Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Rendahnya Profesionalisme Guru

Rikaariyani.com- Penyebab Rendahnya Profesionalisme Guru- Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Guru adalah panutan yang dapat digugu dan ditiru. Tidak hanya panutan bagi peserta didiknya, namun juga bagi semua orang. Inilah yang membuat profesi guru menjadi lebih istimewa dibanding profesi lainnya.

Namun tak bisa dipungkiri, menjadi guru tidaklah mudah. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. Tidak hanya sekedar mengajar, namun juga mendidik, membimbing, memotivasi,  dan mendorong anak didiknya agar menjadi manusia yang hebat dan cerdas. Di tangan gurulah, masa depan anak didiknya dipertaruhkan. Makanya profesi guru bukanlah profesi yang sembarangan. Profesi ini membutuhkan profesionalisme tinggi. 

Ironisnya, tidak semua guru professional. Masih banyak ditemukan guru-guru yang tidak berkualitas dan jauh dari standar kompetensi. Baik kompetensi pedagogiknya, maupun kompetensi kepribadiannya. Masih banyak guru yang tidak mampu mengajar dengan baik, strategi mengajar tidak bervariasi, metode yang membosankan, media yang minim, dan lain sebagainya.

Rendahnya kompetensi guru tentu berpengaruh kepada mutu pendidikan dan juga lulusan. Guru adalah komponen yang sangat penting dalam proses pendidikan. tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa guru adalah jantung dari pendidikan.

Pertanyaannya adalah apa penyebab rendahnya profesionalisme guru? Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan simak artikel mengenai penyebab rendahnya profesionalisme guru berikut ini:

Penyebab Rendahnya Profesionalisme Guru

 

Penyebab Rendahnya Profesionalisme Guru
pixabay

Karakteristik Guru Profesional

Beberapa karakteristik guru professional adalah:

  1. Mentaati segala peraturan yang termaktub dalam undang-undang 

  2. Mampu membina dan membimbing peserta didik dengan baik 

  3. Memiliki kemampuan dalam mengajar dan mengelola kelas 

  4. Mencintai profesinya sebagai guru 

  5. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi 

  6. Mampu menciptakan suasana yang baik di sekolah 

  7. Memiliki hubungan yang baik dengan teman sejawat 

  8. Memiliki kemauan yang tinggi untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik 

  9. Memiliki hubungan yang baik dan loyal dengan kepala sekolah 

  10. Patuh pada peraturan-peraturan yang ada di sekolah

Baca juga: Jenis-jenis Sumber belajar

Penyebab rendahnya Profesionalisme Guru

Banyak penyebab rendahnya profesionalisme guru. Diantaranya adalah guru tidak memiliki latar belakang keilmuan yang sesuai, rendahnya minat untuk mengembangkan diri, masih ada guru yang nyambi, dan tidak berfungsinya organisasi profesi guru. 

1. Ketidaksesuaian Latar Belakang Keilmuan Dengan Bidang Yang Diajar

Masih banyak ditemukan guru-guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Sebagai contoh, guru PAI mengajar bidang studi matematika. Terutama di daerah-daerah, disebabkan karena kekurangan SDM atau guru yang mengajar.

2. Masih terdapat guru-guru yang belum sarjana

Hal ini menyebabkan guru tidak memiliki ilmu yang memadai sehingga tidak mampu mengajar dengan baik. Sebagaimana yang diketahui, dalam proses pembelajaran guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi, namun juga harus mampu mengelola kelas dengan baik.

3. Rendahnya minat guru dalam mengembangkan diri

Dalam hal ini, masih banyak guru-guru yang malas meningkatkan kompetensinya dalam mengajar. Guru merasa sudah cukup dengan gelar sarjana yang dimiliki dan merasa sudah mampu untuk mengajar sehingga tidak perlu lagi mengikuti pelatihan-pelatihan.

4. Masih banyak guru-guru yang nyambi

Hal ini menyebabkan guru tidak focus karena disibukkan dengan pekerjaan lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. selain itu, guru pun tidak memiliki banyak waktu untuk membaca dan menulis.

5. Organisasi profesi guru belum berfungsi dengan baik

Organisasi profesi sebetulnya untuk meningkatkan profesionalisme anggotanya. Namun sayang, organisasi-organisasi yang ada belum secara maksimal mengupayakan profesionalisme guru sebagai anggotanya.

Demikian artikel mengenai penyebab rendahnya profesionalisme guru, semoga ke depan guru-guru di Indonesia semakin professional dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaaat. Terimakasih.

Baca juga: Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa

Lihat juga:

Buku Akuntansi Lengkap

Buku Manajemen  

Manajemen Keuangan edisi revisi Sutrisno 

Manajemen dalam konteks indonesia 

Buku metodologi penelitian lengkap 

Buku metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D 

Buku penelitian hukum 

Metode penelitian kualitatif Sugiyono 

Seri buku metode penelitian terlengkap 

 



Post a Comment for "Penyebab Rendahnya Profesionalisme Guru"