Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS AGAR LULUS KULIAH TEPAT WAKTU

Rikaariyani.com-TIPS AGAR LULUS KULIAH TEPAT WAKTU- Lulus kuliah tepat waktu dambaan setiap mahasiswa dan harapan setiap orang tua. Saya yakin dan percaya tidak ada yang ingin berlama-lama di kampus. Selain menghabiskan waktu dan tenaga, tentunya juga menghabiskan banyak biaya. 

Berlama-lama menjalani perkuliahan adalah pemborosan. Uang kosan, SPP, dan lain sebagainya. Jangan geer, kampus pun bosan melihat kamu. Jika kampus sudah bosan, siap-siap mendapatkan surat cinta alias Drop Out (DO). Ingat, betapa sedih dan kecewanya orang tua di rumah. Kamu tentu tak ingin mengecewakan mereka, bukan? Kamu tentu juga tak ingin disebut sebagai mahasiswa abadi kan?

Banyak hal positif yang akan kamu dapatkan jika lulus kuliah tepat waktu. Salah satunya kamu bisa lebih cepat berkarir sehingga bisa lebih cepat pula membalas budi orangtuamu. Pada Tulisan kali ini, saya ingin berbagi motivasi kepada para mahasiswa, baik mahasiswa S1, S2 maupun S3 terkait dengan bagaimana sih caranya agar bisa lulus kuliah tepat waktu? Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, karena alhamdulilah saya bisa menyelesaikan studi saya tepat waktu. S1 saya jalani selama 4  tahun, S2 selesai dalam waktu 2 tahun, dan S3 selesai dalam waktu 3 tahun. Saya cukup bangga dengan pencapaian ini, terlebih saat melihat tatapan bahagia kedua orangtua.

Berikut ini ada beberapa tips dari saya, bagaimana agar bisa lulus kuliah tepat waktu? Simak dengan baik ya... 

TIPS AGAR LULUS KULIAH TEPAT WAKTU

                                    

KULIAH TEPAT WAKTU
Oleh: Rika Ariyani, Dosen MPI STAI SMQ

 

Bagaimana Tips Agar Lulus Kuliah Tepat Waktu?

1. HARUS GIGIH

Gigih adalah kunci utama jika ingin lulus kuliah tepat waktu. Jangan jadi mahasiswa pemalas. Ikuti semua proses perkuliahan dengan baik, kerjakan tugas dengan baik, dan maksimalkan kehadiran di kelas. Pada tahap penyusunan skripsi, kamu juga harus gigih menemui dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Semakin sering bimbingan, skripsimu akan semakin bagus, dan tentunya bisa lebih cepat di ACC dan cepat melangkah ke tahap berikutnya.

2. JANGAN CEPAT MENYERAH

Rugi jika kamu menyerah sekarang! Memang, kehidupan mahasiswa itu penuh lika-liku yang terkadang membuatmu ingin menyerah dan lari dari kenyataan. Masa-masa kuliah adalah kondisi yang cukup berat untuk dijalani. Terlebih jika sudah pada tahapan penyusunan skripsi. Meskipun begitu, kamu gak boleh putus asa. Ingat, masa depan ada di tanganmu. Nikmati proses. Yakin dan percayalah, setiap masalah ada jalan keluarnya. Jangan habiskan waktumu untuk berkeluh kesah.

Baca juga: Tips Menghadapi Sidang Ujian Akhir

3. HARUS FOKUS

Kuliah harus menjadi prioritas utama. Jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting. Banyak mahasiswa yang gagal karena tidak fokus. Biasanya yang membuat mahasiswa tidak fokus adalah karena sibuk pacaran, sibuk bekerja, sibuk berorganisasi, sibuk jalan-jalan. Boleh saja, tapi jangan sampai mengganggu aktifitas kuliah. Aturlah waktumu dengan baik dan kurangi kegiatan yang tidak mendukung proses perkuliahan.

4. HARUS RAJIN KULIAH

Jangan habiskan waktumu untuk bersantai dan main-main. Jangan pula sibuk bersosial media yang tidak bermanfaat. Kuliah adalah jalan untuk mencapai kesuksesan dan membahagiakan orang-orang yang kita sayang. Jika kamu bermalas malasan, kamu akan   tertinggal di belakang.

5. DISIPLINKAN DIRI

Disiplin merupakan ketaatan dan kepatuhan dalam melakukan segala sesuatu. Disiplin merupakan kunci utama dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Mahasiswa dituntut untuk selalu aktif kuliah, tidak telat, juga tidak suka membolos. Disiplin akan memberikan hasil yang memuaskan. Disipin akan mengantarkan mahasiswa mencapai tujuan yang diinginkan.  

Saya ingat salah seorang teman kuliah yang gagal mengikuti ujian hanya karena telat datang ke kampus. Saya juga ingat salah satu teman yang tidak lulus mata kuliah hanya karena sering bolos. Sayang sekali kan? Untuk itu, mulai sekarang disiplinkan diri, belajarlah menghargai waktu, dan jangan buang waktu.  

Semoga Bermanfaat...

Baca Juga: Tips Agar Skripsi Kamu Selesai Tepat Waktu


Post a Comment for "TIPS AGAR LULUS KULIAH TEPAT WAKTU"