Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Dosen Professional

Rikaariyani.com- Karakteristik Dosen Professional- Salah satu pertimbangan masyarakat dalam memilih perguruan tinggi adalah profesionalisme dosen yang mengajar. Pasalnya adalah semakin professional seorang dosen tentu lulusan yang dihasilkan pun akan semakin berkualitas. Oleh karena itu, dosen harus professional.

Di dalam artikel ini akan dibahas bagaimana karakteristik dosen professional. 

Karakteristik Dosen Professional

Karakteristik Dosen Professional
foto: (pixabay)


Apa Itu Profesionalisme?

Secara umum, profesionalisme dapat dimaknai sebagai kompetensi yang dimiliki oleh pelaku profesi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

 

Bagaimana Karakteristik Dosen Professional?

Berikut ini ada beberapa karakteristik dosen professional:

1. Memiliki Komunikasi Yang Baik

Dosen harus mampu berkomunikasi dengan baik, terutama saat memberikan perkuliahan. Komunikasi yang baik dari seorang dosen bisa dilihat dari cara ia mengajar, menjelaskan materi dengan baik dan lancar, serta dapat merespon setiap pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa.

2. Menguasai Materi Kuliah Dengan Baik Dan Mendalam

Sebagai dosen professional, wajib menguasai materi-materi perkuliahan yang akan diajarkannya kepada mahasiswa. Melalui penguasaan materi yang baik, dosen dapat memberikan jawaban yang tepat dan relevan pada saat mahasiswa bertanya. Selain itu, ia juga mesti focus pada bidang mata kuliah yang ia tekuni, misalnya dengan aktif mengikuti seminar, melakukan berbagai penelitian, mengikuti pelatihan-pelatihan dan lain sebagainya.

Baca juga: Bagaimana membangun budaya menulis dosen

3. Mempunyai Keterampilan Mengajar Yang Baik

Dosen harus mampu berperan sebagai fasilitator bagi mahasiswanya. Jadi, tidak hanya sekedar memberikan materi dengan metode lama. Dosen mesti punya strategi mengajar yang variatif agar mahasiswa dapat berkembang dengan baik.

4. Memiliki Kepribadian Yang Baik

Dosen professional juga dapat dilihat dari kepribadian yang dimilikinya. Di mana ia memiliki motivasi yang kuat untuk terus berprestasi, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, memiliki emosi yang stabil, bisa bekerjasama dengan orang lain, dan sangat ingin memajukan institusi di mana dia bekerja.

5. Sangat Peduli Dengan Mahasiswa

dosen yang professional memiliki sikap yang sangat peduli dengan mahasiswa. Ia tidak menganggap mahasiswa dengan sebelah mata. Ia juga sangat dekat dengan mahasiswanya sehingga mahasiswa tidak sungkan untuk bertanya lebih banyak mengenai materi-materi yang belum dipahami. Tidak hanya di kelas, ia juga menyediakan waktu luang di luar jam perkuliahan untuk berdiskusi dengan mahasiswa dan mendengarkan setiap keluh kesah mahasiswa. Sikap dosen yang seperti ini tentu membuat mahasiswa lebih nyaman dalam menjalani perkuliahan dan semakin termotivasi untuk melakukan yang terbaik dan terus belajar.

Itulah beberapa karakteristik dosen professional. Namun masalahnya, masih banyak dosen yang belum memenuhi criteria dosen professional tersebut. Hal ini disebabkan oleh:

  1. Masih banyak dosen yang nyambi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak fokus dalam mengajar. 
  2. Kurangnya motivasi dosen dalam mengembangkan karirnya. 
  3. Ketidaksesuaian disiplin ilmu dengan mata kuliah yang diajar.

Demikian artikel mengenai karakteristik dosen professional. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 4 Kompetensi Dosen

Thanks,

rikaariyani.com

Post a Comment for "Karakteristik Dosen Professional "