Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Agar Terhindar Dari Plagiarisme

Rikaariyani.com- 5 Tips Agar Terhindar Dari Plagiarisme- Bagi kalangan akademisi, mahasiswa, dosen ataupun peneliti perlu memahami apa itu plagiarisme dan bagaimana menghindari plagiarisme. Plagiarisme bukan sekedar praktik akademik yang buruk, namun juga melanggar hukum. Lebih dari itu, harga diri dan reputasi anda akan hancur. So, jangan coba-coba melakukan plagiarisme.

Di dalam artikel ini akan penulis bahas mengenai beberapa tips agar terhindar dari plagiarisme. Simak hingga akhir ya... 


5 Tips Agar Terhindar Dari Plagiarisme


Plagiarisme
Foto oleh: Pixabay


APA ITU PLAGIARISME?

Plagiat adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja mengutip sebagian atau seluruh karya milik orang lain dan diakui sebagai karya ilmiahnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa plagiat adalah mengambil karangan orang lain seolah-olah karangannya sendiri.

Apabila terbukti melakukan plagiat, baik disengaja maupun tidak maka hasil karya ilmiah kita tidak akan mendapatkan pengakuan. Bahkan orang yang dinyatakan terbukti plagiat akan mendapatkan hukuman.

Beberapa kasus plagiarisme sempat mengguncang dunia pendidikan. Contohnya kasus plagiat yang baru baru ini menimpa Prof Djaali, mantan rektor UNJ. Lalu kasus Mudjia Raharjo, rektor UIN Malang. Mudjia dianggap plagiat karena buku sosiolinguistik qurani terbitan UIN Malang Press karena mengambil dari makalah mahasiswa. Selain dua rektor ini, masih banyak kasus-kasus plagiat lainnya. Tentu anda pun tak ingin bernasib sama.

Beberapa tindakan yang termasuk plagiat yaitu:
  • Mengutip kata-kata atau kalimat orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. 
  • Menggunakan teori orang lain tanpa menyebutkan identitasnya. 
  • Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri. 
  • Mengubah kalimat orang lain tanpa mengubah idenya dan tanpa menyebutkan sumber. 
  • Menyerahkan suatu karya ilmiah yang telah dipublikasikan oleh pihak lain seolah olah karya sendiri.
 
APA SAJA TIPS AGAR TERHINDAR DARI PLAGIARISME?


1.  Cantumkan Sumber Kutipan

Penulis harus memberikan keterangan darimana informasi didapatkan. Sumber tidak hanya berlaku untuk buku, jurnal, atau skripsi namun juga setiap gagasan dari internet harus dicantumkan dalam bentuk footnote atapun bodynote.

 
2. Lakukan Parafrase

Metode parafrase merupakan metode yang ampuh agar terhindar dari plagiat. Parafrase yaitu mengungkapkan ide orang lain dengan kosa kata sendiri dengan tetap menyebutkan sumbernya. Langkah-langkah melakukan parafrase diantaranya: 1) menggunakan sinonim pada semua kata dalam karangan asli, 2) mengubah struktur kalimat, 3) mengubah kalimat aktif menjadi pasif, atau sebaliknya. Dengan cara ini kalian bisa terhindar dari plagiarisme.

Baca Juga: Cara melakukan parafrase agar lolos turnitin


3. Jangan Menyalin Utuh

Kegiatan ini banyak sekali dilakukan oleh para mahasiswa, terutama jika tugas sudah deadline. Hanya dengan melakukan CTRL +C dan CTRL+V, makalah langsung selesai. Ingat, ini sangat curang dan sama sekali tidak memberikan kepuasan untuk penulisnya.


4. Hindari Mengutip Dari Website Legal

Sebaiknya kurangi pengutipan dari dokumen legal seperti UU, UUD, PERPU, dan lainnya. Jika harus mengutip, jangan lupa gunakan metode parafrase.

 
5. Gunakan Aplikasi Antiplagiarisme

Seiring dengan perkembangan teknologi, sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk menghindari tindakan plagiarisme, diantaranya adalah:

- Turnitin

Salah satu aplikasi yang biasa digunakan oleh para akademisi atau penulis untuk mengoreksi keaslian sebuah karya tulis yaitu turnitin. Turnitin memiliki algoritma pencarian yang sangat detail, aplikasi ini membandingkan kata perkata dari setiap yang kita tulis, bukan kalimat atau paragraph. Yang tidak copy paste aja banyak yang terdeteksi apalagi melakukan jiplak secara utuh. Aplikasi ini memang sangat akurat luar biasa. Saat ini sudah banyak kampus-kampus yang menggunakan turnitin sebagai acuan persentase plagiarisme dalam sebuah karya ilmiah.

- Copyspace

Copyspace adalah sebuah tool atau layanan untuk mengecek apakah tulisan kita sudah ditulis orang lain atau belum. Melalui tool ini, kita bisa mengetahui orisinalitas tulisan kita.

Demikian pembahasan mengenai 5 tips agar terhindar dari plagiarisme, semoga bermanfaat! 

Baca juga: 5 Aplikasi cek plagiarisme karya tulis

Post a Comment for "5 Tips Agar Terhindar Dari Plagiarisme"