Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghadapi Sidang Ujian Akhir

Rikaariyani.com- Tips Menghadapi Sidang Ujian Akhir- Menghadapi sidang skripsi terkadang membuat mahasiswa stress, takut, grogi, dan merasa tidak percaya diri. Ya, itu wajarlah ya.. tapi jangan berlebihan dan pastinya jangan sampai mengganggu proses dan hasil ujian. Bagaimana pun juga, tahapan ini pasti akan kamu lalui karena sudah menjadi bagian dari tugas akademik. Skripsi merupakan salah satu syarat penting untuk lulus dan menjadi sarjana. 

Untuk kamu yang saat ini sedang menunggu jadwal sidang skripsi, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum melaksanakan sidang skripsi. Simak penjelasan berikut ini:

Tips Menghadapi Sidang Ujian Akhir

Sidang ujian akhir skripsi
Pixabay


1. Persiapkan Materi Dengan Matang

Baca kembali skripsi yang sudah kamu tulis, pahami masing-masing bab, dan buatlah catatan-catatan penting. Jika proses penelitian telah dilakukan dengan baik, menguasai materi akan jauh lebih mudah.

Pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji tidak akan jauh dari hasil penelitian kamu. Makanya penting skripsi itu dikerjakan sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan. Jangan coba-coba untuk menyerahkannya pada orang lain. Alhasil, jika skripsi dikerjakan oleh orang lain, kamu akan kebingungan sendiri dan bisa dipastikan pertanyaan dari dosen penguji tidak akan bisa kamu jawab dengan baik. Ini juga salah satu penyebab kenapa mahasiswa bisa stress menghadapi sidang skripsi.

Jadi, proses mengerjakan skripsi dengan sungguh-sungguh, akan sangat membantu kamu menguasai materi. Kamu akan jauh lebih siap saat menghadapi sidang ujian akhir.

Baca juga: Persiapan menghadapi ujian komprehensif

2. Pahami Karakter Masing-Masing Penguji

Saat sidang skripsi, kamu akan dihadapkan dengan beberapa dosen penguji. Masing-masing dosen penguji memiliki karakteristik yang berbeda, terutama dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan. Dengan memahami karakter mereka, bagaimana cara mereka bertanya, akan membantu kamu menjadi lebih siap menghadapi mereka. 

Untuk mengetahui karakter mereka, kamu bisa amati dengan cara menghadiri sidang skripsi teman. Cara lainnya adalah dengan banyak bertanya pada senior-senior yang telah lulus.

3. Persiapkan Slide Presentasi Dengan Baik

Tips ini cukup penting, karena ini juga termasuk penilaian dosen penguji. Jangan asal membuat slide. Memang tidak mudah, kamu perlu mengerjakannya dengan serius. Dimulai dari pemilihan backround, gambar, jenis font, ukuran font, hingga konten. 

Tidak perlu berlebihan dalam penggunaan warna, yang penting adalah kejelasan dan kecocokan sehingga dapat dibaca dengan jelas. Slide tidak perlu banyak, yang penting memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan.

4. Perbanyak Latihan Di Rumah

Perbanyaklah latihan, jika perlu rekam dan dengarkan kembali. Mana yang dianggap tidak pas, boleh dikoreksi lagi. Kamu juga bisa berlatih di depan cermin. Insyaallah dengan banyaknya latihan, kamu akan lebih percaya diri.

5. Perbanyak Berdoa

Tips terakhir adalah perbanyak berdoa agar semuanya berjalan dengan lancar. Doa akan membuat kamu jauh lebih tenang. Hilangkan semua pikiran negatif dan yakinkan diri bahwa kamu pasti bisa.


Demikian beberapa tips dalam menghadapi sidang ujian akhir, semoga bermanfaat dan sukses untuk ujian skripsinya.

Baca juga: Konsekuensi Jika tugas akhir dikerjakan orang lain


Post a Comment for "Tips Menghadapi Sidang Ujian Akhir"