Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Aplikasi Turnitin

Rikaariyani.com- Cara Menggunakan Aplikasi Turnitin- Sebagai akademisi, mahasiswa ataupun dosen, salah satu aplikasi yang perlu kalian pahami adalah aplikasi turnitin. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan pengecekan orisinalitas karya tulis yang kita buat, baik itu jurnal, tesis, disertasi, ataupun skripsi.

Turnitin sudah banyak digunakan oleh berbagai kampus dan universitas untuk mengoreksi bahwa tulisan anda bebas dari plagiasi, bahkan beberapa kampus menetapkan sebagai syarat untuk mendaftar seminar proposal dan sidang munaqasah mahasiswa. Meskipun demikian, tidak semua mahasiswa paham cara penggunaan aplikasi turnitin. Bahkan ada diantara mahasiswa yang merasa kewalahan dan galau setiap kali dihadapkan dengan aplikasi turnitin. Jika anda salah satunya, simak penjelasan berikut ini:

Cara Menggunakan Aplikasi Turnitin

Cara Menggunakan Aplikasi Turnitin
CARA MENGGUNAKAN APLIKASI TURNITIN


Apa Itu Turnitin?

Turnitin adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi plagiarisme atau mengecek tingkat plagiasi yang terdapat dalam sebuah karya tulis mahasiswa maupun dosen

Turnitin memiliki algoritma yang sangat detail di mana ia membandingkan kata per kata dari sebuah tulisan. Sumber utama yang digunakan sebagai pembanding adalah website, blog, referensi akademik seperti buku, jurnal, dan publikasi lainnya.

Aplikasi turnitin memiliki database yang sangat banyak dan luas. Selain itu, aplikasi turnitin sudah digunakan sebagai validitas oleh berbagai Negara dan berbagai universitas dan perguruan tinggi, Malaysia, Singapura, Arab, Filipina, dan juga Indonesia. 

Baca juga: Cara melakukan paraphrase

Apa Kelebihan Aplikasi Turnitin?

Dibanding aplikasi lainnya, turnitin memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  1. Aplikasi turnitin mudah digunakan. Aplikasi turnitin mudah diakses melalui berbagai pilihan browser, bisa menggunakan laptop bisa juga diakses melalui android. 

  2. Memiliki database, arsip dan redaksi yang sangat luas. 
  3. Sarana yang sangat efektif untuk mendeteksi plagiasi dalam berbagai bahasa. 

  4. Mempermudah dan mempercepat pekerjaan dosen dalam memberikan penilaian terhadap karya tulis mahasiswanya. 

  5. Membuat mahasiswa menjadi lebih aktif dan lebih kritis. 

  6. Prosesnya lebih cepat. Kita hanya perlu menunggu beberapa saat untuk melihat hasil dari similarity tulisan yang kita upload.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Turnitin?

Ada beberapa langkah yang perlu diikuti dalam menggunakan aplikasi turnitin yaitu sebagai berikut:

  1. Buka situs https://turnitin.com/ 

  2. Klik Login untuk masuk ke akun apabila sebelumnya anda sudah mempunyai akun. Jika belum punya akun, klik create account lalu pilih student. 

  3. Masukkan class id dan class enrolment yang telah disediakan oleh pihak kampus. 

  4. Setelah masuk ke dashboard turnitin,  pilih class name. Kemudian anda bisa melakukan submit dan re-submit berkali-kali untuk memastikan tulisan anda telah bebas dari plagiarisme. 

Cara mengupload tulisan yang akan dicek pada turnitin sebagai berikut:
  • Klik submit atau re-submit, masukkan judul tulisan anda pada bagian submission title. 

  • Klik tombol choose from this computer, jika file tulisan yang akan dimasukkan tersimpan di computer atau laptop. Klik choose from dropbox jika file tersimpan di dropbox, dan klik choose from google drive jika file yang akan diupload tersimpan di google drive. 

  • Pilih file yang akan diupload, lalu klik tombol upload. Tunggu beberapa saat hingga file berhasil diupload. 

  • Klik tombol confirm, kemudian pilih tombol return to assignment list. 

  • Tunggu proses pengecekan hingga selesai. Biasanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga hitungan jam. 

  • Setelah hasil similarity keluar, anda bisa melihat hasilnya dengan menekan tombol view. Pada bagian inilah ditampilkan persentase kemiripan tulisan anda dengan tulisan yang telah dipublikasikan sebelumnya. Kalimat yang terdeteksi plagiat akan berwarna merah.

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan aplikasi turnitin, semoga bermanfaat...
 
 
 


1 comment for " Cara Menggunakan Aplikasi Turnitin"