Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Blog Bagi Mahasiswa

Rikaariyani.com- Manfaat Blog Bagi Mahasiswa- Saat mengampu mata kuliah "Aplikasi Komputer Manajemen", saya sengaja memasukkan pembahasan tentang blog pada RPS atau rencana pembelajaran semester. Mengapa? Karena saya merasa blog sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Tidak hanya sebagai ajang latihan menulis, blog juga dapat membuat mahasiswa menjadi lebih kreatif.

Bertahun-tahun menjadi dosen, saya mengamati kebiasaan menulis mahasiswa memang sangat rendah. Bahkan saat diberikan tugas menulis makalah, artikel, jurnal dan lainnya, mereka pada umumnya memilih untuk melakukan copy paste daripada berusaha untuk menulis sendiri.

Oleh karena itu, saya berharap dengan aktif ngeblog, mahasiswa mampu menulis dengan baik dan terhindar dari perilaku copy paste. 

Manfaat Blog Bagi Mahasiswa

Blog

pixabay

Beberapa manfaat blog bagi mahasiswa dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Mengasah Kreativitas Mahasiswa

Melalui blog, mahasiswa dapat mengekspresikan dirinya sekaligus mengasah kreatifitas mereka, terutama kreativitas dalam menulis.

2. Dapat Meningkatkan skill mahasiswa dalam menulis

Sebagaimana yang telah saya ungkapkan, seorang mahasiswa tidak akan pernah terlepas dari kegiatan menulis. Baik untuk tugas mata kuliah seperti makalah, jurnal, dan artikel; maupun tugas akhir yaitu skripsi.

Dengan aktif menulis blog, kemampuan menulis akan semakin terasah. Karena untuk bisa menulis, perlu banyak latihan dan terus latihan. Semakin sering menulis, maka otak akan membentuk sistem menulis.

Blog adalah sarana yang sangat bagus untuk latihan menulis. 


Baca juga:  


3. Dapat mempertajam kinerja otak

Ya, tentu saja, karena setiap kali ingin menulis artikel yang menarik, kita perlu banyak referensi dan banyak membaca untuk mendapatkan ide-ide yang brilliant. Apalagi jika kita ingin menulis tentang solusi-solusi, perlu banyak ilmu dan wawasan.

4. Bermanfaat untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan hobi

Blog dapat dimanfaatkan untuk mengeskpresikan diri. Mahasiswa dapat memposting apa saja di blog. Misal, suka photografi, mahasiswa dapat memposting hasil photografinya ke blog. Yang suka nulis puisi atau cerpen, juga dapat mengunggah hasil karyanya di blog. 

5. Tempat berbagi ilmu dan informasi

Sebagai mahasiswa, tentu banyak ilmu dan pengetahuan yang didapatkan dari aktifitas perkuliahan, baik melalui aktifitas membaca maupun dari dosen pengampu. 

Dengan membagikannya di blog, akan sangat bermanfaat dan dapat menjadi amal jariyah bagi kamu. 

Kamu bisa tulis artikel-artikel sesuai dengan bidang keahlian yang kamu miliki. 

Misalnya, mahasiswa jurusan manajemen pendidikan islam. Kamu bisa tulis artikel-artikel yang berkaitan dengan manajemen, bagaimana mengelola sebuah lembaga pendidikan, bagaimana mengelola siswa di kelas, bagaimana mengelola laboratorium, dan lain sebagainya. 

Jangan khawatir, setiap tulisan yang dibuat pasti akan bertemu dengan pembacanya masing-masing. 

 6. Menghasilkan uang

Jangan salah, anda juga bisa menghasilkan uang dari blog. Banyak contoh dari para blogger yang sukses menghasilkan uang puluhan juta bahkan lebih, hanya dengan aktif menulis di blog. 

Bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog? Mungkin ada yang bertanya begini. Caranya gampang, anda hanya perlu mendaftar di google adsense. Adsense akan membayar setiap iklan yang diklik oleh pengunjung.

Demikian penjelasan mengenai manfaat blog bagi mahasiswa, semoga bermanfaat dan selamat ngeblog!

Baca juga: 

 

Post a Comment for "Manfaat Blog Bagi Mahasiswa"