Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Sederhana Membuat Akun Google Scholar

Rikaariyani.com- Langkah Sederhana Membuat Akun Google Scholar- Bagi mahasiswa, guru, maupun dosen tentu sudah tidak asing lagi dengan google scholar atau dikenal juga dengan google cendekia.

Google Scholar pertama kali diluncurkan pada tahun 2004, indeks google scholar mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. Pengguna google scholar dapat mencari berbagai bidang ilmu baik berbentuk makalah, thesis, buku, maupun artikel.

Di samping itu, google scholar juga dapat dijadikan sebagai ukuran prestasi dosen atau akademisi  dalam mengembangkan karya ilmiahnya. Oleh karena itu, dosen atau peneliti harus memiliki profil pada akun google scholar untuk mendukung agar karya publikasinya dapat diketahui dan dilacak secara online. Selain itu, melalui akun google scholar, dosen dapat melihat jumlah sitasi artikelnya.

Bagaimana langkah membuat profil pada google scholar? Simak artikel berikut ini:

Langkah Sederhana Membuat Akun Google Scholar

 

LANGKAH SEDERHANA MEMBUAT PROFIL GOOGLE SCHOLAR


Apa itu Google Scholar?

Google scholar adalah sebuah mesin pencari publikasi ilmiah seperti jurnal, prosiding artikel, ataupun buku. Menurut Wikipedia google scholar adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian materi berupa teks dalam berbagai format publikasi.

 

Apa Manfaat Akun Google Scholar?

Google scholar dapat memberikan banyak manfaat buat para dosen, akademisi maupun peneliti. Berikut beberapa manfaat jika kalian memiliki akun profile google scholar:

  1. Google scholar terintegrasi dengan SINTA sehingga data karya publikasi dosen bisa terdokumentasi dengan lengkap. Hal ini akan mempermudah dosen untuk mengurus kepangkatannya. 

  2. Google scholar dapat digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian sehingga publikasi mudah di index oleh google dan menjadi dokumentasi atas penelitian yang sudah dilakukan. 

  3. Sebagai branding personal dalam bidang tertentu. 

  4. Membantu meningkatkan penilaian oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi, karena salah satu criteria pemeringkatan perguruan tinggi adalah citation index.

 

Bagaimana Menggunakan Google Scholar?

Google scholar memiliki cara kerja yang sama dengan mesin pencari google. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal, kalian harus menggunakan kata kunci yang tepat. 

Untuk mengakses google scholar kalian bisa kunjungi situs Https://scholar.google.co.id/. Hasil pencarian yang muncul di scholar merupakan kombinasi dari hasil yang paling relevan dan hasil yang paling banyak dikutip oleh akademisi lain.

Kalian juga bisa menyesuaikan hasil pencarian dengan masuk pada pengaturan dan isi apa saja yang kalian perlukan, misalnya bahasa, jumlah tampilan, dan sebagainya.

Setelah menjelajahi hasil pencarian, artikel bisa disimpan di perpustakaan pribadi. Caranya cukup mudah, kalian bisa langsung klik ikon berbentuk bintang yang ada di bawah hasil pencarian. Artikel yang telah disimpan bisa diakses kembali pada menu my library yang ada pada sidebar. Kalian juga dapat melihat daftar informasi tentang artikel tersebut.

Baca Juga: Kelebihan OSF sebagai sarana publikasi

 

Bagaimana Cara Membuat Akun Google Scholar?

Langkah 1: siapkan email yang akan didaftarkan. Email yang direkomendasikan adalah akun email institusi yang sudah berafiliasi dengan google. Hal ini akan lebih meyakinkan google bahwa pengguna merupakan akademisi.

Langkah 2: ketik pada mesin pencarian google “Https://scholar.google.co.id/, kemudian pilih tombol My profile pada bagian layer kiri atas.

Langkah 3: isi nama lengkap, nama instansi, alamat email yang terafiliasi, bidang keilmuan yang ditekuni, dan alamat website.

Langkah 4: Lengkapi data pada halaman profile dan juga foto diri. Kemudian klik make public agar bisa dilihat oleh orang lain. Profile anda berhasil dibuat.

Berikut contoh profil di google scholar.


 



Langkah 5: Mengunggah karya publikasi ilmiah yang anda miliki. Caranya adalah dengan mengklik ikon add. Anda bisa menambahkan karya ilmiah berupa buku, jurnal maupun artikel. Klik “add manual” menambah artikel manual. Silahkan masukan data artikel anda.

Demikian penjelasan mengenai langkah sederhana membuat akun google scholar, semoga bermanfaat.


Baca juga: Cara membuat ebook menggunakan google drive



Post a Comment for "Langkah Sederhana Membuat Akun Google Scholar"