Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pertimbangan Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Rikaariyani.com- 5 Pertimbangan Dalam Memilih Jurusan Kuliah- Ada yang lagi galau mau kuliah jurusan apa?  Atau bingung antara dua pilihan? Ambil jurusan kedokteran atau jurusan manajemen pendidikan islam? 😃

Wajar sih jika kamu galau, karena ini menyangkut masa depan. Dulu saya pun pernah mengalami hal yang sama. Ingin mengambil jurusan sastra dan menjadi penulis terkenal, sementara orangtua ingin anaknya menjadi guru. Akhirnya karena patuh pada ortu, jadilah seperti yang sekarang, yaitu menjadi dosen. Tapi saya tetap bersyukur atas apa yang saya lakoni saat ini.

Buat kamu yang sedang membaca artikel ini, gak usah galau, ikuti saja kata hati dan pertimbangkan beberapa hal.

Apa saja yang perlu dipertimbang? Simak penjelasan berikut ini:

5 Pertimbangan Dalam Memilih Jurusan Kuliah

 

5 Pertimbangan Dalam Memilih Jurusan Kuliah


1. Pertimbangkan minat dan potensi diri

Masing-masing orang punya minat dan potensi yang berbeda. Kamu perlu mengenali potensi diri kamu sendiri dan sesuaikan jurusan yang dipilih dengan minat dan potensi tersebut.

Mengapa begitu? Karena jika kamu mengambil jurusan yang tidak sinkron dengan minat dan potensi yang dimiliki, dikhawatirkan kamu tidak serius dan tidak semangat menjalani perkuliahan. 

Misalnya kamu memiliki minat dalam IT, kamu bisa mengambil jurusan ilmu komputer. Punya minat mengajar, bisa pilih jurusan keguruan.

Baca juga: Tips memilih dosen pembimbing skripsi

 

2. Pertimbangkan prospek masa depan

Semua jurusan itu sebenarnya bagus, punya prospeknya masing-masing. Namun kamu tetap harus pertimbangkan prospek kerja yang lebih menjanjikan. Apalagi saat ini, persaingan semakin ketat, bahkan banyak sarjana yang menganggur.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan jurusan mana yang lebih menjanjikan. Kamu bisa pelajari lagi atau tanya sama alumni-alumni dari jurusan yang sama. 

 

3. Pertimbangkan juga kemampuan finansial

Kamu perlu melakukan riset sebelum memilih jurusan, seperti di kampus mana yang membuka jurusan tersebut, berapa biaya kuliah yang dibutuhkan, berapa biaya hidup, dan lain sebagainya. Karena masing-masing jurusan, membutuhkan biaya yang berbeda pula. 

Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui dari awal berapa biaya yang dibutuhkan sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial kamu, agar nanti di tengah perjalanan perkuliahan kamu tidak kelabakan. 

 

4. Pertimbangan Saran Yang Diberikan Orang-Orang Terdekat

Konsultasikan dengan orang-orang terdekat mengenai jurusan yang akan kamu pilih. Terutama dengan orang tua. Pendapat dan saran dari orang tua penting untuk menjadi bahan pertimbangan. 

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan teman, dosen, senior atau bahkan konsultan pendidikan agar kamu bisa memastikan pilihan yang tepat. 

 

5. Pertimbangkan pula akreditasi jurusan dan kampusnya

Akreditasi jurusan dan kampus termasuk hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan. Jangan karena jurusan yang kamu pilih belum terakreditasi membuat kamu sulit bersaing di dunia kerja nantinya. 

Akreditasi juga mempengaruhi kualitas perkuliahan hingga kelulusan. Kalau bisa pilihlah jurusan yang sudah terakreditasi A atau B.

Demikian artikel mengenai pertimbangan memilih jurusan kuliah. Semoga bermanfaat dan sukses selalu....

Terimakasih.


Baca juga: Kriteria pemilihan sumber belajar

 


 

 

Post a Comment for "5 Pertimbangan Dalam Memilih Jurusan Kuliah "