbedaan makalah dan junal:

1. Dari Segi Penulisan

Makalah ditulis dengan menggunakan bab, bab 1 hingga bab 3. Sedangkan jurnal tidak menggunakan bab. Makalah tidak dilengkapi dengan abstrak dan metode penelitian, sedangkan jurnal harus menggunakan abstrak dan metode penelitian.

2. Dari Segi Materi

Makalah bisa dikutip dari buku-buku atau sumber tertentu. Sedangkan jurnal selain dari buku, juga diperoleh dari data-data hasil observasi atau hasil penelitian terbaru.

3. Dari Segi Publikasi

Makalah tidak harus diterbitkan, jika pun diterbitkan hanya terbatas pada kalangan tertentu saja, sedangkan jurnal harus diterbitkan secara berkala dan bisa diakses oleh semua orang.

Demikian ulasan mengenai perbedaan makalah dan jurnal, semoga bermanfaat.

Terimakasih


 


8 comments for "PERBEDAAN MAKALAH DAN JURNAL"

  1. Terimakasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  2. Sama2... Terimakasih juga sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. Apakah jurnal itu bentuk ringkas dari skripsi? Kalau kita sudah menjadi guru, apakah jurnal harus berupa ringkasan dari PTK? Mohon penjelasannya Bu dosen 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurnal itu karya tulis ilmiah yang diterbitkan, tidak harus dari skripsi dan PTK. Kalau dari skripsi dan PTK, harus diringkas dan menyesuaikan dengan format jurnal.

      Delete