Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kompetensi Dosen Yang Harus Kamu Ketahui

Rikaariyani.com- 4 Kompetensi Dosen Yang Harus Kamu Ketahui- Dulu, cita-cita saya bukanlah menjadi dosen. Saya hanya ingin menjadi penulis dan bergelut dalam dunia kepenulisan. Namun Allah berkehendak lain, Allah memberikan jalan yang mulus sehingga saya bisa melakoni profesi ini.

Tidak semua orang memiliki kesempatan menjadi dosen. Selain memiliki tantangan yang cukup berat, dosen juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang tinggi. Tidak salah jika dosen dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi. Apa saja kompetensi dosen yang harus kamu ketahui? Simak artikel berikut ini:

4 Kompetensi Dosen Yang Harus Kamu Ketahui


4 Kompetensi Dosen Yang Harus Kamu Ketahui

Pengertian Dosen

Dosen adalah pendidik professional yang bekerja pada satuan Pendidikan tinggi dan memiliki tugas utama menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui tri dharma perguruan tinggi. Selain melaksanaka tugas perkuliahan, dosen juga harus melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam peraturan pemerintah dijelaskan bahwa dosen adalah pendidik yang memiliki tugas mentranformasikan dan menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Sedangkan menurut Djamarah (2010), dosen adalah tenaga pendidik yang memiliki pengalaman dalam bidangnya masing-masing.

Tugas Dosen

Dosen memiliki tugas yang cukup berat, yakni sebagai berikut:

  1. Melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil belajar mahasiswa. 
  2. Menjadi pembimbing dan penguji skripsi mahasiswa 
  3. Menjadi pembimbing PPL dan Kukerta 
  4. Melaksanakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 
  5. Menulis dan menghasilkan karya ilmiah seperti buku, jurnal, dan lainnya. 
  6. Berpartisipasi dalam pertemuan-pertemuan ilmiah

Kompetensi Dosen

Empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang dosen meliputi:

a. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan dalam mengelola pembelajaran.

b. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang berakhlak mulia, berwibawa, dan menjadi teladan bagi mahasiswa.

c. Kompetensi Sosial

Kompetensi social adalah kemampuan dosen dalam berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan mahasiswa, sesama dosen, dan masyarakat sekitar.

d. Kompetensi Professional

Sedangkan kompetensi professional adalah kemampuan dosen dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, minimal mata kuliah yang diampunya.

Baca juga: peran dosen pembimbing skripsi

Kelebihan Menjadi Dosen

1. Mendorong Kita Untuk Terus Belajar

Tugas utama seorang dosen adalah mengajar dan mentransfer ilmu kepada para mahasiswa. Dalam menjalankan tugas ini, tentu kita harus memiliki pengetahuan yang luas, terutama mengenai program studi yang kita ajarkan. Melalui tugas yang satu ini, akan mendorong kita untuk terus belajar dan mengupdate ilmu yang kita punya.

2. Mendapatkan Banyak Pengalaman Baru

Menjadi dosen akan selalu bertemu dengan orang-orang baru, baik mahasiswa maupun rekan sesama dosen. Hal ini tentu akan menambah banyak pengalaman bagi kita, baik pengalaman dalam mengajar maupun pengalaman dalam menghadapi mahasiswa-mahasiswa.

3. Mendapatkan Gaji dan Tunjangan

Jika diangkat menjadi dosen tetap, kamu akan mendapatkan gaji pokok dan juga tunjangan lainnya. Gaji yang diterima didapatkan dari kampus dimana kamu mengajar. Selain gaji, kamu juga akan mendapatkan tunjangan lainnya, seperti tunjangan profesi, tunjangan tugas tambahan, tunjangan kehormatan, tunjangan publikasi ilmiah dan juga tunjangan menjadi pembicara.

4. Mendapatkan Ganjaran Pahala Karena Berbagi Ilmu

Sama seperti guru, dosen pun memiliki tugas yang sangat mulia karena menyampaikan ilmu kepada orang lain. Ilmu yang disampaikan tentu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

5. Memiliki Peranan Yang Besar Bagi Mahasiswa

Seorang dosen memiliki pengaruh yang besar dalam proses perkuliahan mahasiswa. Selain mengajar, dosen juga memiliki tugas untuk membimbing dan menguji mahasiswa sehingga mereka siap memasuki dunia kerja.

Demikian pembahasan mengenai kompetensi dosen, semoga bermanfaat.

Baca juga: Membangun budaya menulis dosen

Post a Comment for "4 Kompetensi Dosen Yang Harus Kamu Ketahui"