Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Dosen Pembimbing Skripsi

Rikaariyani.com- Tips memilih dosen pembimbing skripsi- Dosen pembimbing memiliki peranan besar dalam proses penyelesaian skripsi kamu. Beliau yang menemani dan membimbing kamu dari awal penulisan hingga sidang skripsi. Namun tidak sedikit mahasiswa yang bermasalah dengan dospemnya sehingga menghambat penyelesaian skripsi. 

Untuk itu, jangan salah memilih dosen pembimbing. Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu, bagaimana memilih dosen pembimbing yang cocok. 

 

Tips memilih dosen pembimbing skripsi
pixabay


 
Tips Memilih Dosen Pembimbing Skripsi

 

1. Cari Tahu Karakter Masing-masing Dosen Pembimbing

Kamu bisa tanya senior-senior kamu di kampus. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan yakni: apakah dosen tersebut susah ditemui? Apa boleh bimbingan via WA? Apa boleh bimbingan di rumahnya?  Berapa lama biasanya bimbingan?  Dan lain sebagainya. 

Info-info tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi kamu dalam memilih dosen pembimbing.

Karakter dosen pembimbing ini tak sama. Ada sebagian dosen yang tidak mau didatangi ke rumah, ada pula yang sibuk luar biasa sehingga tidak punya waktu untuk membimbing mahasiswa. 

Baca juga: Konsekuensi jika tugas akhir dikerjakan orang lain

2. Pilih Dosen Pembimbing Yang Pernah Mengampu Mata Kuliah Di Kelas Kamu

Jika kamu pernah belajar dengan dosen yang bersangkutan, sedikit banyaknya kamu sudah tahu bagaimana tipe dosen tersebut. Dan pastinya sudah kenal baik, sehingga kamu tidak perlu canggung lagi untuk mendiskusikan skripsi yang akan kamu tulis. 

3. Pilih dosen yang gampang ditemui

Tidak semua dosen pembimbing bisa ditemui dengan mudah setiap hari. Mereka punya jadwal yang padat, mengajar, menguji, meneliti, dan lain sebagainya. Apalagi jika dosen yang bersangkutan tinggal di luar kota. Untuk bertemu dengan mereka, buatlah janji terlebih dahulu. 

Namun, ada segelintir dosen yang memang sangat susah ditemui, ditelpon tidak diangkat, chat tidak dibalas. Di sinilah pentingnya kamu harus memilih dosen yang gampang ditemui, supaya proses penulisan skripsi kamu tidak terganggu dan bisa selesai secepatnya. 

4. Pilihlah dosen yang tidak mood-moodan

Punya dosen yang mood2an cukup beresiko. Saat sedang tidak mood, jangankan untuk mengoreksi tulisan kamu, sekedar minta tanda tangan pun akan susah. 

Kamu perlu menunggu waktu yang tepat, menunggu moodnya membaik. 

5. Pilihlah dosen yang suka memberi motivasi

Terutama motivasi agar kamu cepat menyelesaikan skripsi kamu, sehingga bisa lulus secepatnya. 

Motivasi dari dospem sangat luar biasa pengaruhnya. Kamu bisa jauh lebih semangat dalam melakukan revisi-revisi. Makanya penting memilih tipe dosen yang suka memotivasi, bukan yang cenderung lebih cuek. 

Demikian penjelasan mengenai tips memilih dosen pembimbing skripsi. Semoga bermanfaat dan semoga skripsi ataupun tesis yang mungkin saat ini sedang kamu garap, cepat selesai dan bisa wisudaaa.

Baca juga: Peran dosen pembimbing skripsi 

Thanks,

 


 


Post a Comment for "Tips Memilih Dosen Pembimbing Skripsi"