Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI

Rikaariyani.com- PERAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI- Bagi kamu yang saat ini sedang sibuk ngerjain skripsi, pasti tak asing lagi dengan dosen pembimbing dan pastinya juga lebih sering bertemu dosen pembimbing. Baik untuk konsultasi, bimbingan, maupun hanya sekedar meminta tanda tangan. Untuk itu, kamu mesti tahu apa saja peran dosen pembimbing, agar kamu tidak salah kaprah.

Dosen pembimbing skripsi yakni dosen tetap yang diberi tugas untuk membimbing skripsi mahasiswa. Biasanya ada dua orang dosen pembimbing untuk masing-masing mahasiswa yakni pembimbing 1 dan pembimbing 2 (dua). Pembimbing satu berfokus pada isi skripsi, sedangkan pembimbing dua fokus pada format penulisan.  

Peran dosen pembimbing skripsi tidak bisa kamu remehkan. Dosen pembimbing adalah orang tua kedua yang ada di kampus. Terutama menjelang masa-masa akhir perkuliahan, interaksi mahasiswa dengan dosen pembimbing pasti meningkat. Bahkan ada yang rela menunggu beberapa jam di kampus hanya untuk bertemu dengan dosen pembimbing.

Bagi dosen pembimbing, mendampingi dan membimbing banyak mahasiswa sekaligus cukup melelahkan, namun ada kepuasan bathin apalagi jika mahasiswa yang dibimbing bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan.

Lalu apa saja peran dosen pembimbing skripsi? Simak uraian berikut ini: 

dosen pembimbing skripsi
pixabay

Peran Dosen Pembimbing Skripsi

1. Memberikan Bimbingan Kepada Mahasiswa

Memberikan bimbingan dalam menentukan judul skripsi, format penulisan skripsi dan lainnya. Dosen pembimbing berhak mengganti judul skripsi kamu jika dirasa tidak tepat, jangan takut judulnya diganti, malah akan lebih baik demi kelanjutan skripsi kamu. Yakinlah, dosen pembimbing tidak akan pernah menyesatkan mahasiswa bimbingannya sendiri.  
 
 

2. Mengarahkan mahasiswa apabila ada kesalahan dalam penulisan

Dosen pembimbing skripsi kamu akan memberikan arahan jika terdapat kesalahan dalam skripsi kamu, baik dari segi isi, maupun format penulisan. 
 
Dosen pembimbing yang baik tidak akan membiarkan jika ada kesalahan pada skripsi kamu. Jadi jangan sebel jika dosen pembimbing memberikan banyak coretan pada skripsi kamu. Perbaiki sesuai saran dan arahan darinya. 
  

3. Meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa

Dosen pembimbing pasti punya waktu khusus untuk mahasiswa bimbingannya. Baik secara offline maupun online. Jangan segan dan jangan gentar bertemu dengan dosen pembimbing. Semakin sering bimbingan, skripsi kamu juga akan semakin bagus dan berkualitas. Tanyakan apa yang tidak dipahami. Saya sendiri bahkan mengizinkan mahasiswa bertamu ke rumah hanya untuk urusan skripsi.
 

4. Membantu mahasiswa memberikan penjelasan kepada dosen penguji 

Terkadang mahasiswa grogi menghadapi sidang skripsi, sehingga apa yang disampaikan tidak sesuai dengan apa yang ditulis. Ada juga sebagian mahasiswa yang tidak mampu menjawab dengan baik apa yang ditanyakan oleh dosen penguji sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

Di sini dosen pembimbing akan membantu kamu memberikan penjelasan kepada dosen penguji. Namun kamu jangan sampai mengecewakan dosen pembimbing. Persiapkan diri sebelum menghadapi sidang dan kuasai apa yang kamu tulis di dalam skripsi.

5. Memberikan nilai kepada mahasiswa setelah sidang skripsi

Selain dosen penguji, dosen pembimbing juga akan memberikan nilai setelah sidang dilakukan. Nilai yang diberikan dosen pembimbing biasanya lebih tinggi, ini bisa membantu menaikkan presentasi nilai yang kamu dapatkan dari dosen penguji lainnya.

Baca juga: Tips agar skripsimu selesai tepat waktu

Demikian artikel mengenai peran dosen pembimbing skripsi, semoga bermanfaat dan selamat berjuang untuk kamu yang sedang bergelut dengan skripsi.


Terimakasih,

rikaariyani.com

 

Post a Comment for "PERAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI"