Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Modul Bagi Siswa Maupun Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran

Rikaariyani.com-Manfaat Modul Dalam Proses Pembelajaran- Modul merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa maupun mahasiswa dalam proses pembelajaran. Namun tidak semua guru maupun dosen terbiasa menulis modul. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas apa saja manfaat modul bagi siswa maupun mahasiswa.

Modul pembelajaran
pixabay


Apa Itu Modul?

Modul yaitu bahan atau materi ajar yang dikemas dalam bentuk buku untuk memudahkan siswa mempelajari dan memahami pembelajaran secara mandiri.

Menurut Purwanto (2007:9) modul adalah materi pembelajaran yang ditulis secara sistematis dan teratur. Tujuannya adalah agar siswa dapat memahami dan menguasai kompetensi yang diajarkan dengan baik.

Sedangkan menurut Nana Sudjana (2002: 132), modul adalah alat ukur yang lengkap di mana modul terdiri dari tujuan belajar, materi ajar, media ajar, dan juga evaluasi.

Dengan adanya modul, proses pembelajaran tetap terlaksana meskipun tanpa kehadiran guru ataupun dosen. Artinya modul dapat menggantikan posisi guru. Untuk itu, modul perlu dikembangkan sehingga dapat menjadi media untuk belajar secara mandiri.

Baca juga: Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Modul

Apa Tujuan Modul?

Modul pembelajaran bertujuan untuk:

  • Melatih siswa agar mampu belajar mandiri meskipun tanpa bimbingan guru. 
  • Melatih kejujuran siswa 
  • Agar siswa dapat mengukur sendiri kemampuannya dalam menguasai materi ajar. 
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan cara mereka masing-masing. 
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya dalam belajar. 
  • Meningkatkan gairah belajar siswa

Apa Manfaat Modul Bagi Siswa/Mahasiswa?

Modul memiliki banyak manfaat bagi siswa ataupun mahasiswa, diantaranya adalah:

1. Sebagai bahan ajar

Modul dapat dimanfaatkan sebagai sumber atau bahan ajar bagi siswa/mahasiswa. Siswa dapat belajar secara mandiri di sekolah maupun di rumah sehingga siswa tidak selalu bergantung dengan guru atau dosen.

2. Dapat memotivasi siswa/ mahasiswa

Beberapa penelitian menyatakan bahwa penggunaan modul dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, karena saat belajar secara mandiri, siswa dapat memahami materi dengan baik.

3. Sebagai bahan rujukan bagi siswa/mahasiswa

Modul yang dibuat oleh guru tentu dilengkapi dengan materi-materi dan juga informasi-informasi lainnya. Materi tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan atau referensi bagi siswa seperti layaknya sebuah buku.

4. Dapat bermanfaat sebagai alat evaluasi

Modul biasanya juga dilengkapi dengan evaluasi. Evaluasi ini dapat digunakan oleh siswa untuk mengetahui sejauh mana mereka menguasai materi pembelajaran.

Tidak hanya bermanfaat bagi siswa, modul juga bermanfaat bagi guru, dosen, maupun instruktur, yaitu sebagai berikut:

  1. Dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi guru maupun dosen, apalagi jika tingkat keberhasilan siswa/mahasiswa dalam memahami pembelajaran menjadi lebih baik. 
  2. Dengan adanya modul, guru ataupun dosen dapat menjelaskan materi yang penting saja, tidak mesti semua materi karena sudah ditulis secara lengkap di dalam modul. 
  3. Dengan adanya modul, guru ataupun dosen dapat membatasi materi sehingga siswa dapat memahaminya dengan mudah.

Demikian penjelasan mengenai modul, tujuan modul, dan juga manfaat modul bagi siswa maupun mahasiswa. Semoga bermanfaat dan semakin termotivasi untuk menulis modul.

Baca juga: Pengertian dan ciri-ciri buku ajar

Terimakasih,


 


Post a Comment for "Manfaat Modul Bagi Siswa Maupun Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran"