Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Skripsi Kamu Selesai Tepat Waktu

Rikaariyani.com- Tips Agar Skripsi Kamu Selesai Tepat Waktu- Di kampus mana pun kamu kuliah, pasti suatu saat akan bertemu dengan skripsi. Ini merupakan salah satu syarat untuk bisa lulus dari bangku kuliah dan mengikuti wisuda. 

Bukan tanpa tujuan, dengan adanya persyaratan seperti ini, diharapkan mahasiswa sebagai calon sarjana mampu memahami permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan, lalu melakukan penelitian terkait masalah-masalah yang ditemui, melakukan analisis, dan menyusunnya dalam bentuk laporan.

Bagi sebagian mahasiswa, menyusun skripsi adalah tugas terberat yang harus dijalani. Terutama bagi mahasiswa yang terbiasa santai, yang selama ini terbiasa melakukan copy paste dan hanya mengandalkan google, tentu akan sangat kewalahan. Akhirnya, cari jalan pintas. Skripsi yang harusnya dikerjakan sendiri, malah diupahkan ke orang lain.

Kasihan kan? Kasihan mahasiswanya, kasihan juga orang tuanya.

Kasus lain yang seringkali terjadi adalah, memilih untuk menghilang beberapa lama. Tidak berani menampakkan wajah di kampus, terutama jika teman-teman seangkatan telah lulus.

Ini mah kelewatan yaa… padahal sebenarnya skripsi tidak seseram itu. Asal punya kemauan dan tahu tips triknya, insyaallah kamu bisa melewatinya. Bahkan jika kamu mengerjakannya dengan fokus, skripsi kamu bisa selesai dalam waktu yang singkat. 

Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini:

Tips Agar Skripsi Kamu Selesai Tepat Waktu

Tips Agar Skripsi Kamu Selesai Tepat Waktu


1. Perbanyak Membaca Referensi

Tips yang pertama, kamu harus banyak membaca. Manfaatkan google scholar, di sana banyak sekali jurnal-jurnal penelitian. Dengan banyak membaca referensi dari penelitian-penelitian orang lain, kamu bisa mendapatkan banyak ide dalam menulis skripsi.

Kamu juga bisa mengunjungi perpustakaan dan membaca skripsi yang ditulis oleh senior-senior kamu. Tapi awas, jangan lakukan copy paste.

Baca juga: Peran dosen pembimbing skripsi

2. Pilih Tema Skripsi Yang Benar-benar Kamu Minati dan Kamu Pahami

Dengan memilih tema atau judul yang kamu minati, kamu bisa lebih semangat dalam menyelesaikan skripsi. Kamu juga akan terhindar dari rasa jenuh jika harus duduk berjam-jam di depan layar komputer atau laptop.


3. Perkuat Motivasi

Mengerjakan skripsi membutuhkan motivasi yang tinggi. Motivasi terbesar berasal dari diri kita sendiri. Salah satu motivasi menyelesaikan skripsi adalah dengan menghadiri wisuda teman. Saat menghadiri acara wisuda, kita pun ingin cepat-cepat menyusul.

4. Atur Jadwal Menulis

Mengatur jadwal menulis merupakan salah satu tips yang sangat efektif supaya skripsi kamu cepat selesai. Kamu harus punya jadwal untuk rutin menulis setiap hari, setidaknya dua jam perhari. Tentukan juga waktunya. Sebagian orang lebih fokus menulis pada malam hari, ada juga yang malah lebih fokus pada siang hari.


5. Rajin Konsultasi Dengan Dosen Pembimbing

Ini salah satu tips yang cukup penting, kamu harus rajin bertemu dengan dosen pembimbing dan berkonsultasi mengenai skripsi kamu. Terlebih jika ada yang tidak kamu pahami atau masih bingung, jangan sungkan dan malu untuk berkonsultasi.

Lebih baik skripsimu dibantai oleh dosen pembimbing daripada dibantai oleh dosen penguji saat sidang. Semua coretan dari dosen pembimbing demi kebaikan skripsi kamu sendiri. Jadi, jangan berpikiran bahwa dosen pembimbing mempersulit kamu.

Selain dengan dosen pembimbing, kamu juga bisa berkonsultasi dengan teman atau senior-senior terkait skripsi yang sedang kamu tulis.


6. Revisi Dengan Segera!

Jangan menunda-nunda dan meninggalkan skripsimu terlalu lama. Revisilah segera hasil koreksian dan masukan dari dosen pembimbing.

Meninggalkan skripsi terlalu lama membuat kamu lupa apa yang akan kamu bahas. Selain itu, yakinlah kamu juga menjadi lebih malas saat harus membuka lagi lembaran skripsimu.

Pergunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin agar skripsimu cepat kelar.

Demikian beberapa tips agar skripsi kamu selesai tepat waktu, semoga bermanfaat…

Baca juga: konsekuensi jika tugas akhir dikerjakan orang lain


2 comments for "Tips Agar Skripsi Kamu Selesai Tepat Waktu"

  1. Artikel yang diberikan bagus dan bermanfaat, kunjungi website ini untuk menambah wawasan lain http://news.unair.ac.id/2021/04/21/hut-perpustakaan-unair-dosen-feb-beri-tips-selesaikan-skripsi/

    ReplyDelete