Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Guru

Rikaariyani.com- Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Guru- Kecerdasan merupakan salah satu anugerah terbesar dari Allah SWT, inilah kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Dengan kecerdasan yang dimiliki, manusia dapat terus meningkatkan kualitas hidupnya.

Sesuai dengan fitrahnya, kecerdasan sudah ada sejak manusia dilahirkan. Salah satu kecerdasan yang dimiliki adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ). Kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual, namun juga kecerdasan emosional. 

EQ dapat dikembangkan seumur hidup dengan belajar. Kecerdasan emosional merupakan salah satu penentu keberhasilan pendidikan, dengan kecerdasan emosional yang dimiliki seseorang dapat mengendalikan diri, memelihara dan memacu motivasi untuk terus berusaha dan berupaya, dan juga tidak mudah putus asa.


Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Guru

Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Guru

 

Mengapa Pentingnya Kecerdasan Emosional Guru?

Guru merupakan profesi yang sangat mulia. Sebagai  agen perubahan, ia tidak hanya bertanggung jawab dalam mendidik, namun juga sebagai  pembimbing  dan penasihat dalam proses pembentukan kepribadian siswa. Oleh karena itu, guru mesti memiliki kecerdasan emosional, karena jika tidak, maka akan memperparah dunia pendidikan. sebagaimana yang kita tahu, guru adalah komponen utama dalam proses pendidikan. Jika gurunya berkualitas baik, maka pendidikan akan baik pula. Begitu sebaliknya.

Permasalahan yang seringkali terjadi adalah banyak guru-guru yang tidak memiliki kecerdasan emosional. Terlebih akhir-akhir ini banyak sekali berita-berita di media social yang kurang baik dan menjatuhkan imej profesi guru. Seperti guru yang menghukum murid secara berlebihan, guru yang marah hingga merusak asset sekolah, hingga guru yang ditangkap karena dugaan pengedar narkoba. Parahnya pula, ada guru yang memperkosa muridnya sendiri.

Baca juga: Penelitian tindakan kelas

Banyaknya Kejadian yang terjadi menunjukkan guru tidak mampu mengendalikan emosinya sehingga mereka melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya mereka lakukan.

Rendahnya kecerdasan emosional guru juga dapat dilihat dari rendahnya motivasi kerja yang dimiliki sehingga mereka belum dapat menunaikan tugasnya dengan maksimal. Seperti tidak memiliki perangkat mengajar (silabus, RPP), kurangnya disiplin, metode mengajar yang monoton, dan media yang tidak beragam. Kenyataan ini sungguh sangat memprihatinkan.


BAGAIMANA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU? 

Dalam meningkatkan kecerdasan emosional guru, tidak terlepas dari peran kepala sekolah sebagai pimpinan di lembaga pendidikan tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan emosional guru sebagai berikut:

1. Memberikan Keteladanan

Kepala sekolah adalah contoh utama di sekolah. Untuk itu kepala sekolah harus mampu menjadi pemimpin yang dapat dicontoh perilaku dan tindakannya.

2. Menggunakan Metode Nasihat

Dalam memberikan nasihat kepala sekolah perlu berhati-hati, jangan sampai nasihat yang diberikan malah menjadi perbedaan pendapat dan sikap permusuhan.


Demikian pembahasan mengenai pentingnya kecerdasan emosional bagi guru. Semoga bermanfaat...

Baca juga: Penyebab rendahnya profesionalisme guru


Post a Comment for "Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Guru"