Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsekuensi Jika Tugas Akhir Dikerjakan Orang Lain

Rikaariyani.com- Konsekuensi Jika Tugas Akhir Dikerjakan Orang Lain- Tugas akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa berdasarkan hasil penelitian. Ini merupakan salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa. Tugas akhir bagi mahasiswa S1 berbentuk skripsi, bagi mahasiswa S2 berbentuk Tesis, dan mahasiswa S3 berbentuk Disertasi. 

Tujuan utamanya adalah untuk membentuk sikap mental ilmiah. Selain itu, tugas akhir juga bertujuan agar mahasiswa mampu berpikir logis dan kritis dalam memecahkan permasalahan dalam bidang keilmuan yang diambil.

Menyelesaikan tugas akhir memiliki tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Memang melelahkan dan benar-benar menguji kesabaran. Mulai dari sulitnya mencari referensi, banyaknya revisi, hingga dosen yang sulit dihubungi. Namun, tantangan terberat adalah MALAS. Malas mencari referensi, malas melakukan penelitian, malas duduk berjam-jam di depan laptop. 

Banyak mahasiswa yang memilih untuk menyerah pada tantangan. Mereka meminta pihak lain untuk mengerjakan tugas akhirnya. Dan ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan mahasiswa. Tak heran jika banyak sekali jasa pembuatan skripsi, tesis, dan disertasi yang bermunculan. Cukup dengan uang 4 juta, skripsi bisa diselesaikan. Bahkan mahasiswa tak harus membayar kontan.

Sangat disayangkan bagi para mahasisswa yang memilih menggunakan jasa pembuatan skripsi. Skripsi adalah perjuangan terakhir mahasiswa di kampus, tujuannya adalah untuk mengaktualisasikan pengetahuan mahasiswa yang diperoleh selama kuliah dalam bentuk tulisan, semestinya harus dikerjakan sendiri, bukan orang lain. Jika proses tugas akhir dilakukan oleh orang lain maka sebenarnya terjadilah pembodohan generasi masa depan. Ini sebuah kecurangan. Jika sudah begini masih pantas kah mahasiswa disebut kaum intelektual?  

Konsekuensi Jika Tugas Akhir Dikerjakan Orang Lain


 

Bagaimana Hukum Jika Skripsi Dikerjakan Oleh Orang Lain?

Hukumnya adalah haram, karena membantu dalam berbuat pelanggaran, penipuan, kebohongan dan dosa. Allah berfiman dalam surat al-Maidah ayat 2 “dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.  

Ustadz Abdul Somad juga pernah ditanya tentang hal ini. Beliau menjawab dengan jelas bahwa "yang membuatkan haram, dan yang dibuatkan juga haram. Lalu apa konsekuensi jika tugas akhir dikerjakan oleh orang lain? Simak penjelasan berikut ini.

APA KONSEKUENSI JIKA SKRIPSI DIKERJAKAN OLEH ORANG LAIN?

1. Gelar Dicabut

Mahasiswa yang berniat ingin menggunakan jasa pembuatan tugas akhir mesti berpikir seribu kali sebelum melakukannya. Sebab resikonya sangat besar, gelar sarjana bisa dicabut kembali oleh pihak kampus jika ketahuan di kemudian hari. Skripsi yang dibuat tidak sah, sarjana yang dimiliki juga tidak akan sah.

2. Dibantai Saat Sidang

Ingat, meskipun skripsi dikerjakan oleh orang lain, kita tetap harus mempertanggungjawabkan tulisan tersebut pada saat sidang skripsi. Dan biasanya mahasiswa yang meminta orang lain membuatkannya, ia sama sekali tidak paham dengan isi skripsinya. Jika sudah begitu, siap-siap dibantai oleh dosen penguji pada saat sidang berlangsung.

3. Merugikan Diri Sendiri

Percuma kuliah bertahun-tahun, jika skripsi dikerjakan orang lain. Saat kelulusan pun tidak ada yang perlu dibanggakan. Hanya orang-orang  bodoh dan malas berpikir  yang melakukan perbuatan ini. Mereka tidak sadar jika telah membodohi diri mereka sendiri. 

4. Tidak Mendapatkan Pengalaman

Mengerjakan skripsi merupakan pengalaman yang sangat berharga dan juga momen paling sakral di kalangan mahasiswa. Momen mengerjakan skripsi adalah momen yang paling berkesan yang akan diingat hingga tua. Banyak hal yang bisa dipetik dari proses pengerjaan skripsi, salah satunya kita dapat belajar mengungkapkan argumen dari data-data dan fakta yang ada di lapangan. Jika skripsi dikerjakan oleh orang lain, kita akan kehilangan momen-momen tersebut.

5. Jika Ketahuan, Pasti Tidak Lulus!

Jika ketahuan oleh tim sidang skripsi, jangan harap bisa lulus sidang. Kalian harus mengulang kembali dan ini tentu akan menghabiskan banyak waktu.  

Demikian penjelasan mengenai konsekuensi jika tugas akhir dikerjakan orang lain. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Menghadapi sidang skripsi

 

Post a Comment for "Konsekuensi Jika Tugas Akhir Dikerjakan Orang Lain"